Larangan Membuang Makanan, Renungkanlah

Discussion in 'Cooking' started by Forum Hijau, Jul 21, 2015.

  1. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    FORUMHIJAU.COM - Sekitar sepertiga dari makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia terbuang, atau hilang, setiap tahun pada skala global. Ini setara dengan 1,3 miliar ton makanan.

    Negara-negara industri dan berkembang membuang jumlah makanan yang hampir sama setiap tahun, 670 juta dan 630 juta ton masing-masing.

    Sementara di masa lalu, pembuangan makanan terjadi di tingkat konsumen, kemudian dikatakan bahwa pembuangan melalui rantai pemrosesan makanan, karena infrastruktur yang lemah dan kurangnya teknologi yang tepat. Tapi ini masih tidak berarti bahwa pembuangan makanan yang tidak terjadi di tingkat konsumen di negara berkembang.

    Pengamatan yang lebih dekat akan membuat kita cemas pada jumlah makanan yang terbuang oleh manusia, yang secara bersamaan mengeluh bahwa makanan tidak cukup bagi penduduk dunia yang semakin meningkat.

    Makanan yang terbuang oleh semua negara-negara kaya, kira-kira sama dengan jumlah makanan yang diproduksi oleh seluruh sub-Sahara Afrika!

    Rata-rata konsumen di negara maju dilaporkan membuang sepertiga sampai setengah dari bahan makanan yang dibeli.

    Bayangkan, ini berarti untuk setiap 3 tas belanjaan makanan dibeli di toko makanan lokal, akan berakhir di tempat sampah!

    Nabi Muhammad dan Sumber Daya

    Sebuah aspek yang sering diabaikan dari ajaran Islam adalah penekanan pada kesederhanaan, penghematan dan menghindari pemborosan.

    Nabi mengingatkan untuk hemat bila menggunakan air untuk wudhu 1400 tahun yang lalu, mungkin menjadi hal yang paling sederhana. Namun ini menjadi tanda yang paling penting bahwa kualitas menjadi hal yang penting dalam Islam.
    Allah SWT menegaskan dalam Al Quran, yang artinya:

    “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Surat Al A’raaf ayat 31)

    ”Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudarasyaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya. (Surat Al Israa ayat 26-27)

    Dalam masalah pemborosan, Islam bahkan telah selangkah lebih maju ketika menyatakan bahwa jika waktu tidak dihabiskan untuk kegiatan yang berarti dan produktif juga dianggap sebagai bentuk pemborosan.

    Allah SWT menegaskan:
    “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (surat Al Asr ayat 1-3)

    Jika manusia dapat lebih bijaksana, banyak masalah akan diselesaikan secara otomatis tanpa perlu melakukan terlalu banyak usaha.

    Pikirkan jumlah sumber daya alam yang dapat diselamatkan, jumlah orang lapar yang bisa makan, dan tingkat kerusakan lingkungan yang dapat diperbaiki atau dicegah jika pemborosan makanan terjadi sedikit.

    Perintah ajaran Islam bahwa sebagai Khalifah Alloh SWT di bumi, manusia harus mengelola dunia ini dengan cara yang terbaik untuk mendapatkan kebaikan dan melakukan keadilan untuk semua makhluk, bukan untuk memanjakan keserakahan manusia dan nafsu yang tak pernah puas.

    Meskipun benar bahwa sebagian besar keadaan sulit dunia saat ini adalah murni buatan manusia, manusia juga memiliki kemampuan beragam dan kekuatan pikiran untuk menghadapi krisis terbesar dan menyelesaikan bencana terburuk.

    Ingat tulisan ini saat Sobat greener FHI ingin membuang makanan yang masih bisa dimakan: pemborosan saat ini adalah kekurangan untuk besok.

    ©Source : Forumhijau.com

    Follow us : @ForumHijau_ID
     
  2. giovani

    giovani Member

    Joined:
    Apr 29, 2015
    Messages:
    345
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    banyak manusia yang kurang bijak
     
  3. opiektidung

    opiektidung Member

    Joined:
    Feb 13, 2013
    Messages:
    128
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Sangat lah menyedihkan buat saudara saudara kita yang tinggal di Sahara Afrika
     
  4. nanina2305

    nanina2305 New Member

    Joined:
    Jun 3, 2014
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    seperti orang jepang yang katanya gak ada makanan sisa ,jadi meraka makan secukupnya jadi gak ada limbah
     
  5. agusrusdi

    agusrusdi Member

    Joined:
    Mar 22, 2015
    Messages:
    117
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    ini sudah jadi budaya saat kawinan kendurian lebaran, buka puasa pasti banyak makanan sisa apa mereka nggak takut ya saudaraan sama syetan
     
  6. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    762
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    sering liat juga di resto, maknan masih bnyak langsung main tinggal..tadi ngapain pake beli segala..
     
  7. ani125

    ani125 Member

    Joined:
    Jun 26, 2015
    Messages:
    191
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    makanan kog dibuang2 ya,,coba kalau gg da mkanan lagi
     
  8. bespe

    bespe Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    949
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Kadang tanpa disengaja sering terbuang makanan karena basi:(
     

Share This Page