MacBook Lebih Rentan Terkena Malware Dibanding Windows

Discussion in 'Internet Service & Networking' started by bimo dimas, Feb 10, 2021.

  1. bimo dimas

    bimo dimas Member

    Joined:
    Oct 26, 2020
    Messages:
    300
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Merahputih.com - Banyak yang beranggapan jika Mac merupakan sistem yang lebih aman dan tak rentan terhadap malwarre ketimbang Windows. Namun nyatanya anggapan tersebut seakan tak berlaku lagi saat ini.

    Menurut laporan dari pembuat antivirus Malwarebytes, untuk pertama kalinya ancaman malware Mac sudah melebihi ancaman untuk windows. Dalam hal ini perbandingannya 2:1 di tahun 2019.

    Seperti yang dilansir dari laman Gizmodo, volume ancaman malware pada Mac mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yakni hingga 400% dari tahun ke tahun. Peningkatan tersebut kabarnya karena semakin banyaknya pengguna Mac.

    Lantaran semakin banyak orang yang menggunakan sistem operasi buatan Apple tersebut, itu berarti semakin banyak pula pihak tak bertanggung jawab yang ingin menyalahgunakannya.

    Malwarebytes menghitung jumlah ancaman per endpoint, pada Mac dan Windows. Setelah itu, hasilnya pada tahun 2019, Malwarebytes mendeteksi rata-rata ada sekitar 11 ancaman per endpoint Mac, dibanding 5,8 ancaman per endpoint Windows PC.

    Berdasar laporan tersebut, ancaman yang diterima oleh pengguna Mac pun berbeda dengan yang diterima Windows. Di mana ancaman yang paling umum ditemukan pada Mac, berbentuk adware serta aplikasi yang tak diinginkan atau PUPs.

    PUPs berbentuk aplikasi yang berguna, namun memaksakan kamu untuk masuk ke dalam sistem dengan marketing yang sangat agresif dan invasif. PUPs yang cukup banyak didapati menyerang Mac, merupakan aplikasi pembersih data seperti halnya MacBooster dan MacKeeper.

    Sementara itu ancaman yang terbanyak ditemui pada Windows, merupakan malware tradisional. Ancaman ini tentunya lebih berbahaya ketimbang yang ditemukan pada Mac. Tapi jumlah deteksi yang meningka,t menandai ancaman dalam bentuk adware ini kian agresif.

    Sedikit informasi, adware juga merupakan ancaman besar untuk windows, karena jumlah deteksinya mencapai 24 juta. Angka tersebut merupakan peningkatan sekitar 13 persen untuk konsumen dan 463 persen untuk bisnis.

    Selain itu, Windows juga menjadi target oleh botnet Trojan Emotet, Trickbot, dan ransomware seperti Ryuk, Phobos, dan Sodinokibi.

    Sumber: Link
     
  2. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    386
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    teryata lebih rentan mac dibanding windows tidak seperti yang selama ini mainstrem media beritakan
     
Loading...

Share This Page