Lima Langkah Mengatur Keuangan Keluarga

Discussion in 'General Business' started by Ikhlas, Nov 11, 2016.

  1. Ikhlas

    Ikhlas Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    119
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Ketika sebelum berkeluarga mengatur keuangan mungkin bukan hal yang terlalu sulit, kita hanya mengelola keuangan untuk diri kita sendiri.

    Namun bagaimana jika telah berkeluarga, apakah mengatur keuangan menjadi hal yang sulit. Memang sebagian orang memiliki kesulitan untuk mengelola keuangan bahkan saat dia belum berkeluarga.

    Namun kadang kala sebagian orang justru bisa mengatur keuangan setelah berkeluarga. Mengapa, karena saat berkeluarga banyak sekali kewajiban atau kebutuhan yang harus dipenuhi bersama-sama sehingga memberikan motivasi untuk bisa mengatur keuangan keluarga dengan baik supaya setiap kebutuhan dapat tercukupi.

    Untuk itu perlu cara untuk mengatur keuangan keluarga agar menjadi lebih mudah. Berikut beberapa tips untuk mengatur keuangan keluarga yang bisa kita ikuti:

    1. Membuat Anggaran Belanja
    Membuat anggaran keluarga setiap bulannya akan sangat membantu kita untuk mengatur keuangan keluarga. Anggaran belanja ini disesuaikan dengan jumlah pendapatan setiap bulan.

    Dengan demikian, kita akan bisa mengatur pendapatan tersebut sehingga dapat memenuhi kebutuhan keluarga selama satu bulan, bahkan bila perlu dapat menyisihkan dari pendapatan tersebut untuk menabung.

    2. Usahakan untuk Cukup
    Usahakan untuk mencukupi setiap kebutuhan primer dengan penghasilan yang didapat atau sesuai dengan anggaran yang telah dibuat.

    Jika memang semua kebutuhan primer telah tercukupi boleh saja untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan tersiernya asalkan sesuai dengan anggaran yang telah dibuat. Dengan begitu, penghasilan kita dapat mencukupi untuk setiap kebutuhan atau pengeluaran.

    3. Menabung
    Menabung merupakan salah satu bagian penting dari sebuah pengelolaan keuangan, tidak terkecuali dalam mengelola keuangan keluarga.

    Menabung bisa dimasukkan ke dalam anggaran setiap bulan yang wajib untuk dilakukan. Dengan menabung akan membantu keluarga dalam mempersiapkan masa depan yang baik atau untuk menghadapi segala kondisi yang tidak terduga, seperti menghadapi kondisi pailit, sakit, atau bahkan kecelakaan.

    4. Mengikuti Asuransi
    Selain menabung, mengikuti asuransi merupakan salah satu pilihan yang bisa kita ambil untuk membantu mengelola keuangan keluarga. Dengan mengikuti asuransi kita akan mendapatkan suatu kemudahan dalam jangka waktu panjang.

    Misalnya saja mengikuti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, dan asuransi lainnya sesuai dengan kebutuhan setiap keluarga.

    5. Berinvestasi
    Berinvestasi bisa menjadi langkah atau cara dalam mengatur sebuah keuangan. Melakukan investasi dengan cara menanamkan sejumlah uang sebagai modal dan kemudian harapannya uang sebagai modal tersebut dapat berkembang.

    Jadi kita akan mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut. Namun perlu diperhatikan saat akan melakukan investasi. Pastikan kita berinvestasi untuk hal yang baik dan dapat dilihat perkembangannya. Jangan uang yang kita tanamkan sebagai modal malah tidak jelas arahnya dan kita kehilangan uang tersebut. (sumber)
     
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,774
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Menabung udah cukup :D
     
  3. Margareth

    Margareth Well-Known Member

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    1,077
    Likes Received:
    144
    Trophy Points:
    63
  4. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,637
    Likes Received:
    756
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    kedepan dana umum, kebelakang kesempatan :D
     
  5. Ceratin75

    Ceratin75 New Member

    Joined:
    May 18, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Nabung, invest, sama bikin anggaran belanja itu sudah cukup. Yang penting jangan boros!
     
Loading...

Share This Page