Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by amhad firdaus, Nov 5, 2015.

  1. amhad firdaus

    amhad firdaus Member

    Joined:
    Jun 13, 2015
    Messages:
    183
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]
    Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan.Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

    Kandungan Gizi Bawang Putih Mentah per 100 g (3.5 oz)
    • Energi 623 kJ (149 kcal)
    • Karbohidrat 33,06 g
    • Gula 1.00g
    • Diet serat 2,1 g
    • Lemak 0,5 g
    • Protein 6,39 g
    • Beta-karoten 5 mg (0%)
    • Thiamine (Vit. B1) 0,2 mg (15%)
    • Riboflavin (Vit. B2) 0,11 mg (7%)
    • Niacin (Vit. B3) 0,7 mg (5%)
    • Asam pantotenat (B5) 0,596 mg (12%)
    • Vitamin B6 1,235 mg (95%)
    • Folat (B9 Vit.) 3 mg (1%)
    • Vitamin C 31.2 mg (52%)
    • Kalsium 181 mg (18%)
    • Zat Besi 1,7 mg (14%)
    • Magnesium 25 mg (7%)
    • Fosfor 153 mg (22%)
    • Kalium 401 mg (9%)
    • Sodium 17 mg (1%)
    • Seng 1,16 mg (12%)
    • Mangan 1,672 mg
    • Selenium 14.2 mg
    Berikut Ini Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan
    • Anti bakteri, anti virus, dan antibiotik alami
    Khasiat bawang putih yang paling utama adalah kemampuannya dalam mencegah pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Selain itu bawang putih juga dapat menjadi penghancur racun yang masuk ke dalam tubuh. Bawang putih adalah raja anti bakteri dan anti biotik alami.

    • Menyembuhkan Infeksi Kulit
    Bawang putih memiliki kandungan senyawa kimia yang disebut ajoene. Senyawa kimia ini dapat berfungsi sebagai penyembuh gangguan kulit karena bakteri dan jamur seperti penyakit panu dan kurap. Nah, orang tua zaman dahulu ternyata sudah mengenal bawang putih sebagai obat penyakit kulit alami untuk kurap dan panu.

    • Mengentalkan darah
    Apabila darah mudah mengental, akan membantu mempercepat penyembuhan luka luar dan meminimalisir pendarahan. Khasiat bawang putih tersebut karena memiliki kandungan ajoene.

    • Mengatasi diabetes
    Dengan mengonsumsi bawang putih, akan meningkatkan pelepasan insulin. Hal ini sangat baik untuk penderita diabetes dan bahkan sangat baik untuk mencegah terjadinya diabetes.

    • Meningkatkan metabolisme tubuh
    Bawang putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini karena bawang putih kaya protein yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Dengan tercukupinya zat besi, maka akan melancarkan metabolisme tubuh.

    • Melancarkan pencernaan
    Bawang putih kaya serat yang baik untuk melancarkan pencernaan, salah satu contohnya adalah saat anda terkena sembelit, cobalah untuk mengonsumsi bawang putih dan rasakan khasiat dari bawang putih.

    • Melawan Alergi
    Bawang putih juga memiliki kandungan anti inflamasi, hal ini membuat bawang merah memiliki khasiat untuk melawan berbagai alergi yang mungkin muncul pada tubuh. Selain itu jus bawang putih dapat digunakan untuk mengobati ruam atau gatal-gatal akibat gigitan serangga dengan cepat.

    • Mengatasi Masalah Pernafasan
    Bawang merah memiliki kandungan anti bakteri yang dapat mengatasi gangguan tenggorokan. Selain itu dengan mengonsumsi bawang putih, akan mengurangi frekuensi demam. Bawang putih juga dapat mengatasi berbagai gangguan pernafasan lain mulai dari asma hingga gangguan paru-paru lainnya.

    • Mengobati Sakit Gigi
    Untuk mengobati sakit gigi, anda cukup menempelkan tumbukan bawang putih pada gigi yang sakit, kemudian tunggu beberapa saat. Namun perlu diingat jika penggunaan bawang putih yang terlalu sering untuk mengobati sakit gigi dapat merusak gusi.

