Kunjungan Bersosial Ke Markas Catfiz Messenger

Discussion in 'Social Networks' started by wphoet, Jul 14, 2016.

  1. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Mengisi liburan kali ini, tim bersosial sempat berkunjung ke salah satu developer chat yaitu catfiz messenger di kota pahlawan Surabaya. Aplikasi chat yang masuk dalam kategori startup versi bloomberg tv Indonesia ini memang di "build up" oleh para putra-putri Indonesia dan bermarkas di Surabaya. Ingin tahu ulasan jalan-jalan bersosial kali ini, yuk kita simak liputannya.

    Beralamat di Jalan Panglima Sudirman Surabaya tepatnya di Intiland Tower, kantor aplikasi catfiz berada di lantai 6, 7 dan 10 dibawah naungan Pt. Duniacatfish Kreatif Media. Ditengah maraknya chat app dari luar yang masuk ke Indonesia, app catfiz tetap percaya dan yakin bisa ikut bersaing di dalamnya.

    Kantor catfiz yang berada di lantai 6 menjadi langkah kunjungan awal tim bersosial. Di sini saya disambut dengan Bapak Mohammad Arfan (Co Founder Catfiz) dan diajak berkeliling ruangan demi ruangan di lt.6.

    [​IMG]
    Bapak Mohammad Arfan (Co Founder Catfiz)

    Di lantai ini umumnya lebih dikhususkan bagi para developer dan tim networking yang bekerja mengembangkan aplikasi chat ini. Para progamer muda ini bertugas mengembangkan aplikasi serta fitur-fitur baru yang nantinya akan di tambahkan dalam catfiz.
    [​IMG]
    Anak-anak muda ini merupakan developer pengembang catfiz

    Kemudian masih di lantai yang sama, saya sempat diajak melihat-lihat ruang server catfiz. Ruang server ini menampung sekitar 100 server dimana pada awal catfiz dikembangkan hanya menggunakan satu server saja, akibat user catfiz semakin "membludak" maka server ini kemudian ditambahkan lagi hingga mencapai 100 server dan tidak menutup kemungkinan akan ditambahkan lagi jumlahnya jika user catfiz terus meningkat.

    [​IMG]
    Ruang server catfiz

    Setelah berkeliling lantai 6, kemudian saya berkunjung satu lantai diatasnya yaitu ruang lantai 7 catfiz. Di kantor yang terletak pada lantai 7 ini dikhususkan untuk administrasi dan tim creative media online. Para creative media yang berada di ruangan ini memiliki tugas untuk melakukan kampaye atau promosi baik itu kegiatan online maupun offline seperti event, iklan, video, poster dan lainnya.

    [​IMG]
    Teman-teman creative media catfiz

    Suasana ruangan creative lebih banyak diisi dengan perencanaan konsep serta realisasi guna kegiatan promosi aplikasi messenger catfiz. Ruangan ini juga paling sering dikunjungi komunitas-komunitas catfiz chat dari berbagai daerah hingga luar jawa dan juga para catfizer (sebutan member catfiz) yang datang hanya sekedar mengambil hadiah dari event-event maupun lomba yang diadakan catfiz.

    Catfiz dan Catfish

    Setelah berkeliling ruang demi ruang, saya sempat bertemu langsung dengan Bapak Jagad Hariseno (Founder Catfiz). Banyak cerita menarik dari diskusi dengan pendiri catfiz ini. Salah satu yang membuat saya penasaran yaitu mengenai pemilihan brand "Catfiz" yang mirip dengan kata "Catfish" (ikan berkumis sebangsa lele).

    Pemilihan nama ini ternyata memang benar dari nama catfish yang diplesetkan ke catfiz, dimana dipilih saat founder dan co-founder aplikasi ini sedang kongkow di dekat kolam yang dipenuhi dengan ikan lele. Pertanyaan berikutnya yang menjadi perhatian saya yaitu penamaan catfiz v.2.1 yang diberi codename "Daeng Dalle".

    Pemilihan nama "Daeng Dalle" sebagai codename versi 2.1 ini menurut pak Jagad dipilih sebagai bentuk apresiasi terhadap catfizer asal makasar yang menjadi member teraktif di tahun 2015 untuk wilayah Indonesia saat versi ini di launching. Sedangkan data analytic pengguna terbanyak catfiz saat ini berada di negara-negara timur tengah, UK, benua Amerika, Eropa dan juga Indonesia.

