Lebih baik marah atau sabar

Discussion in 'General Lifestyle' started by lasealwin, Oct 18, 2015.

  1. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    [​IMG]

    MARAH DAN SABAR. Hidup ini butuh proses. Belajarlah dari kesabaran pohon, yang tumbuhnya bertahun-tahun bahkan puluhan tahun hingga saatnya tiba, dia menghasilkan buah pada musimnya dan tidak putus-putus berbuah dari tahun ke tahun. Bahkan burung-burung diudara berlindung dan membuat sarangnya disana. Tapi, cobalah lihat bagaimana kesabaran tauge yang dapat dipanen setelah 5 - 6 hari, manfaatnyapun terbatas sekali pakai saja.

    Sabar itu indah. Ini adalah komponen penting dalam menjalani hari demi hari yang tidak bisa ditebak. Kita tidak sendiri di dunia ini, melainkan ada banyak orang diluar sana yang mempunyai kepentingan yang sama maupun yang berbeda dengan diri ini. Oleh karena itu, kita harus sabar sampai kepentingan kita diperhatikan dan keadaan kita dibaikkan.

    Dalam suatu pergesekan sosial (lebih dikenal sebagai konflik), semua orang berhak marah..... Tidak masalah anda marah, ini sangat manusiawi. Sayang sekali ada banyak "side effect" dari kemarahan anda. Terkadang efek samping ini tidak disadari, awalnya. Setelah tersandung batunya, barulah banyak orang menyadari ketelodorannya. Review kemarahan dari sisi kesehatan beredar luas di internet. Berikut Review dari saya dari sisi moral: upload_2015-10-18_8-16-46.gif

    1. Jika anda marah, emosional/amarah didepan. Anda cenderung kehilangan diri anda yang sebenarnya. Anda bertindak diluar logika (tidak logis). Terkadang tidak sadar dengan keadaan. Anda cenderung egosentris

    2. Jika anda sabar pikiran/intelektual di depan. Ketika anda mampu bersabar ditengah panasnya emosi, itu artinya pengendalian diri anda berada ditingkat menengah keatas. Dengan demikian anda mampu mengefektifkan hidup di saat orang lain mengalami kemunduran moral.

    3. Marah: Pikiran anda kacau. Emosi yang cenderung meningkat membuat anda tidak bisa berpikir dengan jernih, cenderung berpikir pendek bahkan membabi-buta.

    4. Sabar: Berpikir jernih.Sikap anda yang tetap tenang membuat anda selalu bisa memusatkan energi positif ke kepala anda sehinga anda dapat melakukan banyak hal yang positif juga.

    5. Kemarahan menguras energi. Melampiaskan amarah denang kata-kata "mencolok" plus tangannya juga ikut di mainkan sehingga perkakas yang disekitarpun menjadi korban. Sungguh memprihatinkan, Tidak sedikit orang yang memandang anda dengan sinis.

    6. Sabar: Efisiensi Energi. Situasi yang memanas, biasanya banyak orang menjadi sangat "reaktif". Orang-orang mulai menyalahkan si-ini dan si-itu, Anda malat tetap tenang dan mulai berpikir bagaimana jalan keluar masalah itu.

    7. Marah: Merugikan diri sendiri dan orang lain. Saat anda berada di dalam "roknya" kemarahan, dipastikan anda lepas kendali dan cenderung menyakiti orang-orang disekitar anda juga diri sendiri. Mulai dari berkata kotor dan kasar terhadap orang lain sampai menggunakan tangan.

    8. Sabar: Sesaat mungkin anda merasa dirugikan, seolah anda lemah dan cemen dimata orang lain. Sesungguhnya, dengan bersabar di tengah panasnya amarah, anda menunjukkan diri sebagai orang besar dan pantas di jadikan panutan.

    9. Marah: Citra anda tercoreng. Berada dibawah pengaruh emosional cenderung membuat banyak orang bertindak ceroboh. Melakukan hal yang sesungguhnya tidak pantas dan tidak layak anda lakukan. Inilah yang membuat citra baik yang anda bangun selama ini berkurang bahkan hilang.

    10. Sabar: Anda akan disegani. Ketika orang lain menyaksikan "pengendalian diri anda di luar rata-rata, mereka akan heran melihatnya. Sikap anda yang diluar biasanya ini membuat anda di kagumi dan di segani.

    11. Marah: Anda dijauhi orang. Jika anda selalu mengekspresikan kemarahan. Anda akan di cap sebagai orang yang emosional. Beberapa orang menjaga jarak dengan anda bahkan mereka cenderung menjauh guna meminimalisir resiko tersentuh, terdengar dan terkena dampak kemarahan anda yang membuat banyak orang "tidak nyaman".

