Makanan yang dibakar bisa menyebabkan kanker? Ternyata ini alasannya

Discussion in 'Health & Medical' started by Rimanur, Oct 18, 2017.

  1. Rimanur

    Rimanur Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    221
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Makanan yang di padupadankan dengan api memang memiliki sensasi yang sangat luar biasa. Misalnya sate, ikan bakar, roti bakar, sosis bakar dan makanan lainnya. Rasa yang lezat juga bau asap yang harum membuat sensasi makan bersama terasa lebih nikmat dan menggairahkan. Namun banyak yang bilang kalau makanan yang dibakar menjadi salah satu makanan penyebab kanker . Bener ga sih? Setelah mencari-cari sumber dan alasan yng cukup kuat, akhirnya saya bisa menyimpulkan kebenaran akan hal tersebut.

    Dalam arang terdapat senyawa bernama karsinogen yang menjadi pemicu kanker atau perusak sel-sel yang sehat sehingga kemungkinan pendapat tersebut mungkin saja terjadi. Sebab ketika senyawa karsinogen tersebut berinteraksi dengan protein yang dikandung daging (makanan yang yang dipanggang) akan menghasilkan senyawa PAH (polycyclic aromatic hydrocarbon) yang sangat beresiko bagi tubuh ketika termakan.

    Lantas dengan adanya hal tersbeut, apakah kita tak boleh makan makanan yang dibakar? Tentu boleh. namun, kita harus lebih cerdas dalam memasaknya. yap, karena cara memasak juga bisa meminimalisir hal tersebut. Sebelum membakarnya, rebus terlebih dahulu makanan tersebut agar proses pembakaran tidak terlalu lama sebab makanan tsb sudah setengah matang.

    Saat dibakar, jangan sering membolak balikan makanan, cukup kipas-kipas dikit sampai warnanya mulai cantik lalu angkat, lagian yang dibakarnya udah setengah matang ko. Saat diambil dari panggangan, perhatikan jika ada arang yang menempel. Coba ambil dan hilangkan serbuk hitam dari daging tsb. Sebab itulah senyawa yang sangat berbahaya.Setelah melakukan proses pembakaran diatas, sekarang kamu bisa menyantapnya dengan aman.

    semoga bermanfaat ^,^
     
  2. mrsmille

    mrsmille New Member

    Joined:
    Oct 14, 2017
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Karena alasan ini saya kalau nyate tidak dibakar tapi dipanggang pakai logam khusus untuk sate, dipanggang diatas api kompor. Supaya panas merata gunakan sedikit minyak sayur...di tetesi. Lebih aman, masalah rasa hampir sama dengan dibakar.
     
  3. Rimanur

    Rimanur Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    221
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    good. memang tergantung cara masaknya juga sih :)
     
  4. rizky tasik

    rizky tasik Member

    Joined:
    Jan 20, 2017
    Messages:
    42
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Tergantung seleranya masing-masing kak *jail*
     
  5. Rimanur

    Rimanur Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    221
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    haaaaahahahahahhahahhahahh.
     
  6. Lidyawati

    Lidyawati Member

    Joined:
    Oct 19, 2017
    Messages:
    59
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Menarik juga nih idenya, jadi Mending sih misal kita punya daging ayam, di rebus, di semur dulu aja, nanti baru di sate beberapa menit asal ada aroma sate aja ya
     
  7. Rimanur

    Rimanur Member

    Joined:
    Aug 31, 2017
    Messages:
    221
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    ya sis gitu aja biar cari aman hehehe
     
  8. Anggieov

    Anggieov New Member

    Joined:
    Oct 3, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    terkadang arangnya itu yang bikin rasa agak enak loh, tapi memang berbahaya sih faktanya
     
  9. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Active Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
  10. HermanFaiber

    HermanFaiber Member

    Joined:
    Sep 18, 2017
    Messages:
    52
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bener tuh , mending cari aman aja lah, jangan kelamaan dibakarnya, alias di rebus dulu biar mendekati mateng
     
Loading...

Share This Page