    Fitur Catfiz Berikutnya
    Dari percakapan ini saya juga diberi bocoran sedikit mengenai fitur-fitur yang lagi dikembangkan catfiz dan akan hadir dalam waktu dekat. Fitur-fitur ini berupa fitur:
    • Sync Contact
    • New Sticker
    • Fitur Payment
    • Catfiz on iTunes/iOS
    • Voice call
    Bocoran yang paling menarik yaitu voice call yang nantinya akan menggunakan teknologi opus dimana lebih ringan dan mampu menyiarkan voice musik dalam skala besar.

    Fitur yang ada pada catfiz v.2.1
    • Share dan Send file hingga 500Mb (seukuran film) tanpa reuploading dengan menggunakan fitur fizzlink
    • Streaming video & mp3 dengan kecepatan tinggi
    • Personal komunitas hingga 2000 group chat member
    • ID user berupa Nickname/Username, QRcode scan dan no Nic ID (seperti pin pada BBM)
    • Quote text dan status (sudah ada dari versi sebelumnya dan sekarang mulai diikuti WA)
    • Share/Send Voice record
    • Broadcast Messege
    • Fast Performance UI
    • No Ads
    • Emo icon
    • New logo
    • Size hanya 6.7Mb sehingga tidak membebani gedget user
    Salah satu fitur yang menjadi kebanggan catfiz saat ini selain share/send file up to 500mb dengan fast streaming, yaitu fitur Quote text dan status yang sudah ada dari versi sebelumnya. Mengapa catfiz bangga dengan fitur Quote ini? Ternyata fitur ini baru saja di duplikasi oleh salah satu aplikasi chat besutan luar yaitu WA di tahun 2016 ini. Jadi wajar jika para user catfiz tidak begitu kaget dengan fitur yang dikeluarkan WA dikarenakan sudah ada pada aplikasi besutan anak bangsa ini sejak awal.
    [​IMG]
    Tampilan streaming film di chat catfiz
    Jam sudah menunjukan pukul 02:00 pagi, ternyata tidak terasa saya sudah berkunjung seharian penuh dikantor startup aplikasi yang saat ini lagi digandrungi anak muda Indonesia. Karena sudah merasa cukup larut, akhirnya saya memutuskan untuk mengakhiri jalan-jalan versi liburan bersosial kali ini di HQ Catfiz Surabaya.
    [​IMG]
    Sebelum pulang, berfoto sebentar dengan founder catfiz, Jagad Hariseno


    Buat teman-teman bersosial yang ingin menjajal aplikasi ini, silahkan mengunduh dari google play atau bisa melalui halaman download catfiz.
    Buat kalian yang belum memiliki friend, silahkan add ID saya @irmawan atau bisa juga nantinya kita buatkan group khusus anak-anak bersosial untuk aplikasi ini.
     

    Attached Files:

    Last edited: Jan 19, 2017
  2. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,467
    Likes Received:
    212
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Beneran No Ads ya? lalu mereka dapat untung dari mana bang? dilihat dari jumlah server-nya pasti biaya operasional-nya sangat mahal :)
     
    Marko Sianipar likes this.
  3. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,085
    Likes Received:
    1,045
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    Terdengar imut nama messengernya; ada "cat" di dalamnya.

    @Damar, mungkin dari ini:
    Opini saya: tentang Internet Messenger. Saking banyaknya, orang-orang berkompetisi menciptakan satu yang bisa menjadi standar dan memenuhi seluruh kebutuhan. Seperti yang digambar di komik oleh Randall Munroe:

    [​IMG]
     
    Last edited: Jul 14, 2016
    ayahnyanadia and Damar like this.
  4. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Operasional saat ini di danai investor2, kedepannya sesuai bocoran fiturnya ada fitur payment dan sticker kemungkinan bakal dibuat 2 macam sticker, versi free sticker dengan versi sticker berbayar seperti yang dikatakan @Garett
     
    Damar likes this.
  5. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,458
    Likes Received:
    215
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    pasti ini perlu modal yang sangat besar
    gaji karyawan, servernya besar dll
     
  6. khoirunisa

    khoirunisa Member

    Joined:
    Jun 1, 2016
    Messages:
    35
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Wah malahan saya baru tau.hehe....
     
  7. Tukiyo Valak

    Tukiyo Valak Member

    Joined:
    Jul 15, 2016
    Messages:
    75
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
  8. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,632
    Likes Received:
    756
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    gw kira @Fahmi gemuk, ternyata founder plengdut (baca @wphoet ) lebih subur yah .. gimana menurut @KangAndre ?
     
