Lakukan Ini Jika Membawa Kamera DSLR Saat Pergi Berlibur!

Discussion in 'Tourism' started by Faniditya Ramadhan, Sep 17, 2019.

  1. Faniditya Ramadhan

    Faniditya Ramadhan New Member

    Joined:
    May 29, 2019
    Messages:
    42
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Saat pergi berlibur, pasti selalu identik dengan foto panorama keindahan, aktivitas seru, dan kenangan-kenagan manis bersama teman liburan Anda. Maka dari itu, seringkali para traveller membawa kamera, khususnya kamera DSLR atau digital single-lens reflex untuk menangkap momen-momen seru ketika berlibur.

    Meskipun sekarang sudah banyak kamera ponsel yang canggih, sepertinya bagi penikmat dunia fotografi hal itu masih terasa kurang. Ada banyak kelebihan yang dimiliki kamera DSLR yang tidak dimiliki oleh kamera ponsel ataupun kamera pocket sekalipun. Itulah mengapa kamera DSLR masih diminati hingga kini.

    Namun, nyatanya membawa kamera DSLR memang tidak semudah seperti membawa kamera berukuran kecil pada umumnya. Ukurannya yang terbilang besar dan memiliki bobot yang berat, mengharuskan Anda menambah beban barang bawaan Anda.

    Tidak hanya itu, harganya yang cukup mahal membuat kamera DSLR ini harus diberikan perhatian khusus agar tidak rusak bahkan tidak dicuri saat Anda berlibur. Berikut tips aman yang bisa Anda lakukan ketika membawa kamera DSLR saat pergi liburan.

    Gunakan Tas Khusus Kamera

    Sebelum pergi berlibur membawa kamera DSLR, ada baiknya Anda menggunakan tas khusus kamera yang memang dikhususkan untuk traveling. Tas jenis ini juga cocok sekali untuk membawa beberapa perlengkapan gadget Anda selain kamera seperti, laptop ataupun tablet.

    Tas khusus kamera biasanya memiliki bahan yang tebal, kuat, dan anti air. Hal tersebut tentunya akan membuat tas Anda tidak mudah robek ketika diisi oleh kamera DSLR beserta akseorisnya, serta tidak akan membuat kamera Anda kebasahan saat tiba-tiba hujan turun. Selain itu, pastikan juga tas kamera yang Anda miliki mempunyai pelindung yang cukup tebal seperti bantalan, dimana akan menjaga kamera dari benturan dan juga goresan dengan baik.

    Pergunakan Bubble Wrap Sebagai Pelindung

    Sebelum Anda menaruh kamera DSLR di dalam tas khusus kamera saat akan pergi travelling, sebaiknya Anda membungkusnya terlebih dahulu menggunakan bubble wrap untuk melindungi kamera. Plastik gelembung ini memang tidak jarang digunakan untuk membungkus berbagai barang elektronik, karena mampu menjaga dari benturan dan juga goresan.

    Saat ingin traveling, bungkus kamera, lensa, filter dan aksesoris lainnya terlebih dahulu dengan bubble wrap dengan rapat. Setelah itu Anda dapat masukkannya ke dalam tas khusus kamera agar terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Pisahkan Bagian-Bagian Kamera Saat Dimasukkan ke dalam Tas

    Berbeda dengan kamera pocket yang kecil dan begitu mudah dimasukkan ke dalam tas atau bahkan kantong, kamera DSLR punya ukuran cukup besar dan terdiri dari beberapa bagian. Oleh karena itu, ebelum pergi berlibur, dianjurkan untuk melepaskan bagian-bagian kamera tersebut terlebih dahulu sebelum dibungkus bubble wrap dan dimasukkan ke dalam tas. Hindari langsung memasukkan kamera begitu saja ke dalam tas, tanpa melepaskan bagian-bagiannya terlebih dahulu.

    Itulah beberapa tips aman saat membawa kamera DSLR saat pergi berlibur. Buatlah liburan Anda senyaman meskipun harus membawa barang bawaan yang memiliki resiko tinggi untuk hilang atau rusak selama liburan dengan asuransi perjalanan!
     
Loading...

Share This Page