Liburan Sendiri? Ini Tips Memilih Penginapannya

Discussion in 'Tourism' started by reyhanivandi30, Sep 24, 2019.

  1. reyhanivandi30

    reyhanivandi30 Member

    Joined:
    Dec 1, 2013
    Messages:
    395
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Mencoba pergi liburan sendirian sepertinya menyenangkan juga. Bisa bebas kemana saja, tak terikat jadwal siapapun.

    Tapi tetap ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah dimanakah Anda akan menginap selama liburan nanti?

    Memang buat sebagian orang terkesan sepele, tapi ketika penginapannya jauh dari ekspektasi pasti akan berdampak pada mood liburan bukan?

    Banyak jenis penginapan yang ada di berbagai daerah. Mulai dari penginapan skala kecil dengan fasilitas minim hingga penginapan berstandar bintang lima dengan fasilitas fantastis. Harganyapun pasti berbeda-beda.

    Tapi kalau jeli mencari dan dipersiapkan dengan matang, bisa saja Anda dapat tempat menginap yang nyaman tanpa harus keluar duit banyak.

    Tips Memilih Penginapan untuk Solo Traveler

    Untuk bisa mendapatkan penginapan terbaik di jadwal liburan Anda nanti. Setidaknya ada lima hal yang harus diperhatikan, yaitu keamanan, budget, lokasi penginapan, fasilitasnya serta bagaimana testimoni pengunjung disana.

    Dengan begitu setidaknya bisa meminimalisir masalah yang akan mengganggu waktu terbaik Anda nanti.

    1. Keamanan

    Sangat penting untuk mengetahui bagaimana sistem keamanan sebuah penginapan. mulai dari keamanan saat berada di dalam kamar terkait barang-barang bawaan, juga keamanan fasilitas penginapan.

    Seperti sistem penguncian pintu dan jendela, hingga siapa saja yang bisa keluar masuk penginapan, apakah ada CCTV atau tidak.

    Hal ini akan lebih ditekankan jika Anda memilih penginapan yang terbilang murah. Sebab dari sejumlah pengalaman para traveler, sistem keamanan disana kurang maksimal, sehingga rentan membuat pengunjung mengalami kerugian.

    2. Budget

    Pilihlah penginapan sesuai budget yang Anda siapkan, kalau bisa cari yang lebih murah dengan fasilitas lengkap.

    Tipsnya ketika akan liburan harus ada dua pos anggaran. Satu khusus untuk penginapan dan jangan lupa lebihkan untuk biaya tak terduga.

    Satu lagi khusus untuk rekreasi dan belanja selama liburan, sehingga Anda aman berlibur.

    Jangan takut tak dapat penginapan sesuai budget, karena saat ini sudah banyak jenis penginapan yang ditawarkan dengan harga bersahabat.

    Salah satu jenis penginapan dengan kualitas bagus namun harga bersahabat, yakni hotel kapsul. Per malamnya berkisar 90-150ribuan.

    3. Dekat Objek Wisata

    Ketika memilih penginapan yang dekat dengan objek wisata target liburan Anda, maka akses akan semakin mudah, dan bisa menekan budget transportasi.

    Jangan khawatir karena biasanya di setiap objek wisata favorit, sudah berdiri berbagai penginapan bagi pelancong, tinggal Anda saja yang menentukan mau menginap dimana.

    Sebagai tips, pilih yang berada di dekat beberapa objek wisata, agar Anda tak perlu bingung lagi.

    Contohnya di sebuah daerah ada wisata air terjun, wisata kuliner dan wisata budaya maka Anda pilih penginapan yang berdekatan dengan ketiga lokasi tersebut.

    Biasanya, jenis penginapan yang dekat dengan lokasi wisata ini berupa villa atau cottage. Misalnya puti sari banilai yang dekat dengan wisata lembah harau, Sumatera Barat. Cocok untuk yang mencari penginapan di harau.

    4. Fasilitas Sesuai Kebutuhan

    Jika tujuan liburan Anda untuk rekreasi dan beristirahat, tentu butuh penginapan dengan fasilitas nyaman. Tapi jika ingin jadi backpacker alias liburan mencari hal-hal baru maka penginapan yang hanya sekadar untuk tempat tidur saja sepertinya cukup.

    Hal ini harus dipersiapkan agar tak jadi kendala saat waktu istirahat tiba.

    5. Cek Ulasan Pengunjung

    Dengan kecanggihan teknologi saat ini, banyak penginapan yang memiliki website sendiri atau tergabung dalam situs pencarian hotel.

    Disana bisa dilihat testimoni para tamu tentang kondisi hotel dan semua hal berkaitan dengan hotel. Carilah yang mendapat testimoni positif lebih banyak. Setidaknya itu bisa jadi acuan bahwa kondisi penginapan itu sesuai yang Anda mau.

    Setelah mengantongi hasil maksimal dari lima poin di atas, maka penginapan yang Anda cari sudah di depan mata.

    Tinggal melakukan cek dan ricek ulang, bila perlu minta kerabat atau teman yang tinggal di kawasan penginapan untuk memastikan kondisinya.

    Setelah itu tinggal reservasi dan nikmati liburan dengan fasilitas penginapan sesuai impian.

    Selamat liburan!
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,213
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Sekarang ini sudah jarang bisa liburan kemana gitu, sudah tidak muda lagi
    kalau libur sekarang sibuknya dirumah saja, ngurus keluarga
     
  3. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    255
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Persiapan Budget sudah menjadi opsi yang seringkali dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menginap
     
Loading...

Share This Page