Manfaat Daun Ungu untuk Ambeien

Discussion in 'Health & Medical' started by enter1kali, Jan 24, 2018.

  1. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    423
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Daun ungu dalam bahasa latin disebut Graptophyllum pictum, merupakan tanaman herbal yang berasal dari Papua Nugini dan kepulauan Polinesia. Sebagian orang-orang terdahulu telah menggunakan ramuan dari daun ungu untuk mengobati ambeien. Tradisi pengobatan ambeien dengan memanfaatkan daun ungu telah dipraktekkan secara turun temurun.

    [​IMG]

    Daun ungu telah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. Daun ungu di beberapa daerah disebut juga dengan nama demung, wungu, tulak, daun temen-temen, karotong, kadi-kadi, dan daun putri. Tanaman yang berasal dari Papua Nugini dan Polinesia kemudian diperkenalkan hingga sampai ke Indo-Cina. Bahkan telah tersebar luas dan tumbuh di Filipina, Semenanjung Malaya, dan Indonesia.

    Daun ungu sebagai obat ambeien telah diakui oleh banyak herbalis dan ahli kesehatan, baik secara klinis melalui cek lab.

    Pada penelitian komponen kimia daun ungu, didapatkan senyawa steroid, alkaloid, dan tanin (Achmad H dan Soedigdo S., Litbang PT Kimia Farma dan Departemen Kimia ITB). Selain itu, daun ini mengandung alkaloid yang tidak beracun, glikosida, steroid, saponin, tanin, klorofil, dan lendir. Batang daun ungu mengandung kalsium oksalat, asam formik dan lemak. Bagian yang digunakan antara lain daun, kulit batang dan bunganya. Daun ini berkhasiat untuk mengatasi ambeien (hemoroid) dan sembelit (konstipasi), bunganya untuk mengatasi datang haid tidak lancar.

    Dengan berbagai kandungan kimiawinya daun ungu mempunyai sifat sebagai antiinflamasi, antiplak gigi, dan mencegah sakit ketika menopause. peluruh kencing (diuretik), mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan (laksatif), dan pelembut kulit (emoliens). Wasir atau hemorrhoid merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan atau pembesaran pembuluh vena di bagian terbawah poros usus, baik di sisi dalam maupun di sisi luar anus. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan seperti bisul berwarna merah kebiru-biruan atau kehitaman.

    Rebusan daun wungu dapat menghilangkan gejala hemoroid ektsernum derajat II (Sardjono O. Santoso dan B. Dzulkarnaen, Farmakologi FK UI dan Puslit. Farmasi DEPKES).

    Mengolah Daun Ungu untuk Obat Ambeien
    Bahan yang diperlukan :
    • 7 lembar daun ungu
    • 3 sendok teh adas pulowaras
    • 1/2 sendik teh madu
    Cara membuat :

    Daun ungu dicuci hingga bersih, kemudian rebus daun ungu dan adas pulowaras dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian saring. Hidangkan selagi hangat dengan ditambah madu. Minum 1 kali sehari setiap pagi hari secara teratur, 1 jam sebelum sarapan.

    sumber
     
Loading...

Share This Page