KURS RUPIAH NAIK TURUN, Ternyata Ini Penyebabnya..!

Discussion in 'General Business' started by jshikamaru, Oct 14, 2015.

  1. jshikamaru

    jshikamaru Member

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    264
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    KURS RUPIAH NAIK TURUN, Ternyata Ini Penyebabnya..! penting diketahui oleh pelaku bisnis saham dan semua kalangan masyarakat umum. Harga mata uang USD terhadap IDR yang mengalami perubahan signifikan akhir-akhir ini pasti akan memiliki efek domino stabilitas ekonomi nasional yang bergerak tak tentu arah. Saat nilai mata uang Indonesia menguat, seharusnya kondisi finansial masyarakat merasakan dampak perbaikan kehidupan yang lebih sehat. Begitupun sebaliknya, saat harga dollar yang meroket tajam akan membuat daya beli dalam negeri menjadi rendah, harga kebutuhan bahan pokok naik, dan berbagai efek buruk lainnya.

    .
    [​IMG]

    .
    Apakah penyebab naik-turunnya kurs dollar terhadap IDR? Ada beberapa teori spekulasi yang membahas tentang pergerakan nilai mata uang Amerika terhadap rupiah. Namun, beberapa konsep umum yang lazim diterima di antaranya adalah:
    1. Perbandingan kenaikan harga ekspor dan impor. Grafik fluktuasi harga ekspor seharusnya lebih bagus daripada kenaikan harga ekspor agar nilai mata uang memiliki daya tawar yang tinggi.
    2. Kebijakan tingkat suku bunga. Hal ini merupakan otoritas bank sentral atau BI untuk membuat manuver paket penawaran suku bunga dalam menjaring investor.
    3. Tingginya tingkat inflasi akan membuat harga mata uang rupiah kembali anjlok.
    4. Perbandingan neraca perdagangan 2 negara yang terlibat dalam aktivitas jual-beli menyebabkan negara yang mengekspor lebih banyak produk akan memiliki daya tawar lebih baik.
    5. Kemampuan pembayaran hutang publik yang menjadi sumber pembiayaan proyek pemerintah sebaiknya dijaga dalam batas kewajaran agar tidak menimbulkan defisit anggaran. Ujungnya, kurs dollar akan kembali menguat.
    6. Stabilitas politik dan ekonomi sangat penting dalam menjaga kepercayaan para calon penanam modal asing karena setiap investor tidak akan mau menimbun modal di negara yang hiruk pikuk dan penuh kegaduhan. Masih belum berhenti bertengkar, hei engkau orang Indonesia?

    .
    Melihat berbagai penyebab di atas, sudah seharusnya semua elemen masyarakat ikut andil dalam bekerjasama menjaga nilai tukar rupiah tetap di atas dollar Amerika. Anda bisa berbuat yang terbaik bagi negeri ini dalam beberapa hal kecil sejauh otoritas anda. Seringkali lakukan pemeriksaan pada HARGA DOLLAR ke RUPIAH untuk melakukan berbagai langkah lanjutan yang bermanfaat bagi kepentingan bersama. Misalnya beberapa strategi sederhana berikut:
    + Pemain trading forex tidak melakukan langkah yang terlalu spekulatif dalam menimbun valuta asing.
    + Pelaku bisnis online sebaiknya juga lebih mengutamakan untuk menerima pembayaran rupiah dari konsumen di internet.
    + Pemilik usaha kecil dan menengah berusaha meningkatkan kualitas produk yang berdaya saing tinggi.

    .
    Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, sesama mantan aktivis ataupun mahasiswa bisa terus melakukan fungsi kontrol agar kebijakan ekonomi pemerintah selalu berpihak pada rakyat kecil dan berorientasi hasil pada nilai rupiah yang terus menguat. Sebaiknya gerakan mahasiswa dalam lingkup kepentingan nasional ini mutlak dilakukan dengan cara-cara anti kekerasan dan pengrusakan agar tidak meyalahi poin keenam yang sudah disebutkan di atas. Karena endingnya, kurs dollar terhadap rupiah akan meroket kembali.

