Macam-macam akronim pada mesin mobil modern yang belum diketahui banyak orang

Discussion in 'Otomotif' started by Lifesociety, Jan 19, 2017.

Tags:
  1. Lifesociety

    Lifesociety New Member

    Joined:
    Nov 22, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Saat ini, keberadaan mobil sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Untuk menjalankan fungsinya, mobil dilengkapi banyak teknologi untuk menemui aspek efisiensi.

    Mobil saat ini sudah sangat berbeda dengan jaman dulu khususnya dibagian mesin. Ada banyak sekali penambahan dan inovasi yang dilakukan pada sebongkah mesin.

    Terkadang kita sering menemui label-label di bagiab belakang mobil yang menandakan teknologi tambahan pada mesin. Namun, tahukah anda arti label-label tersebut?

    Untuk menjawab pertanyaan tersebut, inilah beberapa arti akronim yang sering tertempel dibagian belakang mobil.

    1. VVT-I

    Pertama yaitu akromim dari teknologi yang diterapkan oleh Toyota. VVT-I adalah kependekan dari Variable Valve Timing Intelegent. Teknologi ini bekerja untuk mengatur timing pembukaan katup.

    2. VVT

    Kedua hampir sama dengan VVT-I pada Toyota namun VVT (Variable Valve Timing) diaplikasikan oleh Suzuki.

    3. VTEC

    Selanjutnya, ada teknologi yang diterapkan oleh Honda. VTEC kependekan dari Variable Valve Timing And Lift Electronic Control. Cukup panjang memang, teknologi ini akan mengatur lamanya katup terbuka. Untuk lebih jelas mengenai VVT dan VTEC anda dapat membaca Valve Timming Technology

    4. I-DSI

    I-DSI merupakan kependekan dari intelegent dual sequential ignition. Label ini banyak anda temui pada mobil-mobil Honda. Arti dari I-DSI adalah memaksimalkan pembakaran mesin dengan peletakan dua buah busi per silinder.

    5. DLI

    DLI (Distributor less ignition system) adalah sistem pengapian tanpa distributor. Teknologi ini dapat anda temui pada Daihatsu Grand Max yang sudah menerapkan.

    6. VCDI

    VCDI adalah kependekan dari Variable geometric turbocharged Common rail Direct Injection, merupakan teknologi turbodiesel yang diusung oleh General Motors.

    7. VNT

    VNT adalah, teknologi turbocharger pada mesin desel Toyota. VNT ( Variable Noozle Turbo) adalah pengembangan pada turbocharger yang dapat mengatur tekanan yang disuplai turbo. Sehingga tidak terjadi under pressure atau over boost.

    8. VGT

    Sama halnya dengan VNT, VGT (Variable Geometric Turbo) adalah teknologi turbocharger pada mesin diesel. Teknologi ini diaplikasikan pada Mitsubishi.

    9. CRDi

    CRDi merupakan kependekan dari Common Rail Direct Injection, label ini menandakan bahwa mesin diesel yang digunakan sudah mengusung common rail systen dengan direct injection. Akromin ini digunakan secara umum di beberapa produsen mobil.

    Itulah beberapa akronim atau singkatan yang sering kita temui pada bagian belakang mobil semoga bisa menambah wawasan tentang dunia otomotif.
     
    Rendi Rafli likes this.
  2. Rendi Rafli

    Rendi Rafli Member

    Joined:
    Aug 30, 2016
    Messages:
    231
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Jadi lebih tau mancap den*bagus*
     
Loading...

Share This Page