Kreasi Masakan Olahan Tempe yang Menggoda Lidah

Discussion in 'Tourism' started by sdkrahman, Dec 10, 2018.

  1. sdkrahman

    sdkrahman Member

    Joined:
    Mar 26, 2015
    Messages:
    187
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Meski tempa harganya benar-benar murah namun rasa dari olahan tempe itu sangatlah enak. Banyak pula tempe yang dimasak ketika ada iklan kecap, iklan kaldu bubuk dan lain sebagainya. Hal tersebut membuktikan bahwa sebenarnya meski tempe itu murah, ketika sudah diolah menjadi sebuah masakan akan memiliki rasa selangit. Kali ini kami akan mengajarkan sedikit resep tentang bagaimana caranya membuat sebuah tempe orek. Meski tempe orek itu memang sudah sering terlihat di berbagai rumah makan namun apakah Anda bisa membuatnya? Jika memang Anda belum bisa maka cobalah membuatnya. Terlebih apabila Anda wanita dan sudah menginjak usia 20-an.

    Apabila di usia Anda tersebut belum bisa memasak, tentu sangat disayangkan. Pasalnya seorang wanita memang harus pintar memasak meskipun nantinya pekerjaan di kantor sangatlah sibuk. Dalam memasak tidak perlu yang ribet dan berharga mahal. Hanya dengan memasak resep tempe orek, maka masakan pun akan menjadi sangat lezat dan disukai oleh keluarga di rumah. Namun dalam memasak hendaknya harus dengan hati. Jangan sampai Anda memasak dengan terburu-buru, karena itu akan menyebabkan hasil masakan tidak enak. Sebelum memasak orek tempe pun ada sejumlah bahan yang diperlukan. Tenang, bahan yang diperlukan membuat tempe orek sangat sedikit dan semuanya bisa didapatkan melalui warung terdekat.
    • Bawang putih
    • Bawang merah
    • Bawang bombay
    • Kecap
    • Garam
    • Kaldu ayam
    • Gula
    • Tempe
    • Cabe rawit
    • Cabai merah
    • Cabai hijau
    Apakah bahan untuk pembuatan tempe orek memang hanya segitu? Benar, hanya segitu. Jadi Anda tidak akan pusing memikirkan cara membuat tempe orek. Di sini agar hasilnya lezat, Anda hanya perlu memadukan banyak atau sedikitnya bumbu yang nantinya dimasukkan ke dalam oseng tempe tersebut.
    1. Pertama-tama, Anda harus memotong dahulu tempe yang sudah dibeli. Ada baiknya Anda memotong tempe jadi bagian-bagian yang kecil berbentuk kotak.
    2. Jika sudah maka Anda lanjut memotong cabai dan bawang yang sudah disiapkan. Semua cabai dan bawang harus disesuaikan dengan jumlah tempe yang akan Anda masak. Jangan sampai bumbunya lebih banyak dibandingkan tempe yang dimasak.
    3. Setelah selesai memotong seluruh cabai dan bawangnya, maka sekarang Anda bisa memulai masak olahan tempe. Anda harus memasukkan bawang yang sudah dipotong ke dalam wajan berisikan minyak panas dan oseng lah sampai mengeluarkan harum.
    4. Setelah itu Anda bisa memasukkan cabainya sampai aroma pedas tercium.
    5. Jika sudah maka Anda bisa menyiramkan sedikit air ke dalam wajan tadi, setelah itu barulah tempe yang sudah dipotong dimasukkan ke dalam wajan. Fungsi air ini agar bumbunya dapat meresap sempurna dalam tempe yang sudah dipotong tadi.
    6. Jika semua tempenya sudah dimasukkan ke dalam wajan tadi, maka sekarang Anda bisa menambahkan kecap, garam, gula dan juga kaldu ayam ke dalamnya. Namun ingat, setiap bumbu yang Anda masukkan pun harus disesuaikan. Kecap jangan terlalu banyak, yang penting tempe bisa menjadi warna cokelat. Pasalnya jika terlalu banyak nanti rasanya sangat manis dan tempe menjadi hitam.
    7. Kemudian untuk garam pun sesuaikan lidah saja, gula juga jangan terlalu banyak karena nanti rasa berubah menjadi manis.
    8. Kemudian yang terakhir adalah kaldu ayam. Anda bisa memasukkan kaldu ayam ke dalam olahan tempe tersebut sehingga rasa ketika sudah di lidah sangatlah lezat. Namun jangan terlalu banyak memasukkan kaldunya, karena Anda hanya membutuhkan kaldu agar rasa olahan tempe menjadi semakin mengikat.
     
  2. Tri Setiawan

    Tri Setiawan Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    290
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Behh, ingat masakan bunda kangen jadinya huhuhuhuuh
     
  3. cahyo prasetyo

    cahyo prasetyo Member

    Joined:
    Aug 4, 2018
    Messages:
    181
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Aduh enaknya wkwkw..oseng tempe kayak gini bikin lapar, enak makan nya ketika siang hehehe
     
  4. Silmi Alimatul

    Silmi Alimatul Member

    Joined:
    Apr 14, 2018
    Messages:
    410
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page