Konsumsi Makanan Berikut Agar Mempercepat Kontraksi Pada Persalinan Normal

Discussion in 'Health & Medical' started by Siska Purbasari, Jun 21, 2018.

  1. Jika ditanya maka kebanyakan wanita hamil ingin menjalani persalinan normal. Karena persalinan normal, selain tidak perlu melakukan operasi, bunda dapat merasakan sendiri bagaimana rasanya mengorbankan segenap jiwa dan raga demi buah hati lahir ke dunia. Meskipun demikian, bunda juga akan dihantui dengan perasaan cemas dan khawatir akan proses persalinan yang menegangkan tersebut karena semua ibu ingin persalinannya berjalan lancar dan cepat.

    Untuk mewujudkan persalinan yang lancar dan cepat, salah satunya adalah kontraksi yang datang dengan cepat dan kuat. Namun sayangnya tidak semua wanita hamil mengalami kontraksi dalam waktu yang cepat dan tepat. Terkadang meskipun sudah memasuki HBL atau hari batas lahir, ada banyak bunda yang belum juga mengalami kontraksi. Lalu bagaimana agar kontraksi muncul? Ada beberapa makanan agar cepat kontraksi yang dapat bunda konsumsi. Apa saja makanan tersebut? simak ulasan kami berikut ini.

    Makanan Agar Cepat Kontraksi dan Cepat Melahirkan

    Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memicu terjadinya kontraksi, salah satunya melalui makanan. Ada beberapa jenis gizi untuk memicu kontraksi otot rahim seperti Protein, vitamin E, kalsium, Vitamin B1, Zat Seng, Kalium dan Magnesium. Beberapa zat gizi tersebut terkandung dalam makanan-makanan berikut ini.

    1. Nanas
    Salah satu buah yang banyak diketahui untuk memicu dan menstimulasi terjadinya kontraksi adalah nanas. Vitamin C yang terkandung dalam nanas yang skaligus mengandung enzim bromelain dapat membantu menghaluskan serviks dan menstimulasi otot untuk memacu proses melahirkan.

    2. Akar manis
    Makanan lain selain nanas yang dapat membantu memacu terjadinya kontraksi adalah akar manis. Akar manis mengandung senyawa glycyrrhizin, yang membantu dalam peningkatan prostaglandin untuk meningkatkan tenaga saat kontraksi rahim.

    3. Bawang putih
    Bawang putih merupakan salah satu makanan yang dapat membantu terjadinya kontraksi saat persalinan dan mempercepat persalinan. Konsumsi bawang putih secukupnya untuk membantu persalinan yang lancar dan cepat.

    4. Makanan berserat

    Makanan yang baik untuk pencernaan seperti makanan berserat juga bagus untuk merangsang terjadinya kontraksi. Untuk membantu proses persalinan normal secara alami, bunda dapat konsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran namun juga perhatikan porsinya jangan sampai perut kembung dan begah.

    5. Makanan pedas
    Banyak orang yang meyakini bahwa mengkonsumsi makanan pedas dapat memicu terjadinya kontraksi dan mempercepat persalinan. makanan pedas bertujuan sebagai induksi pada saat persalinan. Tetapi, untuk menjaga agar pencernaan tetap sehat dan baik perhatikan porsi dan batasi jumlahnya.

    6. Teh rasberi
    Selain makanan, ada juga minuman yang berfungsi sebagai pemicu terjadinya kontraksi dalam rahim yaitu teh rasberi. Dalam teh rasberi mengandung beberapa zat yng bagus untuk memicu terjadinya kontraksi rahim. Namun perlu diingat kembali bahwa konsumsilah dalam jumlah yang cukup jangan sampai berlebihan.
    Itulah beberapa makanan agar cepat kontraksi dan dipercaya dapat melunakkan serviks untuk membantu percepatan kelahiran. Selain mengkonsumsi makanan, bunda juga bisa kok melakukan beberapa kegiatan yang juga dapat membantu munculnya kontraksi seperti berjalan-jalan santai, berbaring ke kiri dan ke kanan, melakukan senam hamil, melakukan aktifitas fisik seperti menaiki tangga atau menyapu lantai, melakukan stimulasi puting bahkan hubungan seksual untuk membantu merangsang kontraksi.

    Jika beberapa cara diatas belum juga membuahkan hasil, cobalah untuk konsultasikan ke dokter kandungan atau segera pergi ke rumah bersalin untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Selain itu, hindari mengkonsumsi obat-obat stimulus atau suplemen jika bukan anjuran dokter.

    Semoga bermanfaat.
     
  2. erick ranes akbar

    erick ranes akbar Member

    Joined:
    Jan 3, 2018
    Messages:
    39
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    wah terima kasih nih..
    bermanfaat banget
     
  3. keandragan

    keandragan New Member

    Joined:
    Jun 19, 2018
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    terima kasih infonya, sangat bermanfaat ini...
     
Loading...

Share This Page