Laptop Suka mati sendiri?coba pake cara ini

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by Bagas Pramudita, May 7, 2019.

  1. Bagas Pramudita

    Bagas Pramudita Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    89
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Hello guys, Pernah gak si? Kalian sedang bermain laptop tetapi mati sendiri? Pasti kalian bingung dan kesal banget tuh. Nah, apalagi kalo kalian sedang mengerjakan tugas dan tiba-tiba saja laptop yang kalian gunakan mati.

    Biasanya itu akan terjadi lagi, Tetapi tidak tahu kapan terjadi lagi guys. Tenang kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi Laptop yang suka mati sendiri, daripada lama yuk simak sampai habis.

    UNTUK MENGATASI LAPTOP MATI SENDIRI!

    1. Bersihkan Debu Di Dalam Laptop
    Cara yang pertama adalah membersihkan debu atau kotoran yang ada di dalam laptop. Nah, laptop yang jarang dibersihkan pastinya menyimpan debu atau kotoran didalamnya guys.

    Untuk itu, coba deh kalian rutin untuk membersihkannya entah itu Keyboard maupun kipas yang akan menghambat kinerja Laptop guys.

    2. Bersihkan RAM
    Cara selanjutnya adalah membersihkan RAM. RAM yang tidak pernah kalian bersihkan akan memiliki kerak hitam pada kuningan RAM, sehingga menyebabkan laptop mati sendiri guys.

    Cara membersihkannya cukup gampang kok, dengan cara menggunakan penghapus karet dan kalian gosokan penghapus tersebut ke kuningan RAM guys.

    3. Mengistirahatkan Laptop
    Cara selanjutnya adalah dengan mengistirahatkan Laptop guys. Nah, jika kalian sering menggunakan Laptop secara terus menerus kemungkinan Laptop juga bisa kelelahan guys. Sama halnya seperti kita guys laptop juga bisa kelelahan.

    Apalagi kalian menggunakan Laptop selalu dicolokin. Untuk itu, coba kalian istirahatkan sejenak untuk meredakan panas di Laptop kamu guys.

    4. Memberikan Pasta Pada Processor
    Cara selanjutnya adalah dengan memberikan pasta pada processor. Nah, kegunaan pasta adalah untuk memberikan dingin pada processor guys.

    Jika processor panas maka sudah dipastikan kering guys, maka dapat menyebabkan laptop mati sendiri dan coba kalian beri pasta supaya processor agar tetap dingin guys.

    5. Mengecek Mainboard
    Cara selanjutnya adalah dengan mengecek mainboard. Jika laptop kalian suka mati sendiri, bisa saja nih guys mainboard atau motherboard kamu sudah mulai rusak guys.

    Cara menanganinya, Kalian harus membeli mainboard atau motherboard baru guys. Tetapi kalian juga harus mengeluarkan biaya yang cukup besar guys.

    6. Mengganti Hardware yang tidak cocok
    Cara selanjutnya adalah mengganti Hardware yang tidak cocok. Memang dengan mengganti atau mengupgrade dari hardware pasti akan membuat performa membaik guys.

    Eitss…, tetapi kalian harus menyesuaikan dengan tipe dan kemampuan dari laptop guys. Jika tidak cocok maka jangan paksakan karena itu akan menyebabkan laptop akan mati sendiri atau tidak bisa menyala guys.

    7. Mengecek aliran listrik
    Cara selanjutnya adalah dengan mengecek aliran listrik. Jika aliran listrik kamu sedikit alias tidak sesuai dengan rekomendasi dari laptop kamu bisa saja itu menjadi salah satu penyebab laptop kalian suka mati sendiri guys.

    Nah untuk itu coba deh kalian mulai sekarang cek aliran listrik pada laptop kalian guys.

    8. Mengecek tombol power Laptop
    Cara selanjutnya adalah dengan Mengecek tombol power Laptop guys. Kalian harus mengecek nih guys apakah tombol power kalian terlalu menempel alian “mendem” atau tidak? Nah, kalau misalnya tombol kalian terlalu nempel kemungkinan itu bisa menyebabkan laptop kalian suka mati sendiri guys.

    Apalagi kalian selalu mematikan laptop dengan menekan tombol power. Hal ini sebaiknya jangan kalian sering lakukan ya guys. Karena ini akan berdampak buruk buat laptop kamu guys.

    9. Membersihkan virus
    Cara selanjutnya adalah membersihkan virus yang ada di laptop. Mungkin virus yang menyebabkan windows kamu menjadi error sehingga terjadi mati sendiri guys.

    Untuk itu, Gunakan antivirus yang ampuh dan terpercaya untuk membersihkan virus-virus yang ada di laptop kamu sehingga tidak suka mati sendiri guys.

    10. Install Ulang Laptop
    Cara Terakhir adalah Install ulang laptop. Nah, dengan cara ini seluruh data kamu akan hilang. Dengan menginstall ulang akan menghilangkan bug-bug virus yang ada.

    Walau terbilang ekstrim. Terlebih dahulu kalian backup agar semua data tidak terhapus guys.

    Nah jadi itu cara mengatasi laptop yang suka mati sendiri guys jadi jika ada kritik atau saran yuk komen di kolom komentar.


    Sumber: TipsPintar
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,828
    Likes Received:
    130
    Trophy Points:
    63
    Terimakasih informasinya, ane ada komputer desktop tapi jarang dipake
    malah mati sekarang tidak bisa dinyalakan
     
  3. Bagas Pramudita

    Bagas Pramudita Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    89
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Iya sama-sama, Coba pake cara ini heheh:D
     
    blackking likes this.
  4. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    516
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    laptop ane dulu begitu , mati sendiri , udah ganti pasta juga tetep overheat
     
  5. teknolime

    teknolime Member

    Joined:
    Aug 23, 2018
    Messages:
    109
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    nuhun mhanxx informasinya hehe, dicobakan nanti.
     
  6. Bagas Pramudita

    Bagas Pramudita Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    89
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    oke mang sama-sama;)
     
Loading...

Share This Page