Macam-Macam Gas Yang Sering Digunakan Pada Kebutuhan Medis

Discussion in 'Science' started by ilovemaci, Mar 11, 2019.

  1. ilovemaci

    ilovemaci New Member

    Joined:
    Dec 13, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Gas medis memiliki fungsi yang sangat vital bagi semua rumah sakit, ini terlihat dari kebutuhan dari fasilitas kesehatan yang terhubung langsung dengan sistem instalasi gas medis. Mungkin anda sudah tau atau pernah melihat gas medis ini saat anda berada di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.

    Namun, tahukah anda bahwa gas medis memiliki beberapa jenis dan tiap-tiap jenis memiliki fungsinya masing-masing. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang macam-macam jenis dari gas medis yang perlu anda ketahui agar mengenal dan membantu dalam penggunaan gas yang baik dan benar. Simak penjelasan berikut ini.

    Jenis-jenis gas medis dan fungsinya

    Oxygen (O2)

    Penggunaan oxygen dalam dunia medis pertama kali pada tahun 1900-an. Merupakan gas yang selalu ada di rumah sakit. Sering pula digunakan saat keadaan darurat misalnya untuk korban kebakaran dan sebagai pertolongan pertama bagi orang yang sedang mengalami syok , trauma, pendarahan, keracunan, cardiovascular, PPOK dan lain-lain. tabung oxygen dapat diisi ulang, yakni anda hanya perlu membelinya di distributor oxygen medis.

    Nitrogen (N)

    Nitrogen adalah jenis gas medis yang digunakan untuk cryotheraphi bagi orang yang berpenyakit tumor yang ada di bagian luar tubuh misalnya tumor kulit, dengan memanfaatkan dingin yang dihasilkan oleh nitrogen cair. Pengobatan dilakukan dengan cara memoleskan cairan nitrogen secara langsung menggunakan kapas atau semprotan. Gas nitrogen juga berfungsi sebagai penyimpanan jaringan, sel dan darah dalam suhu rendah. Juga digunakan untuk bahan campuran dalam membuat obat-obatan. Anda bisa cek sendiri harga nitrogen cair per liter.

    Dinitrogen oxide (N2O)

    Dokter gigi mulai menggunakan gas jenis yang satu ini sebagai obat analgesic (penghilang nyeri) pada tahun 1812. Sejak saat itu banyak digunakan untuk proses pembedahan baik untuk analgesic. Ada kalanya ini merupakan kontradiksi dari pasien yang menjalankan jenis prosedur pengobatan tertentu, sehingga tidak disarankan untuk menggunakan gas jenis ini. Dinitrogen oksida adalah gas medis yang dikenal juga dengan gas tertawa.

    Medical air

    Medical air dihasilkan oleh compressed air di fasilitas kesehatan yang mendistribusikan gas medis. Udara dari gas ini tidak terkontaminasi oleh partikel apapun, tidak berbau dan juga tidak lembab. Digunakan dalam keadaan darurat ataupun tidak oleh dokter. Menggunakan medical air agar pasien yang berada diruangan tetap bernapas dengan baik dan nyaman.

    Karbon dioksida

    Sering digunakan untuk insuflasi gas medis untuk operasi yang kurang invasif, serta untuk stimulasi pernapasan sebelum dan sesudah anestesi. Gas ini juga dikemas dalam tabung , namun untuk jumlah kebutuhan yang besar sebaiknya didistribusikan melalui sistem instalasi gas medis.
     
Loading...
Similar Threads - Macam Macam Yang
  1. baehaqinur
    Replies:
    0
    Views:
    374

Share This Page