    • Menjaga Kesehatan Jantung
    Kesehatan jantung sangat berkaitan dengan kesehatan pembuluh darah arteri, semakin tua usia kita, arteri akan semakin kendor. Dengan mengonsumsi bawang putih dapat mencegah hal tersebut terjadi, bawang putih dapat menjaga arteri tetap kencang.

    • Mencegah Kanker
    Kandungan antivirus, anti bakteri dan anti inflamasi pada bawang putih memiliki khasiat untuk mencegah datangnya virus dan juga sel-sel kanker.

    SUMBER
     
    stefan one and lasealwin like this.
  2. apri riyawan

    apri riyawan New Member

    Joined:
    Oct 14, 2015
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    wah ternyata anyak juga manfaatnya... saya kira hanya sebatas untuk bumbu masak saja hahaha
     
    stefan one likes this.
  3. lindakutuskutus

    lindakutuskutus New Member

    Joined:
    Sep 15, 2015
    Messages:
    5
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Yang jadi pertanyaan saya,, kenapa ya orang vegan ga boleh makan bawang...? kan kandungannya cukup bagus untuk tubuh...

    Semoga ada yang jawab,, hehehe
     
    stefan one likes this.
  4. PangeranKodok

    PangeranKodok New Member

    Joined:
    May 22, 2015
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Banyak Ya manfaat dari bawang putih ??
     
    stefan one likes this.
  5. Sautdan Soeharto

    Sautdan Soeharto New Member

    Joined:
    Nov 5, 2015
    Messages:
    1
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    dibalik bau tak sedap pada bawang ternyata banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh :D
    bukan cuman jadi pelengkap masakan doang hehe
     
    stefan one likes this.
  6. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,727
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Gambar Bawang putihnya imut amat gan.. :D
     
    stefan one likes this.
  7. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    kalo katanya bayak makan bawang itu bikin badan bau, gimana itu bener gk?
     
    stefan one and lasealwin like this.
  8. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Bawang putih emang herbal ajaib nden. Luar biasa manfaatnya lebih dari itu. Mantap.
     
    stefan one likes this.
  9. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Jangan kuatir den. Bau yang ditimbulkan oleh bawang putih kita netralisir dengan jahe. Pasti lebih jitu jika kedua herbal ajaib ini digabungkan. Terimakasih
     
    stefan one likes this.
  10. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Sebenarnya manfaatnya lebih dari itu den.
    Konsumsi setiap hari untuk umur panjang.
    Terimakasih
     
    stefan one likes this.
  11. Dika Nandia

    Dika Nandia Member

    Joined:
    Nov 3, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    ternyata bawang putih memiliki banyak sekali khasiatnya yahh,,...
    terimakasih atas info dan ilmu nya...
     
    stefan one likes this.
  12. stefan one

    stefan one Member

    Joined:
    Oct 13, 2015
    Messages:
    156
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Berarti alam ini penuh dengan rahasia, yang belum diungkap. Oleh karena itulah maka diharapkan para peneliti berusaha sekuat kemampuan untuk mengeksplore semuanya demi manfaat yang sebesar-besarnya
     
  13. Didit Rp

    Didit Rp Member

    Joined:
    May 23, 2015
    Messages:
    21
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Apalagi kalau dicampur sama cuka apel, madu dan lemon sangat berkhasiat buat kesehatan pembuluh darah dan jantung serta stroke
     
    stefan one likes this.
  14. stefan one

    stefan one Member

    Joined:
    Oct 13, 2015
    Messages:
    156
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
  15. Valiant198

    Valiant198 Member

    Joined:
    Jul 8, 2015
    Messages:
    217
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    khasiat bawang putih maksimal kalau di konsumsi mentah, kalo udah digoreng sih ilang 50 % kali kasiatnya..
    makanya kalo ada acar dimakan tuh bawang putihnya .. abis itu kumur2 pake penyegar mulut hehehe
     
Loading...

Share This Page