Konstruksi Sebuah Gedung Server

Discussion in 'Arsitektur' started by Tri Bagas Aditiya, Feb 26, 2018.

  1. Tri Bagas Aditiya

    Tri Bagas Aditiya Member

    Joined:
    Feb 7, 2018
    Messages:
    38
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Konstruksi Sebuah Gedung Server - Sebuah server merupakan hal wajib dipunyai oleh mereka yang bekerja di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga sebuah ruang ataupun gedung server sangatlah dibutuhkan untuk kemajuan sebuah teknologi maupun ilmu pengetahuan.

    [​IMG]
    Server sendiri merupakan sebuah perangkat komputer yang bertugas untuk mengatur data - data baik yang masuk maupun yang keluar dari komputer. Baik itu komputer dari klien ataupun dari komputer server sendiri.

    Biasanya server berbentuk seperti yang yang tersesun rapi, dengan berbagai macam kabel yang saling terhubung satu sama lainnya, sehingga data - data yang dimasukkan akan terorginir secara baik serta terlindungi dari pencurian.

    Untuk server sendiri biasanya terhubung dengan sebuah komputer utama yang bertugas mangatur laju dari data yang masuk maupun keluar. Untuk komputernya snediri biasanya satu baris sebuah rak server terdiri dari satu atau dua komputer yang bertugas mengaturnya.

    Komputer tersebut kemudian terhubung dengan hub yang dimana hub tersebut menuju ke komputer yang ada di komputer utama dari seluruh server yang diaturnya. Komputer sendiri untuk sebiah server haruslah menggunakan firewall dengan tingkat kerumitan yang sangat tinggi.

    Fungsinya apa firewall dengan tingkat kerumitan atau keamanan yang tinggi, karena sebuah firewall akan meminimalisir sebuah kebocoran datan yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data tersebut.

    Sebuah server merupakan tempat penyimpanan data yang terbuat dari besi yag dilapisi dengan aluminum, yang dimana di dalamnya terdapat komponen - komponen serta tempat penyimpanan atau kita biasa menyebutnya dengan harddisk.

    Yang dimana harddisk tersebut berfungsi untuk menyimpan data yang sudah masuk ke dalam sebuah server. Server sendiri baisanya memiliki penyimpanan yang berjumlah TeraByte. Mengapahal tersebut lebih tinggi dari GigaByte, karena sebuah server menyimpan data yang sangat banyak dibandingkan dengan sebuah komputer.

    Untuk perusahaan - perusahaan seperti Google, yang memiliki segudang data yang sangat banyak jumlahnya diseluruh dunia, sehingga membuat cabang kantor mereka di seluruh dunia. Fungsinya apa mereka membuat sebuah kantor banyak yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

    Karena Google tidak mungkin mengecek satu per satu negara yang memiliki akses ke Google sendiri. Sehingga mereka membangun sebuah kantor yang berisi server sementara yang kemudian dipindahkan ke kantor pusatnya.

    Untuk membuat kantornya sendiri, Google menggunakan kontruksi yang sangat kuat sehingga tidak mudah roboh dan hancur sekita jika terjadi gempa. Yang pertama adalah pembuatan pondasi bangunannya, dengan memilih yang keras serta berkualitas.

    untuk memilihnya bisa menggunakan alat yang bernama hardness tester yang dimana fungsinya adalah untuk mengukur kekerasan pada rangka kontruksi yang akan digunakan untuk membuat sebuah kantor servernya.

    Kemudian yang diperlukan untuk membangun servernya sendiri adalah perangkat servernya, yang dimana untuk satu buah servernya bisa mencapai angka lima puluh juta untuk sebuah server yang berkualitas. Jadi hal itulah yang menyebabkan sebuah rak server mahal jika dibeli secara utuh.
     
  2. 9trayeri

    9trayeri New Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    65
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    pasti banyak banget kabel-kabel gitu kan, kalau di mal-mall saya liat pernah pada pakai tray untuk kabelnya. kan di mall juga banyak banget jadi mereka pada pakai tray biar kabelnya dirapihkan gitu
     
  3. Tri Bagas Aditiya

    Tri Bagas Aditiya Member

    Joined:
    Feb 7, 2018
    Messages:
    38
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    iya benar sekali, supaya ngga terlalu berantakan kabelnya. Di server pun juga begitu
     

Share This Page