Lindungi Perjalanan Umroh Anda dengan Mempersiapkan Hal-Hal Berikut

Discussion in 'General Lifestyle' started by Samuel Samuel93, Nov 29, 2017.

  1. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    489
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Asuransi Perjalanan Umroh (sumber: shutterstock.com)​

    Secara resmi pemerintah Indonesia telah merilis beberapa aturan yang mengatur mengenai syarat keberangkatan umroh ataupun haji. Umroh maupun Haji hanya boleh di lakukan dengan mendaftarkan diri pada biro perjalanan atau travel yang telah berlisensi resmi. Hal tersebut dikarenakan pengurusan dokumen perjalanan seperti visa tidak boleh didaftarkan secara perseorangan. Namun belakangan ini justru tengah trend umroh ala backpacker dimana berbagai keperluan di urus sendiri tanpa menggunakan jasa agen perjalanan.

    Jika diihat dari segi kelebihannya, tentunya umroh ala backpacker ini memiliki kelebihan dari segi biaya serta waktu yang lebih efisien. Selain itu itinerary selama Kita umroh pun bebas Kita atur sendiri. Artikel Kita kali ini tidak akan membahas apa saja tujuan yang dilakukan selama dalam umroh backpacker. Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan umroh ala backpacker. Berikut ulasannya :

    Tiket Pesawat Promo

    Salah satu hal yang wajib di cari bagi backpacker adalah tiket pesawat promo. Begitupun untuk Anda yang akan melakukan perjalanan umroh dengan sistem backpacker. Carilah pesawat dengan tujuan Jeddah, jika Anda beruntung Anda bisa mendapatkan harga Rp 1,3 juta pulang pergi. Saat ini beberapa maskapai low cost carrier pun telah membuka rute Jakarta – Jeddah. Dengan budget yang kecil untuk tiket pesawat tentunya Anda akan lebih diuntungkan lantaran harga normal tiket Jakarta – Jeddah berkisar antara Rp 6 – 7 juta, bahkan di beberapa maskapai full service bisa mematok harga tiket mencapai Rp 11 juta untuk perjalanan pulang pergi.

    Untuk mendapatkan penerbangan dengan harga yang murah, pilih lah maskapai yang non-direct flight yang mana artinya penerbangan akan melakukan transit di bandara Hub maskapai tersebut. Memang sedikit memakan waktu, namun bagi prinsip backpacker waktu nomor dua sedangkan budget adalah nomor satu untuk urusan transportasi.

    Penginapan

    Selanjutnya jika Anda telah mendapatkan harga tiket pesawat yang bersahabat, cari lah penginapan yang sesuai dengan budget backpacker. Untuk mempermudah mobilitas Anda, carilah hotel yang terletak di sekitar Masjidil Haram. Saat ini ada banyak sekali hotel budget dengan kisaran rate Rp 700.000 hingga Rp 1.000.000. Penginapan selama Anda melakukan ibadah umroh tentunya bukan lah hal yang terlalu diutamakan karena tujuan Anda mendatangi tempat umroh adalah untuk beribadah, bukan hanya untuk liburan semata.

    Wisata Religi

    Selain melakukan serangkaian prosesi ibadah, jangan lupa untuk memasukkan wisata religi dalam itinerary Anda. Beberapa spot wiaata religi terdapat di Mekkah dan Madinah tersebut antara lain Gua Hira, Jabal Rahman, dan Jabal Nur. Sebelum memasukkan spot wsiata tersebut dalam itinerary Anda, pastikan budget untuk dapat menikmati tempat wsiata religi tersebut.

    Asuransi Perjalanan Umroh dan Asuransi Kecelakaan Diri

    Satu hal yang tak boleh ketinggalan selama Anda melakukan aktivitas umroh ala backpacker ini adalah dengan membeli asuransi perjalanan dan asuransi kecelakaan diri. Hal ini guna menghindari berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi selama Anda umroh, hal ini pun dikarenakan perbedaan cuaca di Mekah dengan Indonesia yang cukup berbeda jauh. Untuk mendapatkan asuransi perjalanan, Anda bisa mencari melalui website resmi asuransi asuransi perjalanan terpercaya maupun melalui website website marketplace asuransi.

    Asuransi perjalanan ini tergolong cukup penting bagi Anda yang ingin melakukan umroh backpacker. Hal ini dikarenakan perjalanan Anda tidak diorganize atau diatur oleh biro perjalanan, yang mana artinya jika suatu saat Anda mengalami musibah selama melakukan umroh tak ada yang dapat membantu Anda.

    Mengurus Visa


    Dan yang terakhir adalah pengurusan visa perjalanan sebagai salah satu syarat memasuki Negara lain. Seperti yang telah di sampaikan sebelumnya, pengurusan visa perjalanan umroh ini tak bisa di lakukan oleh perseorangan, solusinya Anda bisa meminta bantuan biro perjalanan untuk mengurus visa umroh Anda.

    Demikian lah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan umroh ala backpacker. Selalu perhatkan syarat syarat dan ketentuan baik sebelum dan selama umroh berlangsung agar ibadah Anda lancar dan tentunya menjadi lebih menyenangkan. Semoga berguna!
     
  2. davidrahman

    davidrahman Active Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    848
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
Loading...
Similar Threads - Lindungi Perjalanan Umroh
  1. daftarhajiumroh
    Replies:
    2
    Views:
    2,949

Share This Page