Lima Cara Internet Service Provider Memaksimalkan Jaringan Nirkabel

Discussion in 'Internet Service & Networking' started by lucky sucipto, Mar 2, 2017.

Tags:
  1. lucky sucipto

    lucky sucipto New Member

    Joined:
    Jan 18, 2017
    Messages:
    27
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    HYPERNET – Dalam layanan Internet Provider Jakarta ada beberapa pilihan broadband yang dapat digunakan perusahaan sebagai jaringan koneksi internet. Salah satunya jaringan yang paling banyak digunakan adalah koneksi nirkabel atau biasa dikenal dengan WiFi karena dianggap memiliki beberapa keunggulan. Namun, jaringan nirkabel juga memiliki kelemahan dibandingkan koneksi kabel yang kerap kali terjadi, yaitu kestabilan sinyal yang disebabkan oleh kondisi ruangan, konfigurasi serta perangkat pendukung. Untuk mengatasi masalah ini internet service provider (ISP) memberikan solusi guna meningkatkan serta memaksimalkan jangkauan tersebut dengan 5 cara berikut:
    [​IMG]
    Tempatkan router di pusat ruangan. Penempatan wireless router adalah langkah pertama yang harus dipikirkan. Pastikan router berada di pusat ruangan yang tidak memiliki banyak sekat atau pembatas dinding, tempat semua karyawan bekerja.Langkah ini untuk memaksimalkan daya pancar sinyal ke segala penjuru.

    Update firmware perangkat pendukung. Banyak pengguna internet yang tidak mengetahui mengenai firmware. Firmware merupakan perangkat lunak atau bisa disebut sebagai program yang bersifat tetap, yang tertanam pada unit perangkat keras seperti alat-alat elektronik, alat telekomunikasi dan komponen-komponen komputer. Firmware juga terdapat pada setiap perangkat router WiFi. Bagi perusahaan yang menggunakan jaringan nirkabel, pemeriksaan rutin situs pembuat perangkat router adapter yang digunakan sangatlah penting untuk mengetahui update firmware terbaru. Pembaruan firmware ini tidak hanya meningkatkan kemampuan saja, melainkan juga keamanan pada jaringan internet.

    Tentukan channel terbaik. Dalam satu lingkungan perkantoran sangatlah mungkin akan terdapat sinyal WiFi lainnya yang tertangkap. Hal ini juga dapat mengakibatkan intervensi dan mengganggu sinyal WiFi yang perusahaan Anda gunakan, apalagi mereka menggunakan channel yang sama. Maka dari itu, gunakan program, seperti netstumbler untuk mengecek beberapa jaringan wireless beserta channel yang digunakan oleh kantor sekitar Anda.

    Tambahkan range extender atau repeater. Sebelum pindah ke layanan ISP lainnya kerena jaringan WiFi tidak terjangkau, coba dengan menambah perangkat tambahan, seperti range extender atau repeater. Solusi ini biasanya akan cukup membantu jika ruangan kantor Anda dikelilingi sekat, dinding atau berbeda lantai yang dapat menghalangi sinyal WiFi.



    Pastikan ISP memberikan perangkat router nirkabel frekuensi tinggi. Saat ini teknologi wireless router telah masuk ke standar AC, dimana telah menggunakan frekuensi 5GHz yang memiliki teknologi beamforming yang memiliki jangkauan yang luas dan cepat.

    Sumber
     
    Last edited: Mar 7, 2017
  2. ninabobo

    ninabobo Member

    Joined:
    Sep 27, 2016
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    mantap dah emang masuk akal bget tuh...

    terutama penggunaan repeater
     
Loading...

Share This Page