Kura-Kura Harus Dilindungi, Mereka Bukan Makanan atau Souvenir

Discussion in 'Science' started by Forum Hijau, May 23, 2015.

  1. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    FORUMHIJAU.COM – Selamat Hari Kura-Kura. Kura-kura sudah eksis sejak 200 juta tahun dan 73 spesiesnya kini terancam musnah.

    Di beberapa negara Asia kura-kura biasa dijadikan santapan lezat atau disiksa dengan dijual dalam kantong plastik kedap udara.

    Tanggal 23 Mei ditetapkan sebagai hari kura-kura sedunia pada tahun 2000 lalu. Susan Tellem and Marshall Thompson yang menggagasnya untuk meningkatkan kepedulian terhadap binatang yang sudah eksis di Bumi selama 200 juta tahun itu.

    Saat ini terdapat 263 spesies kura-kura darat, air tawar dan penyu, dan sekitar 73 spesies dinyatakan terancam punah.
    Ironisnya di sejumlah negara Asia, kura-kura dianggap sebagai makanan khas yang lezat atau simbol pembawa keberuntungan.

    Di Cina misalnya banyak yang menjual kura-kura mini asal Brasil yang disekap dalam kantong plastik kedap udara sebagai gantungan kunci.

    Setiap kantong panjangnya sekitar 7 cm dan diisi dengan air berwarna. Satu gantungan kunci harganya kira-kira 18.000 rupiah. Benda ini dijual sebagai “simbol pembawa keberuntungan” di pasar-pasar malam.

    Ini dianggap sebagai salah satu bentuk penyiksaan binatang yang paling parah.

    Perlahan, aksi protes juga mulai terdengar dari Cina. Zhang Dan dari jaringan perlindungan hewan di Cina tidak mengerti mengapa barang jualan tersebut bisa dijajakan.

    “Ini kejam dan brutal. Mereka menunjukkan sikap tidak peduli terhadap sesama makhluk hidup. Bagaimana caranya gantungan kunci semacam itu dijual untuk membawa keberuntungan?”

    Mati Tergencet

    Menurut para pedagang, hewan bisa bertahan hidup berbulan-bulan di dalam plastik.

    Namun, para pemerhati hewan membantahnya. Hewan tersebut tidak akan lama hidupnya. Entah karena kekurangan udara, atau tergencet barang lain saat dibawa di dalam tas.

    Zhang Dan menjelaskan: “Kebanyakan pembelinya adalah anak muda yang merasa benda itu lucu atau keren dan bisa mereka pamerkan. Mereka tidak berpikir panjang.

    Kalau hewan tersebut rusak, mereka langsung membuangnya.” Di pasar malam yang waktu penyelenggaraannya tidak menentu, gantungan kunci hewan hidup dijual bebas. Para pemerhati hewan tidak berdaya.

    “Hingga kini Cina tidak memiliki peraturan perlindungan hewan. Padahal lebih dari 100 negara sudah mempunyainya. Termasuk negara yang lebih miskin dan tidak semaju Cina.”

    Langkah perlindungan

    Sebagai langkah untuk melindungi kura-kura dari kemusnahan, American Tortoise Rescue mengeluarkan beberapa petunjuk bagi perlindungan hewan ini. Antara lain:

    -Jangan membeli kura-kura sebagai binatang peliharaan
    – Jangan melepaskan kura-kura peliharaan di alam bebas, karena kemungkinan besar tidak bisa bertahan hidup.

    Tapi jika Sobat greener FHI tetap ngotot ingin memelihara kura-kura, disarankan untuk bergabung dengan komunitas pelindung binatang ini, dan belajar lebih banyak.

    Selain itu, juga diharapkan membantu agar habitat kura-kura tetap dijaga supaya tidak tercemar.

    Selain itu, ikut aktif mengimbau pemerintah lokal untuk menjaga habitat kura-kura dengan tidak mengizinkan usaha yang merusak ekosistem.

    http://forumhijau.com/kura-kura-harus-dilindungi/

    Follow us : @ForumHijau_ID
     
    Fajar Sany likes this.
  2. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,289
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Benar banget den , salah satu yang mungkin sudah punah iyalah kura-kura ninja ... cuman bisa kita lihat dokumentasinya di layar kaca.
     
  3. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Hidup hari Kura Kura! Baru tahu ternyata ada harinya juga.
     
  4. farid efendi7

    farid efendi7 Member

    Joined:
    Mar 14, 2015
    Messages:
    133
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    aku belum pernah makan kura kura, :( pingin nyoba sebelum di lindungi *jail*
     
  5. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Maaf ya @Forum Hijau yang terhormat.... Dulu waktu kecil sering makan kura-kura (penyu y??)
    Emang enak banget, dan sekarang pakai cincin yang terbuat dari tempurung kura-kura....
    Bukan mau sombong, tapi mengakui dengan terbuka kesalahan dan mencoba belajar tidak sampai kesitu lagi
     
  6. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,467
    Likes Received:
    212
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Selamat hari kura-kura :D
    Coba kura-kura bisa lari cepat, pasti spesiesnya tidak akan berkurang seperti sekarang ini :(
    Waduh, padahal dulu saya pernah perlihara binatang itu, soalnya lucu banget. Tapi saya rawat dengan baik kok :D
     
  7. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Hahaa bisa saja nich, kalau kura-kuranya seperti mereka, nggak ada yang berani bantai.
     
  8. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Ini menjadi bukti jika kura-kura lebih eksis dari kamu gan. Haha
     
  9. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Salah, semua species kura-kura di Indonesia sudah menjadi satwa yang dilindungi.
     
  10. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Nah itulah tujuan kampanye perlindungan satwa, menumbuhkan kesadaran masyarakat jika mereka itu berharga. Manusia sudah dijatah perihal makanan, Tuhan memberikan binatang ternak untuk dikonsumsi. Terima kasih, lebih baik sadar daripada tidak sama sekali.
     
  11. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Gak apa-apa Gan, biarlah menjadi kenangan masa lalu yang indah antara kamu deng nya. *eh
     
  12. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Pasti TKI atau BMI juga dilindungi, namun mungkin belum sepenuhnya berjalan. Semua itu membutuhkan kerjasama semua pihak.
     
  13. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,289
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Hehehe .. Untung ane bukan termasuk pembantai kura-kura apalagi pemakannya.
     
  14. farhaki

    farhaki New Member

    Joined:
    May 19, 2015
    Messages:
    68
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
  15. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,289
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Kalau yang belum di masak gimana toe
     
  16. Putra Ragil

    Putra Ragil Member

    Joined:
    Feb 24, 2015
    Messages:
    137
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Tempat ane gak ada kura" adanya bulus..
     
  17. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Bulus itu ya masih satu species dengan Kura-Kura, bahkan bulus itu cuma istilah bahasa untuk Kura-kura darat.
     
  18. Putra Ragil

    Putra Ragil Member

    Joined:
    Feb 24, 2015
    Messages:
    137
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    ow,..dilindungi gak tuh?
     
  19. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    kasian kura-kuranya ..
     
  20. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Dilindungi sob...
     
Loading...

Share This Page