Lulus Uji Dengan Cara Ini Bisa Lebih Menghemat Tagihan Listrik

Discussion in 'General Discussion' started by One's Excellent, Apr 24, 2016.

  1. One's Excellent

    One's Excellent Member

    Joined:
    May 11, 2015
    Messages:
    166
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Tentunya daya listrik yang besar menjadi kebutuhan masyarakat sekarang ini. Terlebih penggunaan alat elektronik menjadi konsumsi utamanya. Apabila alat elektronik dioperasikan secara bersamaan, maka cara otomatis akan memakan daya listrik yang lumayan besar serta menjadi pemicu membengkaknya tagihan listrik di akhir bulan.

    [​IMG]

    Tak bisa dipungkiri lagi bahwa listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting. Untuk menghindari biaya listrik yang membengkak, berikut tips-tips untuk menghemat tagihan listrik :

    1. Lampu

    Beli bohlam lampu sesuai kebutuhan Anda, karena kadang kita menggunakan bohlam yang terlalu terang. Misalnya, bohlam berkekuatan 75 watt hanya memerlukan 75% energi dibanding bohlam 100 Watt.

    2. Pendingin Ruangan (AC)

    Lokasi AC ternyata berpengaruh pada efisiensi energi listrik. Posisi pendingin ruangan yang menghadap langsung ke matahari akan mengakibatkan energi listrik lebih banyak terpakai untuk mendinginkan ruangan. Jaga kebersihan AC Anda dari kotoran dan debu secara teratur karena akan mengurangi dinginnya temperatur.

    3. Lemari Es (Kulkas)

    Jangan terlalu sering membuka pintu lemari es. Semakin sering dan lama Anda membukanya, energi listrik yang terpakai akan lebih banyak. Isi lemari es pun akan berpengaruh. Kalau separuh isi kulkas Anda kosong, listrik pun terbuang dengan percuma. Belilah lemari es dengan ukuran yang sesuai kebutuhan Anda.

    4. Mesin Cuci

    Cermatlah mengatur timer untuk mengurangi waktu mengeringkan baju dan penggunaan energi listrik. Jangan sampai terlalu lama mengeringkan pakaian. Selain membuang energi listrik, juga membuat bahan pakaian Anda lebih cepat rusak dan lebih parahnya, baju bisa menciut.

    5. Pemanas Air

    Memilih tipe yang tepat untuk pemanas air, artinya menghemat uang. Cari tahu berapa daya yang diperlukan, dan berapa banyak hasilnya. Tak perlu beli yang berkapasitas besar bila kebutuhan hanya sedikit.

     
    lasealwin likes this.
  2. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    460
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    pake lilin lebih hemat gak nih?
     
  3. Stevandy A

    Stevandy A Member

    Joined:
    Oct 31, 2015
    Messages:
    175
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kok judulnya "lulus uji" ya? Harusnya "tips dan trik utk hemat listrik"
     
  4. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,158
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    gak usah pakek listrik sekalian den, greget tuh wkwkwkw
     
  5. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,326
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Postingan yang dibuat masih kurang, sedangkan di web aslinya ada 10 :D
    Aduh2 *benci**pendekar**peringatan*
     
  6. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,878
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Hemat listrik lebih baik nden
    Untuk Indonesia yang lebih hijau dan masa depan yang lebih cerah. Terimakasih inspirasinya
     
  7. One's Excellent

    One's Excellent Member

    Joined:
    May 11, 2015
    Messages:
    166
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    ada yang lebih hemat pake cempor aja den .... *cinta*
     
  8. One's Excellent

    One's Excellent Member

    Joined:
    May 11, 2015
    Messages:
    166
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Karena awalnya memang uji atau ujian yang bikin kepala muter karena listrik membengkak. Sekarang sudah lebih hemat karena telah membuktikannya dengan cara ini, jadi LULUS UJI ... *bingung*
     
  9. One's Excellent

    One's Excellent Member

    Joined:
    May 11, 2015
    Messages:
    166
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Iya den bikin gereget aja .... *bagus*
     
  10. One's Excellent

    One's Excellent Member

    Joined:
    May 11, 2015
    Messages:
    166
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    ketinggalan sebagian lagi den ... *bergaya*
     
  11. One's Excellent

    One's Excellent Member

    Joined:
    May 11, 2015
    Messages:
    166
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    iya nden untuk antisipasi jangka panjang ...
     
  12. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,158
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    padahal mati listrik sebentar aja udah bingung haha
     
  13. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,326
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kalau bisa dibagikan semua :) Ini bukan sosial bookmark :)
     
Loading...

Share This Page