Macam-Macam Layanan Internet Service Provider dan Kendala Teknisnya

Discussion in 'General Internet' started by lordard, May 31, 2021.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    113
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Memang tidak bisa dipungkiri lagi, keberadaan internet menjadi salah satu hal yang sangat vital. Hal ini karena segala hal atau aktivitas yang dilakukan saat ini menggunakan internet. Misalnya saja untuk berbagai macam keperluan sehari-hari saja kita memerlukan sambungan internet. Untuk bisa tersambung dengan internet, Anda bisa menggunakan jasa provider internet yang ada pada saat ini.

    Jenis-Jenis Internet Service Provider

    Layanan internet service provider ( ISP) merupakan sebuah jasa layanan yang diberikan oleh sebuah perusahaan penyedia internet kepada para konsumen yang berdasarkan kebutuhan baik untuk industri dan perorangan. Ada beberapa jenis layanan internet service provider yang bisa Anda gunakan, yaitu :

    1. Dial up

    Dial up connection merupakan sebuah layanan yang banyak digunakan di Indonesia pada saat ini. Khususnya bagi para pelaku bisnis yang berskala kecil sampai menengah. Misalnya saja para pengusaha bisnis warung internet. Di sinilah para pengguna tidak akan dibebani oleh biaya secara terus menerus. Dial up menggunakan media modem atau kabel telepon yang sudah terhubung ke internet.

    2. Decicated Connection


    Layanan dedicated connection merupakan layanan internet service provider yang dipilih oleh banyak masyarakat di Indonesia. Jenis provider internet ini bersifat menentap dimana anda sebagai pengguna bisa terhubung dengan internet selama 24 jam setiap harinya. Biasanya provider ini digunakan oleh perusahaan besar yang mempunyai karyawan dan komputer dalam jumlah besar. Misalnya saja sebuah rumah sakit dan pelayaan publik lainnya.

    3. Hotspot

    Berbeda dengan dial up, sambungan internet hotspot tidak perlu menggunakan berbagai macam kabel yang terhubung dengan internet. Jenis sambungan internet ini sangat banyak digunakan pada tempat-tempat umum yang ada di masyarakat yang mana membutuhkan akses internet di mana saja, Misalnya saja di kafe, taman kota, co-working space, dan tempat-tempat lainnya.

    4. Wireless

    Untuk sambungan provider wireless merupakan sebuah layanan internet yang juga tidak menggunakan kabel seperti hotspot. Biasanya biaya yang digunakan adalah biaya pemakaian internet saja. Dengan begitu biaya akan lebih murah dan juga lebih ekonomis.

    5. Internet mobile

    Layanan provider internet yang terakhir yang bisa digunakan adalah internet mobile acces. Seperti namanya, internet service provider digunakan oleh para pengguna khususnya bagi para pengguna smartphone. Ada beberapa jenis smartphone yang bisa digunakan seperti GSM, 3G, CDMA, dan juga 4G.

    [​IMG]

    Macam-Macam Kendala Teknis Yang Sering Dihadapi Intenet Service Provider

    Internet service provider menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan sambungan internet bagi perusahaan atau perorangan. Akan tetapi, dalam perjalananya hampir semua jasa Internet Service Provider pernah mengalami beberapa permasalahan yang sering muncul. Berikut ini adalah penjelasannya, yaitu :

    • Mengalami kesulitan dalam mengakses internet meskipun statusnya internetnya tersambung. Hal ini sangat berdampak pada lambatnya koneksi internet.
    • Terjadi masalah mengenai akses provider internet yang disebabkan oleh server provider internet. Bahkan bisa menyebabkan sambungan menjadi down. Hal ini disebabkan karena adanya arus listrik yang tidak stabil sehingga sangat berpengarh pada pelayanan ISP.
    • Terjadi gangguan teknis yang bisa mengganngu kinerja internet service provide. Misalnya saja kabel jaringan yang terputus atau lepas sehingga bisa mempengaruhi jaringan. Selain ada gangguan lain misalnya berkenaan dengan adapter yang tidak terhunung dengan wireless network karena adanya maintanance.
    • Ada banyak sekali jenis internet provider yang bisa Anda pilih. Akan tetapi setiap provider internet tersebut mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.
     
  2. mangdullaharny

    mangdullaharny New Member

    Joined:
    May 2, 2021
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    banyak juga ternyata Internet Service Provider saya lebih mengarah ke nomer 5 gan karna tempat saya daerah terpencil
     
Loading...

Share This Page