    12. Sabar: Kebanyakan orang bersimpati terhadap anda. Anda adalah orang yang tetap tenang disaat orang lain kehilangan pikiran mereka. Banyak orang yang mau menjalin hubungan baik dengan anda.

    13. Marah: Ada orang yang mencoba "memancing di air keruh".Mungkin anda tidak tahu, mereka ini biasanya tersenyum menyaksikan kemarahan anda. Padahal belakang mereka mejelek-jelekkan anda di depan orang lain bahkan di depan Boss.

    14. Sabar: Tidak ada kesempatan untuk merendahkan anda. Orang-orang yang dendam kepada anda tidak punya alibi untuk menjelekkan anda di hadapan orang lain.

    15. Referensi yang lain mengatakan bahwa amarah mengganggu kesehatan. Silahkan googling jika anda hendak mengetahuinya lebih lanjut.

    16. Jika anda lebih banyak bersabar itu artinya kesempatan anda tersenyum lebih banyak. Senyuman anda menyehatkan. Tidak percaya! silahkan googling bro.....
    Dalam semua ketidaknyamanan yang menghampiri anda, tidak salah untuk marah. Akan tetapi, ingatlah untuk berhenti.
     
    LASTU FLORA and localhost like this.
  2. localhost

    localhost Member

    Joined:
    Sep 14, 2015
    Messages:
    108
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Mudah untuk marah tapi harus banyak belajar untuk sabar....:)
     
  3. mang bragas

    mang bragas Member

    Joined:
    Dec 3, 2014
    Messages:
    124
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Lebih baik marah dengan cara yang elegant.
     
  4. dani hamdani

    dani hamdani Member

    Joined:
    Jul 30, 2015
    Messages:
    391
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    lebih baik sabar.., tapi sabar kan ada batasnya...ehehehehe*akhirnya*
     
  5. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    sabar dooong .... ..............
     
  6. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,097
    Likes Received:
    2,688
    Trophy Points:
    413
    Marah Itu Mudah, Sabar Itu Indah :D
     
  7. zonamers

    zonamers Member

    Joined:
    Jul 24, 2015
    Messages:
    594
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    wkwkkwwk gambar ilustrasinya lucu bin imut den :D:D:D
    pecahkan saja lah gelasnya :D
     
  8. jajakakulon

    jajakakulon Member

    Joined:
    Jul 5, 2014
    Messages:
    73
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    sabar itu sebuah kata sederhana namun perlu latihan dan kesungguhan dalam aplikasinya. kenapa sabar susah? karena balasannya syurga "Alloh bersama orang2 yang sabar". Great Job Gan. :)
     
  9. ferdian

    ferdian New Member

    Joined:
    Oct 18, 2015
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    coba sabar dalam memarahi
     
  10. Iya namun terkadang

    Marah
    - Bikin lega
    Sabar
    - Bikin hati nggrundel
    :D
     
  11. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,727
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Mantap bener nih artikelnya... tadinya mau marah sampe gak jadi.. :D:p
     
  12. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    762
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    sabar...ane sih berusaha tetap sabar dalam keadaan marah apapun, yang paling banyak godaan marah tu di jalan..haha
    "orang yang kuat bukan orang yang bisa membanting lawan, tapi orang yang kuat adalah yang bisa bersabar" (Rasulullah SAW)
     
  13. Franky Sitepu

    Franky Sitepu Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    199
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    kang pertanyaannya susah banget saya menjawabnya kang? ada pilihan yang lain tidak ya...marah nanti cepet tua, kalau sabar nanti di boohing mulu...hahaha
     
  14. Wahyu Fadillah

    Wahyu Fadillah Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    204
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    Nabi kita sudah mengajarkan tentang hakikat sabar .... ingat sabar itu tak ada batasnya, kalau ada yang bilang sabar ada batasnya berarti dia itu sudah tidak sabar *interupsi*. Jadi bersabarlah *huh*
     
  15. bespe

    bespe Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    949
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    terkadang ane bisa mengalahkan marah,,tapi seringnya ane kalah sama amarah:D
     
  16. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,353
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Marah dari setan, sabar dari Tuhan. Makanya kalo sedang kesetanan, segera inget Tuhan dengan ber-istighfar, kalo tidak setan akan semakin besar, dan kita akan semakin mungkar.
     
  17. begifa

    begifa New Member

    Joined:
    Apr 23, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Setujuuuuu.......*bagus*
    Sabar dari Tuhan, Kalau marah dari setan.*keren3*
     
Loading...

Share This Page