  9. Samehadaku

    Samehadaku Samehadaku says Kai!!!

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    965
    Likes Received:
    156
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wkwkwkwk si wphoet mah dulunya waktu masih kuliah n kos itu kurus cang... wkwkwk jadi bulet 2 tahun sebelum skripsi... n tambah bulet setelah nikah *ketawa1*
     
  10. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Iya soalnya boomingnya malah di timur tengah sampai di India, malah ada bbrp user dari India dibela-belain nabung buat berkunjung ke kantornya catfiz bbrp waktu lalu *bagus*mangkanya dri obrolan kunjugan kemarin tim catfiznya lagi genjot promosi mulai lomba sampai iklan dan event2 lain biar user indonesia banyak yang tau kl ada chat versi Indonesia yang mampu bersaing di luar :D
    Sipp.. oiya just info nih, di operator smartfren aplikasi catfiz sudah masuk aplikasi lokal gratis yang tidak kena biaya internet, jadi yang pakai smartfren free*hore*
     
  11. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wakakakak nah itu dia @ncang kemarin foto2 di server sama foto2 dgn foundernya catfiz jadi kaget lihat bentuk tubuh berubah kyk galon air mineral setelah puasa *mati*jarang foto soalnya*ketawa4*
     
  12. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    ini tambah lebih gemuk lagi @ncang si samehadaku dah kyk sapi potong *ketawa4*
     
  13. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,632
    Likes Received:
    756
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    tanda-tanda kalau susu-nya cocok
    emang galon air ada yang ukuran 70 Liter ?
    bagus menjelang hari raya qurban :D
     
  14. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wakakakakakak... galon air versi tandon *ketawa4**mati*
     
  15. Samehadaku

    Samehadaku Samehadaku says Kai!!!

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    965
    Likes Received:
    156
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wwkwkwkwkw sudah agak kurusan le... vegetarian, tapi minumnya susu mulu... gagal diet *mati*
    wkwkwk saya belum cukup umur, jadinya belum siap masuk di kurban *pusing**ketawa4*
     
  16. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,326
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Saya baru dengar ada aplikasi seperti ini.
    Markas nya ada di Surabaya ya, apakah pihak Catfiz membuka recruitment untuk para pelajar? Atau memang membuka recruitment yang sudah lulus kuliah saja?
    .
    .
    Btw Add saya juga @wrep17 :D
     
  17. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    coba langsung cek di situs resminya catfiz.com, dibagian bawah ada career coba dilihat2 dlu, kyknya lagi cari iOS enginer
     
  18. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,251
    Likes Received:
    191
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wah... dari Indo, tapi nggak booming di Indonesia....
    mungkin karena pokemon. *bergaya*
     
  19. Unmetered

    Unmetered Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    Melihat jumlah server-nya sebanyak 100 yang ada di gedung datacenter surabaya ( Interland ) dan biaya operasional juga terbilang cukup lumayan tinggi, saya yakin hanya investor asing yang mampu mendanai dan di balik ini semua.

    Yang jadi pertanyaan saya, apakah nantinya mampu bersaing dengan mesenger-mesenger lainnya yang sudah lebih dulu populer terutama yang dari luar negeri. Mengingat biaya server+operasional dalam negeri masih sangat tinggi, jika dibanding kan luar negeri. Semoga saja bisa balik modal...

    Selain itu, para user/pengguna internet masih terobsesi dan tersugesti dengan kata produk luar negeri yang promosinya luar bisa. Sehingga mudah-mudahan tetap sukses saja dan mampu bersaing dengan mesenger-mesenger luar negeri lainnya yang sudah populer dan sudah memiliki jutaan user pengguna.

    Bisa jadi juga setelah catfiz mesenger ini makin besar dan populer di indonesia, akhirnya akan diakuisi/dijual ke mesenger-mesenger luar negeri. Sebab biasanya masyarakat indonesia seperti itu, jika kelihatan ada permintaan/penawaran yang lebih menggiurkan, maka dijual semua aset yang ada. :D:D:D
     
    Last edited: Jul 15, 2016
  20. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,346
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    [QUOTE="Seperti yang digambar di komik oleh Randall Munroe:

    [​IMG]
    [/QUOTE]
    Reply paling keren. Terlalu banyak chatting messenger, semua ngaku yg terbaik. Kita lihat saja nanti, siapa yang bisa survive. RIP Yahoo Mesenger. :D

    anyway; teruslah berkarya wahai anak bangsa.. :D
     
Loading...

Share This Page