Limbah Plastik Yang Merugikan Bisa Di Manfaatkan Lho

Discussion in 'Education' started by wariorseiya, Oct 20, 2017.

  1. wariorseiya

    wariorseiya New Member

    Joined:
    Feb 22, 2017
    Messages:
    27
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Secara fungsi yang namanya plastik tentu sangat berguna jika di manfaatkan menjadi barang jadi, namun jika sudah bicara limbah kemasan plastik, anda pasti akan di hadapkan pada persoalan besar yakni Pencemaran Lingkungan. Plastik sendiri merupakan salah satu limbah/sampah yang bisa dibilang mempunyai sifat urai yang paling lama.

    [​IMG]

    Bayangkan saja jika satu limbah plastic di buang maka membutuhkan waktu 20-25 tahun untuk terurai secara alami. Maka bisa dibayangkan jika limbah plastic tidak di olah dengan benar, puluhan hingga ratusan tahun kedepan bumi ini sudah penuh dengan limbah plastic.

    Indonesia merupakan salah satu negera dengan tingkat penggunaan material plastic cukup besar. Ada beberapa jenis barang yang berbahan dasar plastic kerap di gunakan mulai dari perangkat rumah tangga hingga ke industry barang jadi. Dan efeknya?Limbah yang di hasilkannya pun tak terhitung banyaknya

    Beruntungnya di Indonesia, kita mempunyai mata rantai pengolahan plastic yang cukup baik. Walau sedikit nyinyir tetapi percayalah hal ini sangat amat efektif untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang di sebabkan oleh plastic.

    Mata rantai pekerjaan daur ulang plastik pada umumnya bermula dari :

    Pemulung
    Pengepul
    Penggilingan bahan daur ulang dengan Alat Press
    Pembuatan pelet / biji plastik
    Pabrik pembuatan peralatan /perabotan.

    Di tanah air, hampir sebagian besar limbah plastic di daur ulang. Proses ini melibatkan banyak material dan alat press plastik yang di gunakan sesuai dengan fungsinya. Adapun proses pencetakan plastik daur ulang dapat menggunakan teknologi sederhana dan harganya pun dapat terjangkau oleh pelaku daur ulang plastik yang bermodal kecil. Dengan demikian maka diharapkan bahan baku daur ulang tidak harus selalu dikirim ke industri besar yang memerlukan transportasi tambahan tetapi cukup dicetak di tingkat lapak.

    Pada level menengah kebanyakan material limbah plastic yang telah di olah sudah berubah wujud menjadi plastic cacah. Ada juga beberapa pengepul yang sudah mencetak kiloan limbah hanya dengan bermodalkan alat sederhana.


    Gak hanya limbah yang di olah menjadi barang jadi, Ada juga berbagai macam cara dalam menanggulangi sampah plastic yang bisa anda lakukan di rumah. Cara paling sederhana bagi anda yang ingin menanggulangi sampah plastic adalah dengan cara di bakar.

    Membakar Limbah kemasan Plastik
    Membakar sampah adalah cara sederhana dan paling banyak dilakukan untuk mananggulangi sampah. Menurut gomumu cara ini adalah cara yang paling murah untuk menghancurkan sampah plastik, namun sangat tidak dianjurkan. Why?
    Asap yang ditimbulkan dari membakar sampah plastik adalah berbagai macam racun seperti Karbonmonoksida, Klorin, Dioksin, Benzopirena dan lain-lain. Hmmmm bagus tapi tidak di anjurkan di lakukan dalam kondisi lingkungan yang padat.

    Nah gimana?? Memang paling mudah memanfaatkan limbah plastic dengan cara menjualnya kepada pengepul. Dengan begini anda bisa dapat uang saku tambahan sekaligus mampu menjaga lingkungan menjadi lebih sehat dan nyaman
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    432
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    28
    Saat ini banyak pemulung yang mencari limbah rumah tangga yang tidak terpakai, pengusaha pemulung sebagai pengepul bisa mendapoatkan hasil yang besar karena limbah
     
  3. KarimG91

    KarimG91 New Member

    Joined:
    Oct 10, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sebenarnya memang bisa mengolah berbagai macam limbah untuk diubah sebagai sesuatu yang berguna.
    Ga cuman limbah plastik yang bisa dimanfaatkan jadi barang-barang yang bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, tapi kayak limbah air juga bisa diolah buat dijadikan sebagai air bersih...*dizzy*
     

Share This Page