Manfaat Habbatussauda bagi Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya

Discussion in 'Health & Medical' started by muezaa, Oct 10, 2020.

  1. muezaa

    muezaa Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    70
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Habbatussauda atau jintan hitam merupakan salah satu obat herbal yang dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Di banyak negara, tumbuhan ini digunakan sebagai obat alami untuk berbagai macam penyakit dan berbagai alergi.

    [​IMG]

    Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa manfaat yang dimiliki habbatussauda. Di antaranya untuk membantu pengobatan diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, dan kanker. Selain itu, manfaatnya ternyata juga bisa dirasakan oleh ibu hamil lho!

    Mengutip HaiBunda, mengonsumsi habbatussauda selama kehamilan tampaknya aman dalam jumlah terbatas. Contohnya, dikonsumsi sebagai bumbu dalam masakan atau digunakan sebagai obat topikal atau oles. Namun bagi yang memiliki alergi, tes dahulu sebelum dicoba ke kulit.

    Sementara bila dikonsumsi dalam jumlah lebih banyak untuk pengobatan, mungkin habbatussauda tidak aman. Habbatussauda dikhawatirkan justru bisa memperlambat atau menghentikan kontraksi rahim dan pembekuan darah. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba untuk mengonsumsinya.

    Cara mengonsumsi habbatussauda

    Biasannya habbatussauda kerap ditemukan dalam bentuk biji atau yang telah diolah menjadi tablet dan minyak. Adapun cara mengkonsumsi habbatussauda dalam bentuk minyak, sebagai berikut:
    • Konsumsi satu sendok teh minyak sekali makan.
    • Direkomendasikan tiga sendok teh sehari. Ini bisa dicampurkan ke dalam makanan apapun yang bisa dimakan karena minyak ini punya rasa pahit yang kuat dan sangat kental seperti halnya minyak goreng.Misalnya, mencampurnya dengan madu, air lemon atau teh di dalam wadah.
    • Aduk untuk menutupi rasa yang pahit. Jika ingin menambahkan dalam makanan, maka tinggal tuang satu sendok teh habbatussauda dalam sayuran sebagai pengganti minyak zaitun.
    Selamat mencoba!
     
Loading...

Share This Page