Manfaat Daun Handeuleum / Daun Ungu Untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by amhad firdaus, Oct 29, 2015.

  1. amhad firdaus

    amhad firdaus Member

    Joined:
    Jun 13, 2015
    Messages:
    183
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]
    Daun ungu (Graptophyllum pictum) atau biasa disebut juga daun wungu adalah tumbuhan obat dari Papua Nugini dan Polinesia yang kemudian menyebar ke Indonesia. Spesies ini memiliki nama daerah sebagai berikut: demung, tulak, wungu (Jw), daun temen-temen, handeuleum (Sd), karotong (Md), temen (Bl), kadi-kadi, kobi-kobi (Tn), dan daun putri (Am). Daun ungu adalah tumbuhan perdu yang tegak. Tingginya adalah 1,5-8 m.Batangnya termasuk batang berkayu, beruas, permukaannya licin dengan warna ungu kehijauan.Daunnya tunggal, bertangkai pendek, bentuknya bulat, pertulangannya menyirip, permukaan atasnya mengkilap, dan tepinya rata. Bunganya majemuk, keluar di ujung batang, dengan rangkaian tandan yang berwaran keunguan dengan panjang 3-12 cm. Buahnya berbentuk kotak yang lonjong, berwarna ungu kecoklatan. Bijinya bulat dan putih dan berkulit tebal. Akarnya berjenis tunggal dan berwarna coklat muda.

    Khasiat Daun Handeuleum / Daun Ungu Untuk Kesehatan
    • Sakit Perut Atau Mulas
    Untuk mengobati mulas atau sakit perut, daun iler dibilas dengan air masak, lalu dikunyah dengan sedikit garam sampai halus dan ditelan. Setelah itu minum air hangat. Semua itu dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari.

    • Obat Tetes Radang Telinga
    Daun Iler dicuci kemudian digiling halus. Adonan halus daun iler, yang disaring akan menghasilkan cairan yang dapat digunakan sebagai obat tetes pada radang telinga.

    • Sembelit
    5 helai daun iler di cuci dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Saring dan campurkan satu sendok makan minyak kacang. Di minum sekaligus.

    • Radang usus
    Daun iler segar 12 helai; Bawang merah (disangrai)1 umbi; Rimpang kunyit 2 g; Herb apatikan cina segar 7 g; Menyan madu 1/2 g; Air 110 ml, Dibuat infus atau dipipis, Diminum 2 kali sehari; pagi dan sore; tiap kali minum 100 ml (infus)atau 1/4 cangkir (pipisan).

    • Sakit Mata Merah
    Untuk obat minum : 5 helai daun iler di cuci dan di rebus dengan segelas air sampai tinggal
    setengah. Minum sekali habis.
    Untuk obat tempel : Daun iler dicuci bersih, agak diremukkan dengan tangan tapi jangan
    sampai hancur. Lalu tempelkan ke mata yang sakit.

    • Mengobati Ambeien
    15 helai daun handeuleum, seibu jari kunyit, sedikit gula aren direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Minum 2x sehari, masing-masing 1 gelas.

    • Untuk Wasir
    10 g daun handeuleum segar dicuci bersih lalu direbus dalam 2 gelas air sampai air rebusan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum air rebusan pagi dan sore masing-masing ½ gelas.

    • Bengkak karena terpukul
    Kulit batang handeuleum ditumbuk halus lalu letakkan di bagian yang bengkak. Bahan tersebut lalu diletakkan di atas bagian tubuh yang bengkak kemudian dibalut. Ganti 2 kali sehari.

    • Mengatasi Haid tidak lancar
    Segenggam bunga daun handeuleum yang sudah dikeringkan, direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 1 gelas air rebusan. Minum seperti kita minum teh 3x sehari. Catatan: Sebaiknya diminum menjelang haid.

    semoga infonya bisa bermanfaat untuk semua dan dapat menambah wawasan tentang tanaman obat yang ada di indonesia. ....SALAM SEHAT... *halo*

    SUMBER
     
  2. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    763
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    28
    wiihh...baru tau ternyata berkhasiat..
    tak kirain itu cuma tanaman hias/ tanaman liar :D
     
Loading...

Share This Page