Manfaat Daun Pepaya

Discussion in 'Health & Medical' started by Haifa Radhwa Sahirah, May 12, 2015.

  1. Haifa Radhwa Sahirah

    Haifa Radhwa Sahirah Member

    Joined:
    May 12, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    PEPAYA, buahnya manis dan segar. Pepaya sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Pepaya dapat di makan langsung atau di buat olahan lain seperti Jus, Es Pepaya, Puding dll.
    [​IMG]
    Tapi tahukah anda bahwa yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan itu bukan hanya dari buahnya saja ? Yups, daun pepaya juga punya segudang manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Lantas apa saja manfaatnya ?

    Berikut manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan kecantikan :

    • Untuk memperkuat tulang dan gigi
    Dengan kandungan alami yang dimiliki oleh daun pepaya, dapat memperkuat tulang dan gigi. Konsumsilah sayur daun pepaya yang dapat disajikan dengan berbagai sajian.

    • Dapat digunakan sebagai obat jerawat
    Anda dapat mengatasi jerawat menggunakan daun pepaya. Caranya, ambil 2-3 lembar daun pepaya tua. Kemudian jemur sebentar dan tumbuk hingga halus. Tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang berjerawat seperti menggunakan masker. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih.

    • Sebagai obat demam berdarah
    Caranya, ambil lima lembar daun pepaya kemudian campurkan dengan temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, kemudian dinginkan sebelum diminum.

    • Sebagai obat anti kanker
    Dengan mengkonsumsi daun pepaya baik dimasak dengan cara apapun, kita bisa mendapatkan manfaat dari getah putih atau yang dalam bahasa latin disebut white milky latex. Getak putih inilah yang terdapat dalam daun pepaya dan berpeluang dikembangkan sebagai antikanker.

    • Baik untuk melancarkan sistem pencernaan
    Daun pepaya mengandung zat karpin, yaitu zat yang dapat membunuh mikroorganisme jahat yang sering mengganggu sistem pencernaan. Anda dapat mengkonsumsi daun pepaya dengan cara direbus untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

    • Dapat menambah nafsu makan
    Caranya, siapkan daun pepaya segar yang seukuran dengan telapak tangan. Kemudian siapkan juga sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir atau secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Campur semua bahan menjadi satu dengan cara ditumbuk atau blender. Saring, kemudian minum airnya.

    • Sebagai pengontrol tekanan darah
    Caranya, ambil lima lembar daun pepaya, rebus dengan setengah liter air hingga tersisa tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum. Jika perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis.

    • Sebagai obat anti nyeri haid
    Caranya, ambil sehelai daun pepaya pepaya segar. Siapkan asam jawa dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air hingga medidih. Tunggu hingga dingin kemudian minum.

    • Untuk melancarkan ASI
    Selain daun katuk, daun pepaya juga bisa digunakan sebagai sayuran untuk melancarkan ASI. Herba pelancar ASI seperti daun pepaya efektif jika dikonsumsi pada awal masa menyusui. Selanjutnya, kelancarannya tetap bergantung pada hisapan bayi.

    • Dapat digunakan untuk membuat daging menjadi lebih empuk
    Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengempukkan daging. Caranya, cukup meremas-remas daun pepaya muda hingga keluar getahnya, kemudian gunakan untuk membungkus daging. Diamkan kurang lebih selama 60 menit sebelum diolah menjadi masakan.

    Nah sobat, itulah manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh yang bisa anda coba dan prkatekan sendiri di rumah. Selain murah, daun pepaya ini juga mudah di dapatkan. Semoga bermanfaat !


    Sumber : Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan
     
    jalu23 likes this.
  2. danisukoco

    danisukoco Member

    Joined:
    Apr 22, 2015
    Messages:
    368
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    di pake lalapan juga mantep, cuman agak pahit :D
     
    jalu23 likes this.
  3. Haifa Radhwa Sahirah

    Haifa Radhwa Sahirah Member

    Joined:
    May 12, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Botok itu apaan ya mas ? :)
     
    jalu23 likes this.
  4. Haifa Radhwa Sahirah

    Haifa Radhwa Sahirah Member

    Joined:
    May 12, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Biasanya orang sunda nih paling doyan lalapan daun pepaya ;):)
     
    jalu23 likes this.
  5. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Tau manfaat daun pepaya itu hanya buat nambah nafsu makan, ngilangin racun m empuk daging
    #situ kadang saya merasa sedih
    tapi gak lagi ding, makasi buat teteh @Haifa Radhwa Sahirah, yang telah menjelaskan kegunaan lainnya

    gak cuma sunda kok yang suka daun pepaya jadi lalapan, beberapa daerah indonesia timur juga
    di rebus bntar ma air panas, spy higeinis, abis itu makan deh ma sambal terasi yg super pedues.. Maknyoss
    seperti kata pepatah " mertua lewat, gak ngurus"
     
    jalu23 likes this.
  6. Haifa Radhwa Sahirah

    Haifa Radhwa Sahirah Member

    Joined:
    May 12, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Oh ya ? :D
    kirain cuma orang sunda yang suka lalapan ini..
    Oke mas sama2, makasih juga udah nambahin.. ;)
     
    jalu23 likes this.
  7. danisukoco

    danisukoco Member

    Joined:
    Apr 22, 2015
    Messages:
    368
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    saya orang sunda asli mbak, makanya saya tau rasanya agak pahit :)
     
    jalu23 likes this.
  8. Haifa Radhwa Sahirah

    Haifa Radhwa Sahirah Member

    Joined:
    May 12, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Sunda mana gitu aa teh ? :)
     
    jalu23 likes this.
  9. hoshi

    hoshi Member

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    315
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Daun pepaya enak dimasak pedes :3 hehe.. pedes" pait nya ngangenin
     
  10. Haifa Radhwa Sahirah

    Haifa Radhwa Sahirah Member

    Joined:
    May 12, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    iya, apalagi di lalap di makan sama sambel yang pedeeeeeeess :):)
     
  11. danisukoco

    danisukoco Member

    Joined:
    Apr 22, 2015
    Messages:
    368
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    tasikmalaya teh . teteh dari mana?
     
    jalu23 likes this.
  12. Haifa Radhwa Sahirah

    Haifa Radhwa Sahirah Member

    Joined:
    May 12, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Oh ya ? Sekota atuh .. :D
     
  13. araichi

    araichi New Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mantap, pepaya memang banyak manfaatnya buat ngobatin penyakit..
     
  14. Haifa Radhwa Sahirah

    Haifa Radhwa Sahirah Member

    Joined:
    May 12, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    oke,, *bagus*;)
     
  15. Haifa Radhwa Sahirah

    Haifa Radhwa Sahirah Member

    Joined:
    May 12, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    ga tau :) ,,, ada contoh foto nya ?
     
  16. billatransport

    billatransport Member

    Joined:
    Apr 8, 2014
    Messages:
    145
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  17. Haifa Radhwa Sahirah

    Haifa Radhwa Sahirah Member

    Joined:
    May 12, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Iya bagus mas, tapi jangan banyak2 ya.. :D
     
  18. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,289
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Apanya yang agak pahit .. pahit bingit ...:D
     
  19. babolonly

    babolonly Member

    Joined:
    Feb 9, 2013
    Messages:
    544
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    komplit manfaatnya.. buat lalapan juga mantaaap. :D
     
  20. Haifa Radhwa Sahirah

    Haifa Radhwa Sahirah Member

    Joined:
    May 12, 2015
    Messages:
    273
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Ada pahit2 nya gitu mas :D
     
Loading...

Share This Page