Manfaat Air Jahe Hanget bagi Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by Suci R. Putri, May 16, 2016.

  1. Selain digunakan untuk bumbu masakan, jahe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Meskipun sering digunakan untuk penyedap, ramuan akar jahe dapat menyehatkan tubuh. Jahe telah digunakan sepanjang sejarah untuk mengobati radang usus, diverticulosis, mual dan gangguan pencernaan, morning sickness, muntah dan kram menstruasi. Jahe juga digunakan untuk membersihkan usus besar dan merangsang sirkulasi. Selain itu juga digunakan untuk mengobati pilek dan radang tenggorokan tenggorokan. Berikut manfaat air jahe hangat yang dilansir dari Okezone:

    [​IMG]

    Meningkatkan kekebalan

    Air jahe hangat dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan alergi, pilek, dan masalah pernapasan lainnya. Karena jahe mengandung antihistamin alami dan dekongestan yang dapat memberikan bantuan yang luar biasa dari gejala-gejala ini dengan melebarkan saluran bronkial terbatas.

    Menghangatkan tubuh

    Agar suhu tubuh tetap stabil di cuaca yang dingin semua orang pasti mengkonsumsi minuman penghangat. Air jahe hangat merupakan salah satu alternatif minuman penghangat tubuh. Sifat jahe yang panas sangat efektif untuk menghangatkan tubuh saat berada dicuaca atau ruang yang bersuhu dingin.

    Baik untuk sirkulasi darah

    Air jahe hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah, termasuk sirkulasi darah pada organ seksual. Maka seringkali air jahe hangat dikonsumsi pada saat kram menstruasi.

    Baik untuk sistem saraf

    Jahe telah terbukti membantu reaksi anestesi. efek dari anestesi secara signifikan lebih kecil terhadap orang yang melakukan operasi karena dapat mengurangi rasa sakit. Selain itu air jahe hangat tetap membuat sistem saraf menjadi sehat.

    Menjaga sistem pencernaan

    Akar jahe sangat efektif digunakan sebagai obat pada gangguan sistem pencernaan. Air jahe hangat ini bekerja dengan menetralkan asam lambung, meningkatkan sekresi cairan pencernaan, dan mengencangkan otot-otot saluran pencernaan. Dengan jahe menjaga sistem pencernaan perut, yang mengobati kembung pada perut. Kombinasi yang sangat baik untuk mengobati perut kembung adalah dengan mencampur jahe parut dan air jeruk nipis diencerkan.

    Mengatasi masalah sakit perut

    Sejak jahe mengandung komponen anti-inflamasi, secara tidak langsung dapat mengurangi rasa sakit atau peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa prostaglandin yang merupakan senyawa penyebab sakit dapat dikurangi dengan mengkonsumsi air jahe hangat.
     
  2. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    790
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  3. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    mencegah masuk angin juga manjur minum jahe hangat
     
  4. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Kalau saya jahe itu enaknya di buat ronde, ternyata banyak juga menfaat jahe itu yah, makasih @Suci R. Putri*bagus*
     
  5. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Jahe emang banyak banget manfaatnya sih. Ane sendiri kalau malem suka minum susu jahe, seger gan. Badan jadi anget
     
Loading...

Share This Page