Manfaat kacang Hijau

Discussion in 'Science' started by Linda Nur Wakidah, Sep 11, 2017.

  1. Linda Nur Wakidah

    Linda Nur Wakidah Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    83
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    Manfaat Kacang Hijau – kacang hijau termasuk ke dalam jenis polong polongan. Kacang hijau biasa dikonsumsi di Indonesia karena banyak kandungan baik yang ada dalam kacang hijau. Kandungan protein nabati yang tinggi membujuk masyarakat untuk mengonsumsi kacang hijau.

    [​IMG]


    Kacang hijau biasanya diolah menjadi bubur, cara yang digunakan termasuk dalam cara yang sederhana. Yaitu dengan merebus kacang hijau hingga berwarna kecoklatan lalu diberi gula untuk menambah rasa dalam kacang hijau.


    Biasanya kacang hijau akan di haluskan dan dijadikan sebagai isi makanan tradisional seperti onde onde, bakpau, atau gandas turi. Untuk menumbuk kacang, dibutuhkan kadar air rendah yang sesuai untuk membuatnya.


    Kacang hijau sangat cocok dikonsumsi oleh seorang ibu yang habis melahirkan serta anak anak. Karena dapat membantu pertumbuhan tulang anak, hal ini disebabkan karena dalam kacang hijau terdapat mineral penting seperti Kalsium dan Fosfor.


    Berikut ini adalah beberapa manfaat yang terkandung dalam kacang hijau :

    • Mengurangi resiko kanker
    Kanker dalam tubuh dapat dikurangi dengan mengonsumsi kacang hijau, karena dalam kacang hijau terdapat kandungan infeksi virus yang memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, kacang hijau juga mengandung banyak klorofil yang dapat memblokir efek karsinogenik yang didapatkan dari pemanggangan daging yang terlalu lama.


    • Mengurangi anemia
    Jika anda penderita anemina, sebaiknya banyak mengonsumsi kacang hijau. Kandungan kacang hijau memiliki zat besi yang tinggi dibandingkan dengan kacang lainnya.


    • Membantu proses diet
    Diet adalah hal yang dilakukan oleh banyak orang untuk mendapat berat badan yang diimpikan. Kacang hijau dapat membantu karena jika mengonsumsi kacang hijau perut akan terasa kenyang dan secara otomatis makanan lain yang dikonsumsi akan sedikit.


    • Menurunkan kolesterol
    Kajang hijau memiliki kandungan kalori yang relative rendah dan memiliki kandungan lemak tak jenuh untuk menjaga kadar kolesterol dalam batas normal.


    • Pertumbuhan tulang
    Kacang hijau yang memiliki kandungan mineral seperti kalsium dan Fosfor dapat membantu pertumbuhan tulang dan mengurangi resiko osteoporosis.


    • Kesehatan jantung
    Untuk kesehatan jantung, kacang hijau berpotensi dapat menyerap lemak dalam pembuluh darah yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung.


    • Menghilangkan bekas jerawat
    Jerawat adalah hal yang paling tidak disukai oleh remaja. Ternyata kacang hijau dapat membantu menghilangkan bekas hitam yang timbul karena jerawat. Dengan merendam segenggam kacang hijau selama semalam, dan tumbuk lalu balurkan ke wajah. Setelah kering, baru cuci menggunakan air bersih.


    • Ibu dan janin
    Seorang ibu hamil dianjurkan agar mengonsumsi kacang hijau, karena dalam kacang hijau terkandung vitamin B1, B2, asam folat, kerbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium, fosfor dan protein yang sangat dibutuhkan oleh ibu dan janin.
     
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. Zachryz

    Zachryz New Member

    Joined:
    Sep 26, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kacang ijo emang bermanfaat untuk diet. Tapi selain kacang ijo ada minuman lain seperti susu kolostrum yang berguna untuk membantu proses diet.
     
  3. Rifa Firmansyah

    Rifa Firmansyah Member

    Joined:
    Oct 8, 2016
    Messages:
    325
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    aku suka tuh kacang hijau kalau dijadikan bubur, selain rasanya nikmat, kacang hicau juga banyak manfaatnya
     
Loading...

Share This Page