Manfaat Integrasi Marketplace untuk Bisnis Online Kamu!

Discussion in 'Online Business' started by achbarfarizqy, Oct 26, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    54
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Bisnis online memang sangat menjanjikan untuk bisa kamu jalankan, apalagi sekarang kamu dapat menemukan berbagai macam marketplace yang ada di Indonesia.

    Marketplace sendiri sudah sangat populer dan telah memperoleh basis pelanggan yang sangat besar di Indonesia. Hal ini karena marketplace mendapatkan jutaan pelanggan mengunjungi berbagai situs tersebut setiap hari. Kamu dapat memanfaatkan basis pelanggan yang besar terebut tanpa membuat permintaan baru untuk produk kamu.

    Bahkan saat kamu memulai berjualan di marketplace, kamu dapat memiliki akun lebih dari satu. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi bisnis yang sedang kamu jalankan. Berjualan di satu atau lebih marketplace saat ini menjadi pilihan yang sangat tepat, karena banyak para konsumen akan mencari barang tidak hanya dalam satu platform penjualan saja.

    Namun tentunya untuk menghubungkan semua akun tersebut kamu memerlukan sistem integrasi e-commerce yang akan membantu bisnis kamu untuk mengelola setiap akun di marketplace maupun website.

    Dengan sistem integrasi ini memungkinkan kamu untuk mengelola bisnis secara online dari saat pembelian barang, proses untuk sinkronisasi terhadap stok di dalam gudang, proses administrasi untuk pengiriman, membalas chat, serta untuk menyimpan atau merekam segala transaksi dari setiap marketplace.

    Singkatnya, kegiatan bisnis dari semua marketplace akan diatur hanya dalam satu dashboard saja. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot lagi mengurus semua persoalan dari masing-masing marketplace.

    Dalam kondisi seperti apa yang mengharuskan kamu untuk memikirkan integrasi seluruh marketplace?

    1. Ketika kamu memiliki banyak toko di berbagai marketplace namun kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengaturnya.

    2. Saat produk yang dijual dalam berbagai toko marketplace kamu berbeda dengan produk yang ada dalam gudang, sehingga proses update menjadi lama.

    3. Kamu memiliki banyak konsumen tetapi tidak memiliki sistem pengelolaan secara otomatis, sehingga kamu harus membuang banyak waktu untuk mengatur setiap produknya.

    4. Kamu sering mencatat pesanan atau barang yang keluar dan masuk satu per satu.

    5. Kamu tidak memiliki riwayat daftar pelanggan.

    Dengan kamu melakukan integrasi seluruh marketplace, kamu tidak akan merasakan hal tersebut lagi ke depannya. Karena sistem aplikasi akan mampu membantu kamu untuk menghemat waktu proses pengecekan dari stok awal saat pemesanan, hingga proses pencetakan invoice untuk kemudian digunakan sebagai riwayat yang disimpan guna pemberian informasi promosi terbaru.

    Selain itu, adanya data base pelanggan yang telah terekam dalam sistem mampu meningkatkan basket size pelanggan agar pelanggan kamu tetap update dengan segala produk terbaru yang kamu unggah.

    Kamu juga bisa melakukan analisa pasar dengan integrasi sistem ini. Analisa pasar akan mampu memberikan berbagai jenis informasi yang sangat berguna untuk usaha kamu ke depannya. Analisa pasar juga akan meliputi informasi terkait produk terlaris, stok produk yang cepat habis hingga berbagai informasi lain yang sangat berguna untuk kemajuan usaha kamu.

    Kamu juga dapat mengatur admin yang dapat mengakses dasboard aplikasi intergrasi marketplace terhadap usaha yang kamu miliki. Yang paling pasti diantara segalanya, kamu akan sangat mampu meningkatkan efektivitas toko.
     
  2. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    102
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Mantap, artikelnya sangat menarik.:)
     
  3. arissaputro

    arissaputro Member

    Joined:
    Sep 27, 2020
    Messages:
    25
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Mas @achbarfarizqy bagaimana mengintegrasikannya ketika punya lapak di Bukalapak dan Shopee?
    Apa perlu aplikasi tambahan dari pihak ketiga mas?
     
  4. Dyah

    Dyah New Member

    Joined:
    Oct 11, 2020
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sekarang kamu juga bisa melihat market insight di marketplace Indonesia untuk menentukan tempat bejualan online yang tepat
     
    Last edited by a moderator: Dec 1, 2020 at 4:33 PM
Loading...

Share This Page