Manfaat dan Cara Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor

Discussion in 'General Business' started by joshua, Dec 28, 2015.

  1. joshua

    joshua Member

    Joined:
    Nov 13, 2015
    Messages:
    38
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Kebutuhan tentang adanya alat transportasi untuk kemudahan akses ialah salah satu penyebab dari meningkatnya jumlah kendaraan dengan sangat cepat, namun sayangnya hal ini tidak dibarengi dengan perkembangan panjang dan luas jalan. Akibat dari hal ini ialah terjadi kemacetan yang berada di mana-mana. Dana untuk membangun infrastruktur jalan yang berasal dari pajak kendaraan bermotor pun kurang cukup untuk memenuhi berbagai macam pelayanan tentang sarana transportasi yang berada di Indonesia. Sudah dapat di tebak, pajak kendaraan bermotor pun di naikkan.

    [​IMG]

    Kebutuhan infrastruktur jalan yang mempunyai sifat public goods yang artinya setiap orang dapat menikmatinya dengan mudah tanpa harus bersaing untuk memperolehnya serta memanfaatkan barang tanpa ikut menanggung pengadaan. Jalan sendiri ialah barang maupun jasa yang dimiliki bersama serta bisa di manfaatkan oleh siapa pun juga. Oleh sebab itu harus ada pengaturan penggunaan serta pemeliharaan jalan yang bersumber dari pajak kendaraan ini. pemerintah pun dulunya sudah menaikkan pajak untuk pengguna roda empat ke atas.

    Dengan memperhatikan keadilan serta kemampuan masyarakat ialah salah satu syarat dari pajak. Namun sekarang ini apakah masyarakat sudah sejahtera dengan kenaikan pajak ini? hingga sekarang ini jumlah kendaraan pun semakin banyak serta masyarakat juga sudah membayar pajak dengan tepat waktu. Akan tetapi kenyamanan, kelancaran, keamanan berkendara di jalan raya malah semakin menurun saja. Dengan melihat hal ini seharusnya pemerintah pusat atau daerah seharusnya membuat kebijakan yang lebih mengarahkan pajak untuk pembangunan infrastruktur jalan. Pemerintah pun juga harus peka terhadap kondisi yang berada di daerahnya. Dengan adanya pungutan serta kenaikan pajak untuk kendaraan, hal ini juga di perlukan sebuah manajemen keuangan anggaran yang cerdas, pemerintah sebenarnya dapat membuat strategi untuk membiayai pembangunan yang non konvensional.

    [​IMG]


    Pembayaran pajak ini memang begitu penting, terlebih menyangkut dengan pembangunan infrastruktur yang berada di daerah. Pajak sendiri di hitung dari sekian persen dari nilai penjualan kendaraan bermotor Anda. Bila Anda terlambat membayar pajak, nantinya Anda akan dikenai sejumlah denda. Pada dasarnya perhitungannya mempergunakan prinsip denda 25% untuk per tahunnya. Sebagai perhitungannya, keterlambatan ini jika hingga bulan yang ke tiga tinggal nominal pajak X 25% X 3/12.

    Dalam pajak kendaraan bermotor terdapat pajak progresif. Pajak ini ialah pajak yang di kenakan bila seseorang memiliki lebih dari 1 jenis kendaraan dengan atas namanya. Semisal Pak Jerry memiliki 2 motor atas namanya. Pajak progresif ini ialah pajak berlapis yang mempunyai tujuan untuk mengendalikan jumlah dari kendaraan. Pajak yang satu ini mulai di tahun 2011 lalu. Untuk kendaraan pertama akan dikenai 1,5% dari nilai jual, untuk kendaraan yang ke 2 akan dikenai 2% dari nilai jual.
     
  2. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    jadii pajakk bisa dihitung sendirii yaaaaaa
     
  3. doraemon

    doraemon New Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kalau di kota blitar ada penambahan biaya 15 ribu untuk membeli striker bebas parkir, namun dalam kenyataannya tukang parkir tetap meminta uang parkir.
     
  4. djonski

    djonski Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    29
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    wah jika dana pajak tepat sasaran, kenapa pembangunan di pelosok kok terkesan lama yah? seharusnya pemerintah lebih antusias
     
  5. monster123

    monster123 Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    310
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    nice bagi yang belum tau cara menghitung beban pajak kendaraan bermotor nya...
     
  6. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Ane sih mending gausah diitung gan ribet wkwkwk :D
     
  7. Bobby Purba

    Bobby Purba Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    54
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    harus taat pajak ini intinya... haha....
    sebagai warga negara yang baik....
    *magicright**magicright*
     
  8. freddy88

    freddy88 New Member

    Joined:
    Jun 26, 2018
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Iya lah, masa cuma pajak kendaraan bermotor aja mau sewa jasa konsultan pajak..? wkwkwk ... :D

    Wah, ternyata ini yang bikin pajak ane kemaren mahal : "pajak progresif".
    Baru tahu itung-itungannya setelah baca thread ini nih.

    Tpi ya udah lah, yang penting udah bayar. Ane kan taat pajak.. :cool:
     
Loading...

Share This Page