Manfaat Daun Ciplukan Untuk Penyakit Gondok Beracun

Discussion in 'Health & Medical' started by aisusisursilah, Feb 1, 2020.

  1. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    640
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Sebelumnya seperti yang telah kita ketahui , gondok beracun adalah sebuah kondisi dimana telah terjadinya pembesaran tiroid akibat produksi kelenjar tiroid berlebih. Kondisi ini sering ditandai dengan adanya pembengkakan pada leher , penderita mudah merasa kelelahan susah dan nyeri menelan hingga mengalami penurunan nafsu makan.Penyakit gondok beracun merupakan dimana suatu kondisi yang akan di tandai dengan pembengkakan pada kelenjar tiroid, sehingga fungsi dari kelenjar tiroid tersebut yaitu untuk merangsang dalam proses metabolisme yang ada pada dalam tubuh manusia.

    Ciplukan adalah tanaman kecil dengan buah yang mungil namun ciplukan juga mengandung khasiat yang sangat besar bagi manusia. Tumbuhan ciplukan ini mulanya memiliki nama latin Physallisa angulata L yang merupakan salah satu tumbuhan liar yang akan hidup disekitar semak-semak atau tanaman. Kali ini tanaman ini semakin dikenal karena khasiat dan manfaat yang di milikinya. Ada beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ciplukan terbukti memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh seperti saponin, flavonoid, folifenol, tanin dan fisalin, asam palmitat, stearat, elaidic acid tannin, vitamin C dan gula. Disamping itu, tanaman ini juga dikategorikan multifungsi karena tidak hanya buahnya saja yang mengandung khasiat dan manfaat melainkan hampir seluruh bagian dari tanaman menyimpan manfaat yang besar bagi manusia. Salah satunya mengobati gondok beracun.

    Mengobati gondok dengan ciplukan ini terbilang sangat peraktis juga efektif. Selain itu, pengobatan ini juga sangat aman tanpa efek samping. Tanaman ciplukan mempunyai buah yang memang cukup unik dengan terbungkus kulit daun tipis berongga. Selain dijadikan tanaman hias, tanaman ini ternyata mengandung khasiat yang sangat baik bagi penderita gondok beracun.

    Cara Membuatnya :

    Adapun untuk cara mengolah ciplukan sebagai obat gondokan sebagai berikut:
    • Siapkan 10-13 gram daun ciplukan disertai buahnya.
    • Setelah itu, rebus daun ciplukan dengan 4 gelas air dan biarkan air mendidih hingga berkurang setengahnya.
    • Lalu, minum air saringan ciplukan sebanyak dua kali sehari.
    • Kemudian, lakukan secara rutin selama 2 minggu sebagai penyembuhan yang cepat.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,340
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    48
    Ternyata ya ciplukan yang biasa tumbuh di kebon memiliki manfaat dalam dunia kesehatan
    dulu sih kalau saya suka makan buahnya yang sudah jatuh itu rasanya manis juga
     
Loading...

Share This Page