Makanan Khas Jogja Yang Bikin Kangen

Discussion in 'General Discussion' started by Bayu Aditya, Dec 11, 2019.

  1. Bayu Aditya

    Bayu Aditya New Member

    Joined:
    Aug 7, 2018
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]

    Tempat wisata di Indonesia tersedia diberbagai kota, wilayah, provinsi bahkan pulaunya. Tempat-tempat wisata di Indonesia memiliki beragam cerita dengan kekhassannya tersendiri.

    Banyak sekali tempat wisata yang menawarkan budaya, kesenian, makanan hingga pakaian adat yang takkan pernah ada habisnya untuk dibanggakan dan dinikmati. Salah satu kota di indonesia yang paling menyenangkan untuk dinikmati ialah Yogyakarta.

    Biasanya Yogya atau sering diejah Jogja juga menjadi kota destinasi liburan atau wisata yang sampai sekarang masih saja terkenal. Ini karena kota satu ini masih saja meninggalkan banyak sejarah dari berbagai cerita jaman dahulu. Sehingga ada banyak sekali kalangan yang pergi menikmati keindahan dan keberagaman budaya Jogja.

    Bahkan beberapa sekolah SMP dan SMA, masih menjadikan Jogja sebagai tempat studytour terbaik, yang menawarkan beragam cerita sejarah menarik, dengan beragam prasasti atau kebudayaan khas Yogya.

    Makanan Khas Yogya Yang Selalu Dirindukan

    Indonesia memang berisi banyak budaya dan adat istiadat, sehingga setiap daerahnya memiliki ciri khas yang mengental dan membekas bagi masyarakat, apalagi pengunjung tempat wisata.

    Salah satunya adalah Kota Jogja yang memiliki cerita dan makanan khas yang bisa dinikmati dan akan dirindukkan. Anda yang sedang mengunjungi Jogja, jangan sampai lupa untuk menikmati makanan-makanan khas kota indah satu ini.

    Jogja adalah kota yang selalu berisi dengan cerita indah, juga makanan-makanan yang lezat dan enak untuk dinikmati. Sehingga setiap pengunjung atau wisatawan yang menikmati makanannya bisa merasakan kesan khas dari setiap makanan dari Jogja.

    Makanan khasnya beragam, juga memberikan rasa yang berbeda dan tidak akan sama dengan kota lainnya, sehingga Anda bisa merasakan kesan nikmatnya makanan Jogja, yang akan selalu dirindukkan setiap kali Anda pulang dari wisata ke Jogja.

    Makanan Khas Joga Yang Tak Bisa Dilupakan

    Ada banyak sekali jenis makanan khas Jogja, ketika Anda berkunjung kesana, Anda seharusnya sudah memiliki list makanan apa yang akan dinikmati. Berbagai makanan biasanya menyuguhkan bumbu dan bahan makanan yang khas dan berbeda-beda. Bahkan beberapa makanannya menampilkan cerita yang memberikan ciri pada kota Jogja.

    Anda bisa menulis beberapa list menu makanan khas Jogja yang bisa dinikmati, atau mungkin Anda coba buat dirumah, agar Anda tidak penasaran. Pasalnya makanan khas Jogja selalu menjadi makanan yang tak bisa dilupakan oleh para masyarakat dan pengunjungnya.

    1. Nasi Tiwul

    Ketika perjalanan menuju gunung kidul dan Anda ingin sekali makan. Anda bisa memilih nasi tiwul, ini adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari tepung singkong atau sering disebut tepung gaplek yang dikeringkan. Setelah tepungnya kering, tepung dikukus dan menggumpal.

    Makanan ini disajikan dengan sayuran dan juga lauk pauk, makanan ini dipilih menjadi makanan sehat yang tidak mengandung kalori yang banyak juga mencegah penyakit lambung.

    2. Bakpia Pathuk

    Sebelum lari kemakanan utama, Anda yang harus buru-buru pulang kekota asal setelah berkunjung ke Jogja, Anda bisa memilih oleh-oleh khas makanan Jogja. Salah satunya ialah Bakpia pathuk. Makanan satu ini adalah jenis kue yang memiliki isian dari kacang hijau yang dibungkus dengan kulit terigu yang krispy. Kuenya tebal dan padat, sehingga akan mengenyangkan Anda.

    Rasa bagian isian bakpia jaman sekarang sudah berbeda-beda, ada yang isian coklat, keju, greentea, durian, dan lainnya. Bakpia pathuk bisa bertahan sangat lama, ini mengapa makanannya sering dipilih menjadi oleh-oleh.

    3. Oseng-oseng mercon

    Ketika ke Jogja, Anda yang suka sekali dengan makanan pedas, ini dia makanan dengan bumbu cabai yang pedas. Anda bisa memilih salah stau jenis oseng mercon, yang terkenal ialah osen mercon bu narti. Berada di jalan Jalan Miliran II, Umbulharjo, ini adalah orang pertama yang mengenalkan oseng mercon. Isiaan osen mercon bu narti ialah, gajih, kulit, tulang, dan cabai rawit yang akan emmuaskan lidah Anda.

    4. Sate Klantak

    Sate memang menjadi makanan ciri khas dari Indonesia, namun beberaka kotanya memiliki kekkhassannya sendiri baik itu bumbu atau daging yang digunakan. Seperti sate klantak yang terbuat dari bahan daging kambing muda, Anda bisa mencobanya jika sedang berkunjung ke Banthul.

    Dagingnya disajikan dengan tusuk yang terbuat dari jeruji sepeda. Selain itu bumbu yang disajikkannya ialah kuah gulai. Nah nama klantak pada sate berasal dari suara sate ketika dibakar yang menimbulkan bunyi “klanthak-klanthak…”

    5. Walang Goreng

    Anda yang datang ke Jogja, belum lengkap jika belum menantang diri dengan makan walang goreng. Makann satu ini dikatakan sebagai makanan yang menantang, karena terbuat dari bahan belalang goreng.

    Makanannya tersedia di gunung kidul, biasanya pedagang menjualnya di kos-kos kecil pinggir jalan. Sehingga para wisatawan lebih mudah untuk mendapatkannya.

    Sumber tulisan: Kulinerankuy.com
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    433
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    sate klantak reccomended banget dah
     
  3. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    790
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page