Macam-Macam Sertifikasi yang Dikeluarkan Kemnaker RI

Discussion in 'Education' started by bagas35, Feb 29, 2020.

  1. bagas35

    bagas35 Member

    Joined:
    Feb 8, 2018
    Messages:
    59
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Apa yang membedakan sertifikat pelatihan K3 Kemnaker RI? Ini perbedaan dan macam sertifikasi yang dikeluarkan oleh Kemnaker RI.

    Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia merupakan instansi pemerintah yang mengeluarkan sertifikasi terkait pelatihan K3. Dalam pelaksanaan program sertifikasi itu, Kemnaker RI menunjuk perusahaan-perusahaan penyelenggara pelatihan resmi dalam daftar Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3).

    Sebenarnya apa yang membedakan sertifikat pelatihan dari Kemenaker RI dan BNSP? Lalu, sertifikasi apa saja yang dikeluarkan Kemnaker? Mari simak penjelasan berikut ini.


    Sertifikasi Kemnaker RI
    Secara singkat, sertifikasi bisa diartikan sebagai proses pemberian sertifikat berupa pengakuan pada seseorang yang telah ahli pada bidang K3. Di Indonesia ada dua instansi yang menerbitkan sertifikasi K3, yaitu Kemenaker dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

    Nah, jika bicara sertifikasi ahli K3 umum, kedua instansi tersebut sama-sama menerbitkan sertifikat ini. Meski serupa, ada beberapa perbedaan yang perlu Anda tahu.

    Durasi pelatihan
    Pelatihan sertifikasi ahli K3 umum Kemnaker umumnya berlangsung sekitar 12 hari efektif. Sementara, sertifikasi ahli K3 umum BNSP berlangsung selama 4 hari sesuai masing-masing tingkatan, yaitu muda, madya, dan utama.

    Jumlah dokumen yang dimiliki usai pelatihan
    Peserta sertifikasi ahli K3 umum Kemnaker setelah dinyatakan lulus akan mempunyai tiga dokumen, yakni sertifikat keikutsertaan pembinaan calon ahli K3 umum, lisensi K3, dan surat keputusan penunjukan (SKP) ahli K3 umum. Hal ini masih ditambah oleh pemberian satu buah pin dan satu buah lencana dengan tulisan “Penegak Ketentuan K3, Panca Karsa, Ahli K3” kepada masing-masing peserta.

    Sedangkan BNSP hanya mengeluarkan satu buah sertifikat kompetensi sesuai unit kompetensi yang diikuti dan diujikan.

    Periode berlaku sertifikat
    Periode berlaku sertifikat ahli K3 umum dari keduanya sama, yaitu tiga tahun. Namun, keduanya berbeda terkait perpanjangan sertifikat. Untuk sertifikasi Kemnaker, Anda harus memperpanjang dokumen lisensi K3 dan SKP. Cukup mengajukan permohonan saja, tanpa perlu melakukan ujian ulang.

    Beda dengan BNSP, Anda harus melakukan ujian ulang guna mengecek kompetensi Anda pada bidang tersebut. Jadi, siap-siap belajar lagi sebelum memperpanjang sertifikat keahlian K3 Anda ya.

    Kompetensi
    Ahli K3 umum bersertifikasi Kemnaker dituntut menguasai perundang-undangan seputar K3, organisasi K3, serta kewajiban menulis laporan. Sementara, ahli K3 BNSP wajib menguasai tujuh kompetensi sesuai pilihan tingkatan sertifikasi.

    Macam sertifikasi yang diterbitkan
    Selain sertifikasi ahli K3 umum, Kemnaker RI juga menerbitkan sertifikasi untuk auditor SMK3, first aid atau P3K, ahli K3 kimia, dan petugas K3 kimia. Peserta akan mengikuti pelatihan sesuai program pilihan, berikut uji kompetensi sebagai syarat kelulusan sertifikasi. Sementara, sertifikasi K3 BNSP mempunyai beberapa tingkatan sesuai latar pendidikan dan pengalaman peserta, yaitu muda, madya, dan utama.

    Pelatihan K3 Kemnaker RI
    Di mana tempat terbaik mengikuti pelatihan K3 Kemnaker RI? Ada berbagai lembaga pelatihan yang menawarkan pelatihan sertifikasi K3 untuk ahli umum K3, auditor SMK3, first air, ahli K3 kimia, serta petugas K3 kimia.

    Anda harus memilih lembaga pelatihan yang memiliki reputasi yang baik. Salah satunya adalah Mutu Institute yang dibangun sejak tahun 1995 sebagai penyelenggara jasa pelatihan dan pendidikan. ‘We rise by lifting others’ adalah value yang dipegang teguh dalam menjaga kepercayaan klien. Kebutuhan dan kepuasan klien selalu menempati prioritas Mutu Institute.

    Sejak 2016 Mutu Institute telah terdaftar sebagai lembaga pelatihan resmi di berbagai lembaga nasional dan internasional. Bermitra dengan LSP LSK-K3 ICCOSH menunjukkan kredibilitas Mutu Institute sebagai lembaga sertifikasi personel resmi di bawah BNSP. Kementerian Ketenagakerjaan juga menunjuk Mutu Institute sebagai PJK3 resmi.

    Baca juga: https://www.mutuinstitute.com/post/pelatihan-ahli-k3-umum-sertifikasi
     
Loading...

Share This Page