Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021

Discussion in 'General Business' started by Triana A., Jan 27, 2021.

  1. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    51
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    2020 menjadi tahun dimana pertumbuhan transaksi e-commerce atau belanja online meningkat pesat. Kali ini bukan hanya bisnis UMKM atau bisnis rumahan saja yang memanfaatkan platform online, brand-brand besar pun turut masuk ke penjualan digital untuk menyesuaikan dengan perilaku belanja konsumen.

    Ini membuat tingkat kompetisi semakin ketat. Ditambah lagi, konsumen yang berbelanja online cenderung mengharapkan proses belanja yang mudah, cepat, dan efisien. Bagaimana bisnis khususnya bisnis online dan bisnis kecil dapat mengembangkan bisnisnya di tahun ini?

    Baca Juga: Tren yang Perlu Diperhatikan Pelaku Bisnis Online di Tahun 2021

    Integrasikan Data
    Untuk bisa mengoptimalkan penjualan online dan bersaing dengan bisnis lainnya, kamu harus bisa mengoptimalkan seluruh channel penjualanmu dan membangun pengalaman berbelanja yang menyeluruh terlepas dari channel yang digunakan konsumen untuk membeli barang.

    Memiliki data produk, penjualan, dan customer yang terintegrasi akan membantumu menyediakan pengalaman berbelanja yang konsisten. Pastikan juga data produk dan inventori akurat, terutama jika kamu berjualan di website atau marketplace sehingga kamu pun bisa memantau penjualan dengan tepat.

    Prioritaskan Pengalaman Belanja Mobile
    50% dari transaksi online dilakukan secara mobile. Riset menunjukkan konsumen akan meninggalkan situs yang membutuhkan lebih dari 3 detik untuk loading di mobile. Maka itu, kamu harus bisa menawarkan pengalaman berbelanja yang mudah dan responsif bagi konsumen dari gadget apapun yang mereka gunakan. Hal ini terutama penting bagi kamu yang berjualan melalui website. Situs yang responsif juga membantu tingkat SEO-mu agar lebih baik pada hasil mesin pencarian.

    Permudah Akses Belanja
    Fokus untuk menciptakan pengalaman berbelanja digital yang kreatif dan inovatif untuk memudahkan customer-mu. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah memastikan customer dapat melakukan transaksi dimanapun baik di website, marketplace, ataupun media sosial.

    Integrasikan proses transaksi dengan berbagai metode pembayaran mulai dari debit, kredit, dompet digital, maupun metode pembayaran lainnya sehingga konsumen merasa memiliki pilihan yang sesuai dengan perilaku berbelanja mereka. Kamu juga bisa menawarkan durasi pengiriman mulai dari same day, reguler, pickup point, dan lainnya.

    Integrasikan Pengalaman Berbelanja Online dan Offline
    Dengan perkembangan teknologi, pengalaman berbelanja online dan offline semakin melebur. Teknologi AR dan AI mulai digunakan untuk meningkatkan pengalaman berbelanja. Bagi bisnis UMKM atau bisnis kecil, kamu bisa menerapkannya misalnya dengan melakukan livestream dimana konsumen bisa berbelanja secara langsung. Bisa juga dengan membuat konten cara penggunaan (how to) atau penjelasan mengenai manfaat dari produk yang kamu jual.

    Bangun Hubungan dengan Konsumen
    Bagaimanapun juga, interaksi langsung antara konsumen dengan bisnis tanpa melalui otomasi tetap dibutuhkan. Interaksi langsung ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis tersebut.

    Maka itu, kamu bisa menawarkan hal ini dengan mengotomasi pekerjaan berulang yang repetitif seperti analisis data, manajemen inventori, dan pekerjaan-pekerjaan lainnya sehingga stafmu bisa lebih fokus untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen.

    Berpartner dengan Jasa Pengiriman yang Efisien
    Konsumen juga mengharapkan pengiriman barang yang cepat dan terjangkau. Maka itu, kamu harus bisa bekerja sama dengan jasa pengiriman barang dengan kapabilitas yang fleksibel untuk menangani kebutuhan pengirimanmu.

    Sumber: Lakukan 6 Hal Ini untuk Mengembangkan Bisnis di Tahun 2021
     
Loading...

Share This Page