Langkah Kecil tapi Bisa Meningkatkan Penjualan Produk

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Hayu T., Nov 30, 2020.

  1. Hayu T.

    Hayu T. New Member

    Joined:
    Nov 16, 2020
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ada banyak hal yang bisa membantu meningkatkan penjualan produk meski itu adalah langkah kecil dan sederhana. Hal-hal itu bisa saja sudah sering terlihat di sekitar kita tapi mungkin kalian sebagai konsumen tidak begitu sadar. Nah, sekarang giliran kalian untuk melakukan hal tersebut untuk bisnis jualan kalian.

    Hal pertama adalah menggunakan teknologi yang kelihatannya sederhana tapi punya dampak yang besar, yaitu aplikasi kasir. Bukan cuma mempermudah pencatatan pesanan, pilihan menu, dan transaksi pembayaran, aplikasi kasir lebih dari itu. Pemilik usaha bisa mengakses stok barang, melihat kinerja karyawan, mendapatkan laporan keuangan sampai laba, hanya dengan satu aplikasi kasir.

    Selanjutnya, menggunakan angka ganjil atau odd pricing dan angka depan pada display harga. Beberapa konsumen akan lebih memilih produk seharga Rp9.999 dibandingkan Rp10.000 karena melihat angka depan 9 lebih kecil dibanding 10. Mereka juga cenderung mengabaikan angka ganjil di belakang.

    Memberikan diskon dengan angka besar dan membandingkan dengan harga yang lebih mahal. Jadi, lebih baik memberikan diskon daripada mencantumkan berapa banyak harga produk itu dipotong. Contohnya tulis “diskon 30%” daripada “potongan harga Rp2.000” walau sebenarnya punya harga yang sama kalau dibandingkan.

    Tapi kalau ingin memberikan potongan harga, lebih baik cantumkan juga harga awal. Misal harga awal adalah Rp200.000, nah berikan harga tersebut yang dicoret kemudian sandingkan dengan harga potongan meski hanya menjadi Rp199.000.

    Hal terakhir adalah tawarkan pembayaran cashless dengan aplikasi kasir. Kalau ada harga ganjil seperti Rp9.999, konsumen akan memilih membayar cashless karena Rp1 akan kembali kepada. Selain itu, ada aplikasi kasir yang menawarkan promo. Dengan memakai aplikasi kasir yang menerima pembayaran melalui e-wallet, konsumen juga bisa mendapatkan promo dari e-wallet itu sendiri.

    Hal-hal kecil di atas bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan penjualan produk kalian. Selamat mencoba!
     
    Last edited by a moderator: Nov 30, 2020
  2. Mas Her

    Mas Her Member

    Joined:
    Oct 14, 2020
    Messages:
    41
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    tips yang bermanfaat gan, bisa diterapkan di jualan apapun
     
  3. Gifterindo

    Gifterindo Member

    Joined:
    Nov 20, 2020
    Messages:
    37
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page