Maksimalkan Brand Awareness Produk Anda Saat Masa Sulit

Discussion in 'Online Business' started by Sisi Setya, Sep 1, 2020.

  1. Sisi Setya

    Sisi Setya New Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    17
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Bagi Anda yang memiliki bisnis pastinya sudah mengetahui pentingnya sebuah “brand”. Namun apakah sudah dimaksimalkan peran dari sebuah “brand” atas produk Anda? Bagaimana peran nya terhadap kelangsungan bisnis?

    Brand atau merek merupakan sebuah aset yang dimiliki oleh bisnis yang dapat dijadikan keunggulan, identitas bisnis dan juga sebagai alat persaingan yang kompetitif. Dengan merek yang kuat mempengaruhi kenaikan daya beli konsumen dalam waktu lama.

    Di tengah pandemi saat ini, merek yang kuat dan loyalitas kepada pelanggan akan banyak dicari. Hal ini akan menumbuhkan rasa kepercayaan dan kenyamanan atas produk tersebut. Para pelanggan akan menunjukkan perilaku setia kepada merek Anda.

    Dalam strategi pemasaran, sebuah merek tidak dapat berdiri dengan sendirinya perlu adanya brand awareness dalam bisnis. Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat sebuah merek, yaitu nama, gambar, logo, dan juga slogan-slogan yang digunakan untuk mempromosikan produknya.

    Memiliki sebuah brand awareness merupakan alternatif kunci bagi bisnis agar dapat bersaing secara kompetitif. Seringkali konsumen memilih barang atau jasa dari sebuah brand yang telah diikenalnya. Ini menjadi peluang bagi Anda untuk menarik daya beli melalui brand awareness.

    Mungkin menjadi salah satu contoh untuk sebuah brand awareness adalah produk “Aqua”. Tahukah Anda, di awal bisnisnya produk ini telah dianggap menjadi produk yang gagal dikarenakan menjual air minum yang bersih ditengah sebuah negara yang memiliki kekayaan melimpah dalam hal air bersih.

    Namun, penerimaan masyarakat semakin timbul dan saat ini dikenal sebagai produk yang menjadi kebutuhan utama yaitu air minum bersih bagi keluarga. Brand awareness yang diberikan sangat kuat, sampai setiap konsumen ingin membeli air minum pastinya menyebut merek ini.

    Dengan meningkatnya kesadaran merek maka akan menghasilkan tingkat penjualan yang menjanjikan dalam waktu lama. Maka penting bagi Anda untuk menciptakan brand awareness untuk produk atau jasa Anda agar semakin dicintai oleh konsumen dan meningkatkan penjualan bisnis Anda. Seiiring berjalannya brand awareness, maka tetap prioritaskan kualitas produk atau jasa Anda.

    Ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk membangun brand awareness:


    1. Media Sosial

    Dalam kondisi ini, media sosial merupakan hal yang terpenting dan sebuah pilihan yang tepat untuk menciptakan brand awareness. Saat ini media sosial sudah menjadi konsumsi utama bagi setiap masyarakat. Pastikan media sosial bisnis Anda aktif dan telah berinteraksi dengan para konsumen bahkan pelanggan tetap Anda. Silahkan Anda mencoba berbagai platform media sosial untuk bisnis Anda, namun pilih beberapa yang cocok dan memiliki interaksi yang tinggi atas minat produk atau jasa Anda.

    2. Konten Marketing

    Untuk dapat menciptakan brand awareness yang kuat, Anda perlu memiliki konten marketing yang unik dan bisa dipahami oleh para konsumen. Contohnya, Anda perlu membuat konten artikel yang menarik minat pembaca, memiliki nilai jual dan sangat relevan dengan kebutuhan para konsumen. Dengan terjualnya minat konsumen, maka konsumen akan secara terarah merasa nyaman dan percaya akan merek Anda. Konten marketing ini menjadi sebuah alat komunikasi Anda dengan para target konsumen Anda. Daya minat dan konsumsi akan diuji dengan konten yang menarik, informatif dan jelas bagi masyarakat umum.

    3. Event Marketing

    Membuat sebuah event adalah sebuah cara yang lazim dilakukan para pebisnis untuk meningkatkan brand awareness dalam waktu cepat dan massal. Melalui hal ini Anda dapat melakukan promosi produk atau jasa, membangun citra positif akan brand Anda. Di tengah kondisi ini, Anda dapat membuat event berupa seminar online atau live event di berbagi media sosial Anda. Hal ini dilakukan untuk mendorong tingkat brand awareness Anda dan meningkatkan konversi penjualan dalam lingkup massal.

    4. Video Marketing

    Cara paling populer saat ini adalah melalui video. Banyak masyarakat yang sudah sangat menyukai dari segi visual atau tampilan dibanding dengan kata-kata yang panjang untuk memberikan informasi. Mungkin ini dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan brand awareness Anda. Sebagai pemula, Anda tidak perlu memberikan konten video yang rumit, mulai dari keresahan para konsumen dan mengapa mereka harus memiliki produk atau jasa Anda. Iklan dalam durasi 1-2 menit sudah cukup untuk menjelaskan informasi bisnis Anda. Pastikan juga video iklan tersebut menarik, relevan dan sangat informatif bagi para target konsumen.

    Itulah tips bagi Anda yang ingin menciptakan brand awareness yang mudah untuk dijalankan dalam kondisi seperti ini.
     
    Last edited: Sep 1, 2020
  2. marchesale

    marchesale Member

    Joined:
    Aug 31, 2020
    Messages:
    24
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    kalau pengen cepat brand terkenal lebih suka di event dengan membuat kontes...tapi pasti keluar budget..gimana ya strategi biar hemat pengeluaran di budget buat event di zaman pandemi gini?
     
Loading...

Share This Page