Lebih Pilih Mana, Investasi atau Tabungan?

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Dec 24, 2017.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    138
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Investasi dan tabungan adalah dua hal yang hampir sama. Persamaannya terletak pada tujuan, yaitu mengumpulkan dana untuk keperluan masa depan. Namun, meskipun memiliki tujuan yang sama, investasi dan tabungan adalah dua hal yang berbeda lho. Dimana letak perbedaannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

    Investasi

    Investasi adalah langkah menanamkan modal dengan harapan akan mendapat manfaat lebih di masa depan. Investasi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya jangka panjang sehingga nggak bisa digunakan untuk kepentingan mendadak. Beberapa jenis investasi yang umum dilakukan di Indonesia adalah properti, saham, emas dan reksadana.

    Sebagai contoh, jika kamu melakukan investasi properti, resiko yang akan kamu tanggung lumayan tinggi. Meski begitu, pertambahan nilai asetnya lebih cepat lho. Dalam jangka waktu 2 tahun saja, investasi properti menjanjikan keuntungan lebih dari 20%! Menguntungkan banget ‘kan?

    Tabungan

    Sementara itu, tabungan adalah proses penyimpanan sebagian dari pendapatan untuk kepentingan masa depan atau keperluan tertentu. Tabungan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang dan jangka pendek. Nah, tabungan ini umumnya merupakan sebuah produk dari bank. Ada beberapa jenis tabungan yang umum ditawarkan oleh bank, salah satunya adalah tabungan jangka pendek yang berfungsi untuk berjaga-jaga.

    Mana yang Lebih Menguntungkan?

    Baik investasi ataupun tabungan, keduanya sama-sama menguntungkan. Tabungan bisa dijadikan sebagai dana darurat ketika dibutuhkan, berbeda dengan investasi yang keuntungannya baru bisa kamu rasakan pada jangka waktu tertentu. Namun, jumlah saldo tabungan terbatas sehingga kamu memiliki batas maksimal untuk menabung. Nilai saldonya pun bisa berkurang karena tergerus potongan biaya admin dan pajak. Selain itu, nilai mata uang yang terus berubah keuntungan dari menabung tak sebesar keuntungan dari investasi.

    Lalu, mana yang harus kamu pilih? Tentu saja hal ini harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi keuanganmu. Karena pada intinya, baik berinvestasi maupun menabung memiliki tujuan menghimpun dana untuk masa depan, hanya penerapannya saja yang berbeda. Akan tetapi, jika kamu sudah memiliki tabungan dan masih bisa menyisihkan gaji, berinvestasi tentu nggak masalah ‘kan?
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    231
    Likes Received:
    62
    Trophy Points:
    28
    Jadi kesimpulannya: Menurut yang bikin TS sendiri bagaimana baiknya, lebih menguntungkan menabung atau berinvestasi?
     
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Keduanya pusa sisi posisit dan negati, tabungan lebih aman, investasi mengandung resiko tinggi tapi jika pengetahuan luas dan pintar kelola nya akan mendapat keuntungan yg jauh lebih besar dibandingkan hanya ditabung
     
  4. Unmetered

    Unmetered Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    Pilih INVESTASI saja, uang kok disimpan...:D
     
  5. idan

    idan Member

    Joined:
    Oct 29, 2017
    Messages:
    141
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Ya investasilah, walaupun uang bejibun paling buat nabung 30% inves 70%
     
  6. hamidi

    hamidi Member

    Joined:
    Mar 20, 2013
    Messages:
    106
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Investasi lebih menjanjikan, let's your money work for you*merokok2**merokok2**merokok2*
     
  7. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    255
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    pilih tabungan dengan bunga 6 persen pertahun, kalo duitnya 100 Milyar,,bunga nya dapet berapa tuh,,makin kaya saya :D
     
  8. Nababan

    Nababan New Member

    Joined:
    Dec 26, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kalo mau aman ya nabung aja , Kan yang namanya investasi ada untung ruginya !! Kalo lagi untung syukur ya kalo rugi ngelamun :D , beda kalo nabung , ga untung ga rugi segitu gitu aja :D
     
  9. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    22nya tetap penting sih, Kalau short time mending tabungan kalau long time tentu lebih baik investasi
     
Loading...

Share This Page