Lingkungan atau Industri - Pilih mana?

Discussion in 'General Lifestyle' started by lasealwin, Nov 17, 2015.

  1. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    [​IMG]

    Inovasi dibidang industri menghasilkan sesuatu yang “waw“. Mulai dari barang yang sederhana, plastik sampai kepada barang yang ekstra canggih, gadget. Fokus manusia tidak ada lagi pada hal-hal yang sederhana karena itu tidak menarik hati. Sebaliknya, semua teknologi, semua yang canggih, semua industri menjadi semakin tambun dan merambat pesat hingga ke pelosok.

    Manusia mulai lupa diri, lupa sejarah atau lebih tepatnya lupa akan asal-usulnya. Manusia hampir lupa akan Penciptanya, lupa akan hari-hari penciptaan pada zaman dahulu kala. Dalam banyak kepercayaan dan Kitab Suci, ada 6 hari penciptaan. Lima hari diperuntukkan untuk membangun lingkungan sedangkan 1 hari terakhir ditujukan untuk kita manusia. Kita tidak membahas masalah spiritual di sini. Mari melihat urutan penciptaan. Lima hari pertama dipersiapkan oleh Sang Pencipta untuk menopang kehidupan mahkluk yang diciptakan dihari terakhir, manusia. Sebagai ciptaan yang sempurna, kehadiran kita harusnya melengkapi bumi ini, bukan memunahkan ciptaan lainnya (lingkungan alam).

    Dari jaman dahulu kala manusia terus bertahan dan lingkunganlah yang menopang kehidupan kita. Hingga manusia benar-benar bisa mengaktualisasikan diri dan memandang sesuatu yang lebih dari lingkungan sekitarnya. Fokus manusia tidak lagi tertuju pada alam seadanya melainkan mulai berinovasi dan menghasilkan sesuatu yang baru yang disebut teknologi. Tanpa disadari, teknologi yang membawa pada kemudahan demi kemudahan itu membuat manusia lupa akan alam sekitarnya.

    Semakin hebat suatu teknologi semakin banyak sisa hasil prpduksi dan semakin tinggi efek buruknya terhadap lingkungan. Teknologi demi teknologi sudah dihasilkan mungkin ada miliaran bahkan triliunan hasil teknologi yang bertebaran di seluruh dunia.

    1. Coba bayangkan sisa hasil produksi pembuatan teknologi (industri).
    2. Caba bayangkan berapa banyak kerusakan yang ditimbulkan oleh teknologi selama ia beroperasi.
    3. Coba bayangkan berapa banyak hasil teknologi yang telah tua, rusak dan terbuang dimana-mana.
    Sadar atau tidak, teknologi telah merusak lingkungan yang selama ini telah menopang hidup kita. Kerusakan lingkungan telah mendorong perubahan iklim yang pesat (pemanasan global) yang dimanfaatkan pihak Industri. Tampillah teknologi (industri) memberi solusi gantung, padahal sebenarnya peran tersebut dilakukan oleh lingkungan secara alami:

    1. Mulai dari air. Mata air telah mengering, sumur-sumur semakin dalam, sungai-sungat telah tercemar. Bahkan kini air cuci sempak harus dibeli apalagi air untuk dikonsumsi ada harganya.
    2. Kipas angin. Angin sepoi-sepoi tidak ada lagi karena pohon kebanyakan sudah di tebang.
    3. Air Conditioner. Baru pagi-pagi sudah panas malamnya apalagi. Kesejukan sudah tidak ada lagi, hutan disekitar rumah telah alih fungsi.menjadi pemukiman.
    4. Hujan buatan. Kekeringan berbulan-bulan meyebabkan paceklik dimana-mana. Hutan-hutan telah diubah selurahnya menjadi pertanian. Suatu wilayah tidak lagi memiliki paru-paru hijau untuk menarik hujan.
    5. Belum lagi bencana demi bencana yang timbul karena pembalakan liar, ilegal logging, pembakaran hutan. Kita harus mengeluarkan uang yang lebih untuk teknologi (hasil industri) agar bisa mengatasi dan menanggulangi bencana yang seharusnya tidak terjadi ini.
    6. dan masih banyak lagi barang-barang hasil industri yang sebenarnya sudah disediakan oleh alam secara alami
    Mari kita berpikir jernih, kebutuhan yang sebenarnya sudah disediakan oleh alam kini harus kita beli dengan harga mahal. Mengapa kita tidak sadar-sadar juga, karena kebringasan terhadap lingkungan membuat kita merogok tabungan lebih dalam untuk di bayar ke negara lain yang katanya “hebat berteknologi” (industri).

    Saya tidak bertujuan untuk menjadikan industri sebagai musuh kita. Tapi yang saya ingin sampaikan adalah “Kita manusia sebagai ciptaan yang sempurna harusnya menjadi pelengkap (penyempurna) bagi lingkungan sekitar. Pikiran kita yang tersistematis harusnya membuat kita mampu untuk memanage/mengatur lingkungan tetap eksis sembari mengembangkan teknologi untuk kehidupan yang lebih baik

    Sumber: Lingkungan Vs Industri
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,151
    Likes Received:
    2,701
    Trophy Points:
    413
    Inilah kenyataan yang harus dihadapi. Sifat keserakahan dan egoisme manusia masih ada dan terus ada.
     
  3. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    766
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    memang sih den, bener juga..semua sudah disediakan alam, tapi emang sifat manusia itu gak pernah puas dengan apa yang ada..
    ini mungkin juga salah satu jalan menuju yang namanya kiamat/ kehancuran...
     
  4. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,773
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    ironi nya kita lebih baik ikuti perkembangan saja, manusia makin banyak di dunia ini, otak manusia makin lama harus selalu makin berkembang. mau gamau alam yang harus dihancurkan (ironi), tugas kita hanya membagun kembali alam yang rusak dengan reboisasi. jika ada industri yang telah merusak alam secara masif, tugas kita melapor kepada pemerintah untuk lebih lanjutnya
     
  5. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    ya mudah2an pemerintah (manusia) secepatnya sadar akan bahaya di masa depan yang akan ditimbulkan den.
     
  6. 7hakapolar

    7hakapolar New Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalau saya kurang setuju kalo untuk barang Air Conditioner atau AC, karena memang kita negara tropis dan memiliki suhu udara yang panas. Jadi sah-sah saja kita memerlukan AC.
     
  7. artinur

    artinur Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    perkembangan teknologi skrg semakin maju dan semakin green aka ramah lingkungan. berharap kedepannya semakin ramah dg lingkungan
     
Loading...

Share This Page