Konsep Desain Saung Unik Agar Santai Lebih Asik

Discussion in 'Arsitektur' started by Heri Hartono, May 16, 2019.

  1. Heri Hartono

    Heri Hartono Guest

    [​IMG]

    Saung atau kata yang lebih modern adalah gazebo merupakan ruang yang dipakai untuk bersantai, menikmati suasana alam luar, dan mencari inspirasi. Namun banyak masyarakat yang kerap menyepelekan fungsi saung. Padahal saung dapat dibuat dengan ukuran seminimal apapun namun dengan kesan tampilan menawan.

    Saung sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya tempat berteduh. Saung kental dengan konsepya yang serba kayu, karena mampu menampilkan suasana yag natural. Saung baik dari atap, tiang hingga lantai semuanya berbahan dasar kayu. Namun seiring perkembangan zaman, saung kini berkembang dengan lebih memodifikasi material seperti dari semen dan batu alam.
    _______
    Baca juga: Menjaga Keawetan Dinding Rumah Dengan Wallpaper
    _______

    Konsep Saung Unik
    Perkembangan desain saung semakin pesat sehingga muncul konsep-konsep saung yang unik dan menarik. Berikut konsep yang dapat Anda terapkan untuk saung Anda:

    Saung di atas kolam ikan.

    Saung di atas kolam ikan merupakan konsep yang populer. Suasana saung di atas kolam ikan akan memberi kesan yang sangat alami dan membangun kesegaran.

    Anda dapat bersantai sembari melihat atau memberi makan ikan, dan menurut beberapa data hasil penelitian kondisi ini terbukti mampu menurunkan tingkat stress pada seseoarng.

    Konsep kayu.

    Saung dengan konsep kayu sudah sangat lumrah di masyarakat umum. Namun Anda dapat memodifikasinya dengan menggunakan kayu-kayu dekoratif agar saung Anda terkesan unik. Anda dapat menggunakan bambu yang banyak tersedia di pasaran sehingga tidak mengurangi sumber daya alam berupa kayu yang semakin langka. Selain itu Anda juga dapat menggunakan lantai parket untuk meminimalisir penggunaan kayu yang berlebihan.

    Konsep batuan.

    Konsep batuan terutama batuan alam akan membangun saung Anda semakin natural. Anda dapat tetap menggunakan parket kayu sebagai lantai dan batuan untuk dinding atau penyangga. Perpaduan antara kayu dan batuan akan semakin memperkuat kesan alami pada saung.

    Desain modern.

    Desain modern saung adalah desain yang tidak terpatok pada bentuk saung yang kotak dan memiliki 4 pilar. Desain saung modern dapat memadukan berbagai bentuk tanpa menghilangkan unsur alami seperti kayu. Anda dapat menggunakan kayu parket lantai dengan variasi sofa dan pencahayaan tertentu untuk membangun suasana modern alami.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,524
    Likes Received:
    116
    Trophy Points:
    63
    Saung sama gasebo mungkin sama gunanya ya, atau beda?
    Kalau di kampung saya tidak ada saung, adanya gardu
     
  3. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    517
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    saung di atas kolam ikan itu udah tradisional , tapi masih keliatan paling bagus
     
  4. teknolime

    teknolime Member

    Joined:
    Aug 23, 2018
    Messages:
    109
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Liat gambarnya aja adem banget kayanya. Jadi pengen punya juga dirumah.
     
Loading...

Share This Page