Makanan Penyebab kanker Payudara yang Harus Diwaspadai Para Wanita

Discussion in 'Health & Medical' started by Septiano, Oct 17, 2019.

  1. Septiano

    Septiano New Member

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    42
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh para wanita. Kasus kanker payudara di Indonesia cukup tinggi. 1 dari 8 wanita terdiagnosa dengan penyakit ini, dan sayangnya tak sedikit yang baru terdeteksi ketika sudah masuk stadium lanjut.

    Penyebab kanker payudara sendiri cukup beragam. Mulai dari makanan, gaya hidup, hingga faktor genetik. Mereka yang merupakan keturunan dari penderita kanker memang berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit yang sama, walaupun dengan jenis berbeda.

    Namun dari banyak penyebab, makanan menjadi salah satu yang harus diwaspadai. Anda tentu tak ingin terdiagnosa dengan penyakit yang sukar disembuhkan ini. Berikut adalah beberapa makanan penyebab kanker payudara yang harus Anda waspadai:

    Makanan Olahan

    Mengkonsumsi makanan olahan yang sudah dikemas di dalam kaleng memang terasa lebih praktis. Daging dan buah kalengan misalnya, bisa langsung dimasak ulang atau dikonsumsi tanpa harus repot-repot membersihkan, mengupas, atau memotong.

    Ternyata kebiasaan mengkonsumsi makanan olahan ini bisa jadi salah satu pemicu kanker, termasuk kanker payudara. Hal itu terjadi karena makanan olahan mengandung pengawet yang lama kelamaan dapat mengaktifkan sel kanker di dalam tubuh.

    Anda yang punya kebiasaan mengkonsumsi makanan kalengan sebaiknya segera mengurangi kebiasaan ini. Beralihlah pada makanan yang lebih alami, baik sumber maupun cara pengolahannya.

    Gorengan

    Siapa bisa menolak nikmatnya gorengan di siang hari? Selain kandungan lemak yang bisa meningkatkan berat badan, kini Anda punya alasan yang lebih penting untuk mengurangi konsumsi gorengan. Ternyata makanan nan menggoda ini bisa menjadi salah satu penyebab kanker.

    Kandungan lemak jenuh yang tinggi di dalam gorengan adalah penyebab bahayanya makanan ini jika dikonsumsi secara berlebihan. Apalagi jika minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak bekas pakai yang sudah terlalu sering dipakai.

    Minyak goreng sebaiknya tak digunakan untuk menggoreng lebih dari 3 kali. Jika lebih dari itu maka kandungan lemak jenuhnya akan bertambah, dan akan mulai muncul zat-zat yang dapat memicu datangnya kanker.

    Gula

    Gula menjadi bahan makanan berikutnya yang bisa menyebabkan kanker. Tapi bukan berarti Anda harus betul-betul menghindari gula, bagaimanapun zat makanan yang satu ini tetap dibutuhkan untuk mengoptimalkan kinerja tubuh.

    Hal yang harus dihindari adalah mengkonsumsi gula secara berlebihan. Jumlah gula yang berlebih di dalam tubuh bisa mengaktifkan sel kanker, pasalnya glukosa memang salah satu zat yang dibutuhkan sel kanker untuk bisa aktif dan berkembang di dalam tubuh mausia.

    Jika Anda adalah penggemar makanan manis, maka berhati-hatilah mulai sekarang. Konsumsi gula dalam jumlah yang sewajarnya. Ingatlah bahwa tubuh sudah mendapatkan glukosa alami dari buah-buahan, sayuran, dan makanan alami lain yang dikonsumsi.

    Makanan yang Diolah dengan Cara Dibakar

    Ayam bakar, ikan bakar, dan berbagai olahan yang dibakar lainnya memang terasa sangat nikmat. Namun Anda perlu berhati-hati karena ternyata makanan yang diolah dengan cara dibakar merupakan salah satu penyebab kanker. Mengapa bisa demikian?

    Ketika makanan diolah dengan cara dibakar, maka makanan tersebut akan mengeluarkan zat HCA (Heterocyclic Amines). Zat tersebut bersifat karsinogenik dan bisa memicu bertumbuhnya sel kanker di dalam tubuh.

    Alkohol dan Nikotin

    Sudah bukan rahasia lagi jika alkohol dan nikotin memang memiliki dampak yang sangat buruk bagi tubuh. Anda yang punya kebiasaan mengkonsumsi keduanya sebaiknya segera berhenti atau berusaha mengurangi.

    Bukan hanya kanker payudara, alkohol dan nikotin bisa memicu datangnya berbagai penyakit lain. Penyakit yang mengintai para perokok dan pecandu alkohol antara lain adalah jantung, gagal ginjal, dan stroke.

    Jika dikaitkan dengan gaya hidup saat ini, makanan-makanan pemicu kanker di atas memang tak mudah untuk dihindari. Anda bisa mulai dengan mengurangi atau membatasi konsumsinya. Sebaliknya, Anda perlu meningkatkan konsumsi makanan pencegah kanker.

    Makanan pencegah kanker antara lain ialah:

    - Wortel

    - Brokoli

    - Bawang Putih

    - Tomat

    - Kacang-kacang

    - Anggur

    - Kunyit

    - Ikan

    - Telur

    - Keluarga buah berry, dan lain-lain


    Selain melindungi diri dengan mengkonsumsi makanan pencegah kanker, Anda juga perlu melindungi diri dengan asuransi kanker. Asuransi yang dimaksud ialah asuransi yang bisa memberi perlindungan ketika Anda terdeteksi penyakit kritis.

    PFI Mega Life memiliki 1 produk yang sangat cocok untuk perlindungan semacam ini. Produk tersebut adalah asuransi penyakit kritis Mega Comforta. Asuransi ini akan memberikan manfaat berupa uang pertanggungan yang cukup besar ketika Anda harus menjalani pengobatan karena terdiagnosa penyakit kritis.

    Ada 10 penyakit yang dilindungi oleh Mega Comforta, dan kanker payudara adalah salah satunya. Jadi, jangan ragu untuk memilih dan jangan tunda untuk memberikan diri Anda perlindungan terbaik dari penyakit kritis.
     
Loading...

Share This Page