    .
    Nah, sudah bisa memeriksa nilai mata uang kita hari ini dan menganalisa berbagai indikator penyebabnya? Mari 'berdebat sehat' merangsang kemampuan insting ekonomi bisnis kita pada komentar, kawan..
     
  2. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Apakah hanya itu tolak ukur? Ingat ada satu hal yang sangat penting dalam nilai tukar dunia ini, yaitu mata uang yang dipakai secara international sebagai pembayaran yang sah untuk lintas negara dan hanya satu-satunya di dunia yaitu Dollar. Jadi meski perekonomian Indonesia tidak ada masalah (maksudnya stabil dan cenderung meningkat) tapi ternyata perdagangan dunia ada goncangan, maka pasti akan berpengaruh ke Rupiah melalui Dollar ini. Kita lihat saja Euro terhadap Dollar, pada waktu perdagangan negara-negara Euro jatuh, Dollar sangat perkasa, dan imbasnya Rupiah juga ikut terdongrak melemah lawan Dollar waktu itu kan :D
     
  3. Mark

    Mark Member

    Joined:
    Aug 25, 2015
    Messages:
    92
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    kalau menurutku ini hanya fenomena musiman, tahun lalu juga $$ sempat turun, tapi gak lama pelan2 mulai naik lagi, kemungkinan akhir tahun nanti akan naik lagi nilai $$ .. #mungkin
    btw mbak2 yang di gambar itu cakep juga *jail*
     
  4. jshikamaru

    jshikamaru Member

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    264
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    .
    Sepakat, tentu kondisi ekonomi dan perindustrian global juga memiliki domino effect terhadap situasi finansial domestik. Namun, sayangnya saat kondisi krisis dunia terjadi, Bank Indonesia sebagai central monetary authority seharusnya mampu bermanuver lebih baik dalam mengeluarkan paket kebijakan ekonomi.
    .
    .
    Fluktuasi harga valuta asing bukanlah hanya musiman. Bahkan, hampir setiap detik pasar saham mengalami pergerakan harga yang juga mempengaruhi daya tawar rupiah terhadap dollar.
    Pertanyaannya, akankah memgalami tren peningkatan atau depresiasi?

    .
    Kalau mengenai mbak-mbak trader yang selfie di atas, sengaja emang dia mejeng supaya yang membaca jadi dibetah-betahin nongkrongnya.. hahhah..
    .
    Kalo bisa dipelototin fotonya sampe 10 menit, justru itu bagus buat kesehatan,
    Termasuk juga buat bersosial,.
    Tanya aja adminnya di mari pasti paham.. hahhah
     
  5. Surur12

    Surur12 Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    252
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    tak kirain penyebabnya cewek yang ada di artikel ntuu*hore*
     
  6. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,853
    Likes Received:
    2,584
    Trophy Points:
    313
    Fokus ke tulisan.. jangan ke foto, karena bisa memperparah rupiah wkwkwkwk.....
     
  7. jshikamaru

    jshikamaru Member

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    264
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    hahhah,. bener juga, den..
    kayak gituan tuh yang bisa bikin cadangan devisa pribadi di kantong kita bolong.. hahahh
    btw sepertinya grafik IDR beberapa hari ini mulai menguat kembali?
    kira-kira ada yang tau faktornya?
     
  8. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalau menurut saya sih memang kondisi diluar yg lagi belum bagus, pertumbuhan ekonomi diluar masih banyak yg minus, kita masih pluss
     
  9. HermanFaiber

    HermanFaiber Member

    Joined:
    Sep 18, 2017
    Messages:
    73
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Betul banget, apalagi kalau kita lihat di imur tengah dan korea, situasinya makin genting, kita sih makan masih bisa santai aman nyaman
     
  10. Nurul Amalia Wati

    Nurul Amalia Wati Member

    Joined:
    Dec 18, 2017
    Messages:
    42
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kalau sekarang alhamdulilalh sih semenanjung korea kayanya lebih adem, yang panas justru di palestin, mungkin juga ga ngaruh ke KURS Rupiah kita?
     
  11. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    ampe sekarang masih turun aja nih kurs rupiah. Mending nabung emas atau investasi dibidang lain
     
Loading...

Share This Page