Macam-Macam Pen Tulang

Discussion in 'Health & Medical' started by crewjvm, Apr 18, 2018.

  1. crewjvm

    crewjvm Member

    Joined:
    Sep 15, 2015
    Messages:
    94
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Macam-Macam Pen Tulang - Bagi Anda yang pernah patah tulang atau tenaga medis mungkin tidak asing lagi dengan istilah pen. Pen merupakan sebuah besi yang berfungsi menopang dan menyatukan tulang yang patah.
    [​IMG]
    Patah tulang seperti patah remuk, patah disebagian titik, patah tidak stabil / tulang yang bergeser hingga patah sendi maupun sekitarnya membutuhkan stabilisasi secara dini menggunakan pen.

    Karena digunakan di dalam tubuh tentu pen ini haruslah terbuat dari bahan yang kuat dan tidak bersifat meracuni di dalam tubuh. Jenis pen sendiri ada banyak berdasarkan stabilisasi dan pemilihan penggunaannya berdasarkan patah tulang yang terjadi.

    Seiring perkembangan zaman dan teknologi, kini ada 2 jenis pen yang paling baik untuk stabilisasi dini pada patah tulang. Kedua jenis ini adalah pen yang berbentuk seperti pelat dengan sekrup pasangannya dengan ulir kunci pada kepala dengan pen yang berbentuk silinder di dalam tulang dengan sekrup penguncinya.

    Selain itu bahan pembuat pen juga ada beberapa jenis yang dibuat khusus menggunakan kombinasi / campuran logam tertentu. Logam ini tentu adalah logam yang dapat diterima di dalam tubuh kita seperti stainless steel dan titanium.

    Namun jenis pen yang paling baik adalah yang terbuat dari titanium, bagaimana tidak logam jenis ini merupakan jenis logam yang paling keras di bumi berdasarkan pengukuran menggunakan hardness tester atau alat ukur kekerasan.

    Logam titanium juga sangat sulit mengalami korosi dan sangat aman digunakan di dalam tubuh kita. Kelebihan lain dari titanium adalah jarang sekali orang yang mengalami alergi dengan logam yang satu ini.

    Dalam pemasangannya, pen ini tentu harus dipasang oleh tenaga ahli dan pen ini sendiri harus bebas dari kontaminasi bakteri. Pemasangannya sendiri mengikuti panjang pen pada bagian tubuh kita. Karena titanium merupakan logam yang sangat keras tentu pemasangannya perlu kehati - hatian agar tidak menimbulkan infeksi, pendarahan, keloid panjang seperti ular dan rusaknya jaringan sekitar karena bekas luka pembedahan hingga pen yang tampak dari luarnya.

    Kini dengan semakin berkembangnya teknologi pencitraan dan meja operasi ortopedi pemasangan pen sangat mungkin dilakukan dengan teknik MIPO (Minimal Invasive Plate Osteosynthesis). Teknik ini memungkinkan pemasangan pen berbentuk pelat dengan panjang 26 – 30 cm dengan tidak memerlukan irisan sepanjang 30 cm.

    Teknik ini dapat dilakukan cukup dengan 2 buah luka sepanjang 2,5 cm dan 4 buah luka sepanjang 1 cm, namun hal ini juga tergantung dari bentuk, panjang, dan kondisi patah tulang yang dialami. Dengan adanya teknik ini dapat meminimalisir resiko yang telah disebutkan di atas dengan hasil pemulihan yang baik.
     
Loading...

Share This Page