Lebaran Sebentar Lagi : Cara Membuat Kue Nastar Keju - Cocok untuk di rumah maupun dijual

Discussion in 'Cooking' started by akhdi, Mar 22, 2017.

  1. akhdi

    akhdi Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Lebaran sebentar lagi. Pasti banyak makanan, kue, minuman enak. Salah satunya kue nastar keju. Pasti udah popular banget kan. Setiap rumah ada kue ini.

    Kali ini kita bahas bareng tentang cara membuat kue nastar keju. Ikuti yah cara pembuatannya. Oh ya. Menurutku kue ini enak kalo teksturnya lembut, empuk, kering, nanasnya kerasa dan juga kalo dinikmati bersama pasangan. Hihi


    Sejarah Kue Nastar

    Kita bahas sejarahnya dulu ya. Nama nastar berasal dari nama asing yaitu "nastaart" yang berarti "Pineapple Cake".

    Orang sunda sering disebut "Ganas Jeung Tarigu yang artinya Nanas dan Terigu karena memang itu isinya.

    Kalo bahasa inggrisnya sendiri sering disebut "Pineapple Tarts" atau "Pineapple Nastar Roll". Sajian kue lebaran ini terkenal juga pada saat perayaan imlek lho jadi memang laku keras kalo dijual di waktu-waktu ini.

    Kue nastar di Imlek sebenarnya juga sudah merupakan tradisi lama yang wajib disuguhi. Kue kering yang berisikan selai nanas ini mengandung arti dan simbol kemakmuran.

    Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Kue Kering Nastar Keju Yang Renyah
    • 250 gram tepung terigu
    • 50 gram gula halus
    • 200 gram margarine yang dilelehkan
    • 100 gram keju cheddar
    • 3 butir telur
    • 1 sdm susu bubuk
    • 1 sdm tepung maizena
    • sedikit keju parutan untuk taburan

    Bahan untuk olesan membuat Kue Nastar agar empuk
    • 1 telur ayam
    • 1 sdm margarine yang sudah dilelehkan

    Kalo ini Selai Nanas Untuk Nanas Nastar Keju
    1. Masukkan nanas yang telah diparut ke dalam telfon yang sudah disiapkan.
    2. Masak nanas dengan api sedang, kemudian masukkan gula pasir, vanili dan kayu manis sambil di aduk-aduk hingga adonan nanas tidak berair dan terlalu lengket.
    3. Angkat dan dinginkan adonan nanas sampai bisa dibulatkan kecil-kecil

    Cara membuat Olesan Kue Nastar Keju Isi Nanas Lembut
    1. Pisahkan antara putih telur dengan kuning telur. Kemudian ambil kuning telurnya dan campurkan dengan madu. Lalu aduk rata.

    Nah ini yang Utama, Langkah pembuatan nya

    1. Telur di pecah dan pisahkan antara kuning dan putih telur, ambil bagian kuningnya saja. Kemudian masukkan gula halus dan margarin cair, lalu aduk rata dengan menggunakan mixer.
    2. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena satu persatu, aduk sebentar sampai adonan merata (adonan bisa menjadi keras jika kalian mengaduknya terlalu lama).
    3. Diamkan adonan sebentar, lalu bentuk adonan tersebut dengan mengambil sedikit adonan tadi, pipihkan, dan masukkan adonan selai nanas. Kemudian bentuklah menjadi bulat.
    4. Setelah itu, beri olesan yang sudah di campur dengan kuning telur dan madu ke bagian atas adonan. Taburkan sedikit parutan keju diatasnya, lalu beri olesan lagi.
    5. Letakkan adonan ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan. Sebelumnya, loyang diberi olesan margarine agar hasilnya tidak lengket. Beri jarak antara kue yang satu dengan yang lain disebelahnya sekitar 1cm.
    6. Jika loyang sudah penuh, masukkan loyang ke dalam oven gas. Panggang dengan suhu 180 derajat Celcius selama 25 menit. Lalu keluarkan.
    7. Agar hasil kue nastar menjadi lebih bagus, kue nastar yang sudah matang, dikeluarkan kemudian beri olesan lagi dan panggang dalam wktu 10 menit
    Kue nastar yang udah jadi bisa ditarok di wadah plastik. Atau kalo mau dijual bisa ditempatkan di plastik yang di pres dengan alat pres plastik. Kalau mau hampa udara biar awet pake aja mesin vacuum sealer.
     
  2. vide

    vide New Member

    Joined:
    Mar 17, 2017
    Messages:
    10
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    asik nih kayaknya kalo bisa bikin langsung dijual:D
     
  3. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Biasanya aku beli sih, tapi lebaran ini pengen nyoba bikin sendiri.
    makasih resepnya den :D
     
  4. akhdi

    akhdi Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    ayoo dicobaa, sekalian usahaaa :D:D:D
     
  5. akhdi

    akhdi Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    cobain aja, kalo enak dijual :D:D
     
Loading...

Share This Page