Koperasi VS Bank

Discussion in 'General Discussion' started by lordard, Oct 30, 2020.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    95
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Indonesia termasuk negara yang memiliki lembaga keuangan yang cukup banyak. Lembaga keuangan tersebut dibagi menjadi dua bentuk yakni badan usaha milik swasta dan badan usaha milik pemerintah. Dari sekian banyaknya lembaga keuangan, koperasi dan bank menjadi lembaga keuangan yang populer. Banyak yang memilih menggunakan lembaga keuangan tersebut untuk urusan keuangan. Lalu apa sebenarnya lembaga keuangan koperasi dan bank tersebut? Kedua lembaga keuangan ini memiliki banyak perbedaan. Untuk bisa mendirikan lembaga keuangan tersebut seseorang harus mengurus perizinan badan usaha.

    Koperasi dan bank sama - sama merupakan lembaga keuangan yang sering digunakan masyarakat untuk menyimpan dan meminjam uang. Tentu hampir semua orang mengetahui kedua lembaga keuangan tersebut. Untuk mengetahui perbedaan antara koperasi dan bank tersebut anda bisa menyimak ulasan kali ini. Koperasi adalah sebuah badan usaha yang didirikan perseorangan ataupun institusi menurut UU No. 17 tahun 2002. Sedangkan bank adalah sebuah lembaga untuk menghimpun dana baik dari masyarakat, menyimpan dana, dan menyalurkan dana tersebut untuk bisa digunakan masyarakat.

    [​IMG]

    Koperasi dan bank juga dibedakan berdasarkan pajak bunga. Pajak bunga dari koperasi lebih kecil dibandingkan dengan pajak bunga dari bank. Koperasi hanya mengenai pajak bunga mencapai 10% saja sedangkan bank memberikan bunga sebesar 20%. Hal ini membuat badan usaha koperasi lebih diminati masyarakat dalam melakukan peminjaman uang.

    Selain memiliki perbedaan dari segi bunganya, koperasi dan bank memiliki perbedaan dari segi biaya administrasi. Biaya administrasi biasanya akan dipoyong setiap bulan melalui saldo yang anda miliki. Bank menjadi badan usaha yang memiliki biaya administrasi setiap bulannya untuk pengembangan fasilitas bertransaksi. Sedangkan untuk koperasi sendiri tidak memiliki biaya administrasi bagi para anggotanya. Koperasi tidak memberikan biaya yang membebani para anggotanya sehingga anggota bisa lebih sejahtera.

    Koperasi dan bank juga memiliki perbedaan dari jenis layanan. Jenis layanan yang diberikan bank lebih bervariasi dibandingkan dengan koperasi. Bank memiliki layanan seperti transfer, deposit, kredit, investasi, emoney, setoran, cek wisata, pulsa, pajak, dan berbagai layanan lainnya. Sedangkan untuk koperasi tidak memiliki banyak layanan. Layanan yang disediakan koperasi seperti menyimpankan uang yang dimiliki anggota, memberikan pinjaman bagi para anggota, menjual barang kebutuhan anggota, membeli dan memasarkan barang yang dimiliki anggota, itulah beberapa contoh layanan yang bisa ditemukan di koperasi.

    Koperasi dan bank juga memiliki tujuan yang berbeda. Bank memiliki tujuan yang tidak lepas dari bisnis. Bank didirikan untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar melalui layanannya yang sangat bervariasi. Sedangkan koperasi didirikan dengan tujuan mensejahterakan anggotanya. Koperasi dapat membantu perekonomian dari para anggotanya dengan memperhatikan asas gotong royong. Dalam memberikan pinjaman koperasi dan bank juga memberikan layanan yang berbeda. Pinjaman yang diberikan koperasi tidak sebesar yang diberikan oleh bank. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan para anggotanya.

    Selain dibedakan dari segi - segi tersebut, koperasi dan bank juga dibedakan dari segi keuntungan, SHU dan RAT. Berbagai hal itulah yang mampu menunjukan perbedaan antara koperasi dan bank dengan lebih jelas. Secara garis besar koperasi dan bank memang memiliki sistem yang berbeda. Jika bank dijadikan sebagai bisnis untuk mendapatkan laba, berbeda dengan koperasi yang mengutamakan kepentingan anggotanya. Mendirikan suatu badan usaha memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Suatu badan usaha harus didirikan mengikuti alur perizinan badan usaha.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,528
    Likes Received:
    116
    Trophy Points:
    63
    Seperti itu beda antara bank dengan koperasi, tapi kalau misalnya ada koperasi bangkrut atau pailit bakalan ada suntikan dana dari pemerintah gak, ya kalau bank sudah sering cerita suntikan dana dalam jumlah besar
     
Loading...

Share This Page