Lahan Terbatas Tapi Ingin Bertani? Ini Tipsnya Yang Harus Dilakukan

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by RyanNDI, Oct 5, 2020.

  1. RyanNDI

    RyanNDI Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    55
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Crowde - Memiliki sebuah bisnis yang mudah dan menguntungkan tentu selalu menjadi dambaan bagi setiap pemilik bisnis. Dalam teorinya sendiri, memiliki sebuah bisnis apalagi bisnis yang bergerak pada bidang kebutuhan dasar manusia akan memiliki keuntungannya sendiri karena pasti akan selalu dibutuhkan. Salah satu contohnya adalah bisnis pertanian. Kendati demikian, hal pertama yang dipikirkan orang sebelum memiliki sebuah bisnis pertanian adalah kendala pada lahan tanamnya.

    Menjawab hal tersebut, tahukah Anda jika memiliki sebuah bisnis pertanian tidak harus memiliki lahan besar seperti ladang? Contoh nyatanya adalah bisnis pertanian hidroponik. Anda bisa memanfaatkan pekarangan rumah Anda menjadi pundi-pundi uang. Seperti menanam rempah-rempah. Karena bumbu dapur alias rempah-rempah ini selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Menanam rempah-rempah ini sangat mudah ditanam, Anda bisa menanamnya bahkan di pot sekalipun. Memulai bisnis rempah-rempah sangat cocok bagi Anda yang ingin menjajal peluang bisnis di lahan yang sempit dengan modal kecil. Selain rempah-rempah, masih ada beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam di lahan yang kecil. Ternyata, untuk membuka bisnis pertanian di rumah tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas.

    USAHA TANAMAN HIDROPONIK
    Usaha tanaman hidroponik adalah bisnis yang populer pada saat ini. Penanaman dengan proses hidroponik juga lebih efisien karena tidak memerlukan lahan yang luas dan pemakaian pupuk juga air menjadi lebih efisien. Cara penanamannya pun tidak sulit hanya dengan menggunakan barang-barang di sekitar, seperti barang-barang plastik yang tidak terpakai. Dengan ini Anda dapat menjalankan bisnis tanaman hidroponik yang memang menggiurkan. Dengan makin tingginya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat, membuat bisnis tanaman hidroponik menjanjikan.

    MENANAM BAWANG MERAH
    Umumnya menanam bawang merah dilakukan di lahan yang luas dan membutuhkan modal yang besar. Tapi tidak juga, sekarang menanam bawang merah bahkan dapat dilakukan di rumah dengan pot. Karena bawang termasuk bumbu dapur yang digunakan untuk memasak, menjadikan bisnis ini menjanjikan. Menanam bawang merah di rumah dengan menggunakan pot atau polybag bisa mendatangkan untung besar, kenapa? Karena perawatannya mudah dan proses pertumbuhannya pun juga cepat. Bila menanamnya di pekarang rumah, tentu saja Anda bisa melihat pertumbuhan bawang merah setiap saat. Dengan begitu, tidak perlu repot-repot pergi ke sawah untuk melihat perkembangan tanaman Anda. - crowde

    CABAI RAWIT
    Tanaman hortikultura yang satu ini merupakan komoditas yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Budidaya cabai rawit bisa dilakukan di lahan sawah. Namun juga bisa dibudidayakan di pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, seperti di polybag, pot dan media lainnya. Menanam cabai rawit di polybag dapat kita tata di rak-rak atau di teras dan halaman rumah, sehingga modal yang diperlukan juga tidak begitu banyak. Ini juga bagus untuk peluang bisnis, karena cabai di pasaran harganya semakin lama semakin naik karena permintaan yang semakin banyak. Karena inilah bisnis cabai rawit bisa dibilang cukup menjanjikan.

    JAHE
    Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak dicari. Karena banyak manfaatnya, dapat digunakan sebagai bahan minuman herbal yang dapat meredakan penyakit. Jahe pun dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Karena kaya akan manfaat, menanam jahe merupakan peluang bisnis yang bagus. Harga jual jahe pun terbilang cukup tinggi bila dibandingkan dengan modal budidayanya. Bisa ditanam di pot dan tidak perlu lahan yang luas.

    Itulah jenis tanaman yang bisa Anda gunakan untuk membuka bisnis pertanian meski Anda hanya memiliki lahan yang kecil. Jadi tidak usah bingung, ketika Anda mau menjalankan bisnis pertanian tapi hanya memiliki lahan yang kecil bisa menanam jenis tanaman yang tidak membutuhkan lahan luas. Seperti yang telah disebutkan di atas. Selain mengetahui beberapa hal di atas, sebagai pebisnis juga tidak akan lepas dari yang namanya modal usaha pertanian. Untuk itulah, crowde mempunyai solusi memberikan modal usaha pertanian masa kini. Selain itu, jika Anda tertarik untuk membuka bisnis pertanian atau ingin berinvestasi di bidang pertanian, Anda dapat langsung mengunjungi laman resmi dari crowde.



    Sumber
     
  2. arissaputro

    arissaputro Member

    Joined:
    Sep 27, 2020
    Messages:
    25
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Saya searching website crowde itu bagus cuma ini saja baru muncul ide mas @RyanNDI masih takut gagal soalnya tidak punya planning dan lagi cari buku panduannya terutama yang bertanam pakai cara hidroponik??
     
  3. RyanNDI

    RyanNDI Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    55
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    bisa search referensi di google gan banyak sekali kok
     
Loading...

Share This Page