Kurva Penawaran dan Analoginya Dalam Bisnis

Discussion in 'General Business' started by Darin Rania, Apr 21, 2021.

  1. Darin Rania

    Darin Rania Member

    Joined:
    Mar 25, 2021
    Messages:
    21
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8

    Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkat harga dan faktor-faktor yang diasumsikan tetap. Penawaran bisa diartikan sebagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen di berbagai tingkat harga tertentu.

    Penawaran pun mempunyai hukum sendiri yaitu Hukum penawaran berbunyi "Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah tersebut yang akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah harga barang, semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan".

    Setelah kamu mengetahui hukum penawaran selanjutnya kamu memahami faktor yang dapat mempengaruhi penawaran, kurva penawaran dan jenis kurva penawaran.

    Faktor yang Mempengaruhi Kurva Penawaran
    1. Biaya Produksi : jika biaya produksi rendah dibandingkan harga pasar maka akan memberikan keuntungan kepada produsen dengan menawarkan barang dan jasa dalam jumlah yang besar begitu pun sebaliknya.

    2. Teknologi Produksi : Dengan rendahnya biaya input dapat mendorong produsen untuk meningkatkan output serta laba yang didapatkan juga meningkat.

    3. Ekspektasi Produsen : produsen menganggap bahwa harga produk dimasa mendatang akan naik makanya mereka menawarkan barang atau jasa lebih banyak.

    4. Keuntungan yang diinginkan produsen : Besar kecilnya keuntungan yang didapat juga mampu mempengaruhi harga jual dari produk dan akan berpengaruh pula dengan jumlah barang yang ditawarkan.

    5. Harga Barang dan Jasa : Produsen akan menawarkan barang atau jasa kepada konsumen lebih banyak jika harga barang naik. Namun, sebaliknya jika harga barang turun maka produsen akan menawarkan barangnya lebih sedikit.

    Kurva Penawaran
    [​IMG]

    Jika harga suatu barang naik, maka barang yang ditawarkan juga meningkat. Kurva ini mempunyai kemiringan positif artinya arah kurva penawaran memiliki kemiringan dari kiri bawah ke kanan atas.
    Sama seperti kurva permintaan, kurva penawaran juga mengalami pergerakan.

    Pergeseran Kurva Penawaran
    Sesuai hukum penawaran maka kurva penawaran bergerak sejajar ke kanan dan ke kiri tergantung faktor apa yang mempengaruhinya.
    Misalnya ditemukan teknologi terbaru yang menyebabkan produksi lebih banyak dan efisien maka terjadi pergeseran ke arah kanan dan bila teknologi menurun maka kurva akan bergeser ke arah kiri.

    [​IMG]
     

Share This Page