Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by amhad firdaus, Nov 5, 2015.

  1. amhad firdaus

    amhad firdaus Member

    Joined:
    Jun 13, 2015
    Messages:
    183
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]
    Hisbiscus sabdariffa, atau di kenal dengan bunga rosela adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah itu diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas. Di negeri asalnya, Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela, sementara di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. Ada kalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. Di Mesir, rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin. Di Sudan, menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman itu juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk. Tak jarang, rosela juga dimanfaatkan untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Selain itu, bubuk biji bunga rosela juga dapat dijadikan campuran minuman kopi.

    Kandungan Gizi Dari Bunga Rosella 100 gram :
    • Serat 2,5 gram
    • Kalsium 160 mg
    • Fosfor 60 mg
    • Kalori 44 kal
    • Vitamin C 214,68 mg
    • Thiam in 0,04 mg
    • Reboflavin 0,6 mg
    • Niasin 0,5 mg
    • Air 86,2 gram
    • Protein 1,6 gram
    • Lemak 0,1 gram
    • Karbohidrat 11,1 gram
    • Besi 3,8 mg
    • Beta karoten 285 gram
    • Abu 1,0 gram
    Berikut Ini Khasiat Bunga Rosela Untuk Keseahatan
    • Menyehatkan kulit
    Kandungan vitamin A, Vitamin C, prptein essensial, serta asam amino yang terdapat di dalam bunga rosella membuat kulit anda akan lebih putih, cerah, sehat dan kencang. Vitamin tersebut juga berfungsi untuk meremajakan sel-sel kulit anda.

    • Memberikan Perlindungan Terhadap Berbagai Penyakit Degeneratif
    Bunga Rosella juga mempunyai kandungan senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit degeneratif, seperti jantung, kanker, diabetes dan lain-lain.

    • Mencegah Tulang Keropos atau Osteoporosis
    Kekurangan vitamin D akan berdampak pada kepadatan tulang anda, apabila ini terjadi maka akan menyebabkan osteoporosis. Mengkonsumsi teh bunga rosella bermanfaat karena mengandung kalsium, kalium dan vitamin D serta zat besi yang membantu mencegah terjadinya proses pengeroposan tulang pada usia lanjut.

    • Menstabilkan Tekanan Darah
    Bunga Rosella ini juga mempunyai kandungan Vitamin A,B,C, kalium, protein,zat besi yang berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah anda, sehingga dapat mencegah penyakit hipertensi. Penyakit hipertensi jika di biarkan dalam waktu yang lama akan menghambat aliran darah sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung.

    • Sumber Antioksidan
    Antioksidan pada kelopak bunga rosella terdapat pada senyawa fenolik. Selain itu bunga rosella juga mengandung senyawa lain pada antioksidannya seperti antosianin dan gossipetin yang dapat memberikan perlindungan saat usia sudah lanjut seperti gejala penyakit diabetes, gejala penyakit jantung, dan gejala kanker.

    • Pencegahan kanker
    Kandungan zat yang ditemukan dalam bunga rosella ternyata dapat menghambat petumbuhan sel-sel kanker yang berbahaya pada tubuh. Kerusakan DNA pada sel dapat ditanggulangi dengan manfaat bunga rosella, seperti pencegahan pada gejala kanker darah (leukimia). Bunga rosella ini mampu mencegah kanker karena bunga rosella mengandung kadar antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini akan mencegah tumbuhnya kanker dalam tubuh. Caranya cukup mudah,yaitu hanya dengan menjadikan bunga rosella sebagai teh dan diminum setiap hari secara rutin dan teratur.

    • Meningkatkan kekebalan Tubuh
    Pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Mengkonsumsi teh bunga rosella secara teratur dapat membantu tubuh kita untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Seperti kita ketahui, sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk mencegah penyakit. Semakin kuat tubuh kita maka penyakit akan secara otomatis menjauh dari kita.

    • Baik untuk Diet Alami
    Apakah anda saat ini mengalami kelebihan berat badan? Yups.. mengkonsumsi teh ini sangatlah baik bagi anda. Karena Manfaat vitamin C dalam Rosella dapat membantu tubuh kita untuk melepaskan lemak dan kolesterol. Untuk menurunkan berat badan, mengkonsumsi rosella di pagi hari dan pada malam hari sebelum tidur akan dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh anda. Ketika tubuh memiliki metabolisme yang baik, proses menurunkan berat badan lebih mudah sehingga anda dapat memiliki berat badan yang ideal lebih cepat.

    • Obat Sariawan
    Sariawan terjadi karena tubuh anda mengalami kekurangan vitamin C. Mengobati sariawan juga bisa menggunakan bunga rosella. Karena Bunga rosella mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang bisa mengatasi sariawan. Vitamin C memang sudah bukan rahasia lagi mampu menyembuhkan sariawan secara ampuh. Apabila anda sariawan buatlah teh dari bunga rosella kemudian dijadikan obat kumur serta diminum secara rutin sampai sariawannya sembuh.

    • Obat Diabetes
    Diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya maka sebisa mugkin kita harus mencegahnya. Penyakit diabetes ini dianggap berbahaya karena memberikan efek yang luar biasa bagi kesehatan seperti menimbulkan penyakit lain bahkan bisa berakibat fatal. Namun jika anda sudah mengalami penyakit diabetes tersebut coba atasi menggunakan ramuan dari bunga rosella. Bunga rosella ini akan membantu mengurangi penyakit diabetes secara perlahan-lahan. Cuci bersih bunga rosella kemudian direbus sampai benar-benar mendidih. Setelah itu saring dan jika sudah dingin diminum dengan aturan minum sehari 2 kali.

    Itulah beberapa khasiat dan kandungan dari bunga rosella semoga bisa bermanfaat untuk aden dan jeng semua ...SALAM SEHAT... *halo*

    SUMBER
     
  2. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    762
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    wihhh....
    dulu pernah punya tanamannya sih, tapi udah mati..ternyata khasiatnya luar biasa
     
  3. amhad firdaus

    amhad firdaus Member

    Joined:
    Jun 13, 2015
    Messages:
    183
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    ea den memang banyak khasiat
     
  4. Dimas Prasetiyo

    Dimas Prasetiyo Member

    Joined:
    Jun 2, 2015
    Messages:
    650
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    widih mantap gan, ane baru tau tu bungu ada manfaatnya
     
  5. yuviken

    yuviken Member

    Joined:
    Feb 9, 2015
    Messages:
    257
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Namanya bagus "Rosella"...khasiatnya juga nggak kalah bagus.
     
  6. Leni Fitriani

    Leni Fitriani Member

    Joined:
    Jul 14, 2015
    Messages:
    211
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    wahh ternyata tanaman ini sangat banyak manfaatnya , tidak disangka
     
Loading...

Share This Page