Manfaat Kesehatan yang menakjubkan dari Gerakan Shalat

Discussion in 'Health & Medical' started by prinawidia, Mar 18, 2017 at 1:29 PM.

  1. prinawidia

    prinawidia Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    120
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Shalat berasal dari bahasa arab yang artinya do'a. Umat muslim sering melakukannya 5 kali dalam satu hari. Sedangkan shalat menurut istilah yaitu serangkaian kegiatan ibadah khusus atau tertentu yang dimulai dengan Takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Praktik shalat tentunya harus sesuai dengan tata cara yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW didalam haditsnya. Rasulullah SAW bersabda "Shalatlah kalian sesuai dengan apa yang kalian lihat aku mempraktikkannya" (HR. Bukhari-Muslim). Setelah sekian tahun menjalankan shalat, sampai dimana pemahaman kita mengenai shalat? Ternyata gerakan-gerakan shalat yang kita lakukan memiliki manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat kesehatannya SubhanAllah*wow1*

    Pertama, Takbiratul Ihram

    [​IMG] [​IMG] [​IMG]
    Takbiratul ihram adalah gerakan pertama dari shalat. Manfaat kesehatan dari gerakan ini adalah dapat melancarkan aliran darah, getah bening dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung yang berada dibawah otak dapat melancarkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Pada saat mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga otot bahu anda akan meregang sehingga aliran darah yang kaya dengan oksigen menjadi lancar. Sikap tangan yang di dekapkan dibawah perut dapat menghindari dari berbagai gangguan persendian.

    Kedua, Rukuk

    [​IMG]

    Postur tubuh pada saat melakukan gerakan rukuk dapat menjaga posisi dan fungsi tulang belakang yaitu sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. Posisi jantung yang sejajar dengan otak ketika rukuk dapat memaksimalkan aliran darah pada tubuh bagian tengah, sedangkan lengan yang bertumpu pada lutut memiliki fungsi sebagai relaksasi dari otot-otot bahu ke bawah. Kemudian, rukuk juga dapat mencegah gangguan prostat dan gangguan kandung kemih.

    Ketiga, Iktidal

    [​IMG]

    Ini adalah gerakan yang biasa dilakukan setelah rukuk dan sebelum sujud pada shalat. Gerakan berdiri bungkuk berdiri kemudian sujud ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Gerakan iktidal dapat berpengaruh positif pada sistem pencernaan agar bekerja dengan baik. Organ-organ pencernaan dalam perut yang mengalami pelonggaran dan pemijatan secara alami dapat memperlancar saluran pencernaan.

    Keempat, Sujud

    [​IMG]

    Posisi sujud pada saat shalat dapat melancarkan aliran getah bening yang dipompa ke bagian ketiak dan leher. Posisi jantung yang berada diatas otak dapat menyebabkan darah yang kaya dengan oksigen mengalir secara maksimal menuju ke otak. Aliran darah yang menuju ke otak tersebut sangat berpengaruh pada daya ingat seseorang yang melakukannya. Selain itu, gerakan sujud juga dapat menghindarkan anda dari gangguan wasir.

    Kelima, Duduk / Tasyahud akhir

    [​IMG]
    Posisi duduk ini dapat menghindarkan anda dari nyeri pada pangkal paha yang menyebabkan penderitanya tidak mampu untuk berjalan. Posisi tasyahud akhir sangat bermanfaat sekali bagi pria maupun wanita terutama pria sih:D Mengapa? Karena tumit dapat menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria dan saluran vas deferens. Gerakan dalam shalat inilah yang mampu menjaga kelenturan serta kekuatan organ-organ gerak anda.

    Keenam, Salam

    [​IMG]
    Gerakan yang biasanya memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal ini adalah gerakan yang dinamakan salam. Manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari gerakan salam dalam shalat ini yaitu relaksasi disekitar otot-otot leher dan kepala yang dapat menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini juga dapat mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah secara alami.

    Terlepas dari manfaat-manfaat kesehatan dari gerakan shalat tersebut, anda sebagai umat muslim tidak bisa melakukan gerakan shalat dengan niat ingin menjaga kesehatan. Tetapkanlah niat dalam shalat tersebut semata-mata untuk meminta keridhaan dari Allah SWT yang maha pemberi kesehatan kepada seluruh umat islam di dunia*cinta*Manfaat kesehatan lainnya bis anda dapatkan dari buah dan daun sirsak yang dapat mengatasi kanker, dimana kanker merupakan suatu penyakit yang mematikan pada manusia.
     
    wrep17 likes this.
  2. yayu19

    yayu19 Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    152
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
  3. prinawidia

    prinawidia Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    120
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Iya benar sekali, tapi jangan ubah niat shalat untuk kesehatan yah :D*ketawa3*
     
  4. yayu19

    yayu19 Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    152
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Iyalah, berarti rugi banet orang yang ninggalin solat ya :confused: , de @Leli lailatinur tuh baca bagus buat nambah ilmu
     
  5. prinawidia

    prinawidia Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    120
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Iya memang benar, pasti rugi banget:(
     
    yayu19 likes this.
  6. BangNasti

    BangNasti Active Member

    Joined:
    Dec 28, 2016
    Messages:
    123
    Likes Received:
    38
    Trophy Points:
    28
    sering dengar tentang manfaat gerakan sholat..
    tapi disini di bahas lengkap..

    luar biasa...

    *akhirnya*
     
  7. prinawidia

    prinawidia Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    120
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Terharu yahh*nangis1**nangis2*
     
  8. Leli lailatinur

    Leli lailatinur Member

    Joined:
    Mar 8, 2017
    Messages:
    47
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Maaf mba @yayu19 de leli baru dateng *wow2*Luar biasa sekali manfaatnya mba *akhirnya*
     
  9. prinawidia

    prinawidia Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    120
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Kemana aja baru datang nek ?*senang*
     
  10. yayu19

    yayu19 Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    152
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Kamu itu yah, baru pulang manggung ya hehe
     
  11. Leli lailatinur

    Leli lailatinur Member

    Joined:
    Mar 8, 2017
    Messages:
    47
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Mba @yayu19 tuh @prinawidia panggil de leli nenek *tunggu*
     
  12. yayu19

    yayu19 Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    152
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
  13. Leli lailatinur

    Leli lailatinur Member

    Joined:
    Mar 8, 2017
    Messages:
    47
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Iya tuh mba @prinawidia mau di nyanyiin lagi gak mba @yayu19 *patpatdance*
     
  14. prinawidia

    prinawidia Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    120
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Ngomong opo too kalian ini *floating**taichi**happydancing*
     
  15. yayu19

    yayu19 Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    152
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    tarik mang *floating**happydancing**patpatdance**music*
     
  16. prinawidia

    prinawidia Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    120
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
  17. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,548
    Likes Received:
    143
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Emang gerakan sholat mengandung sejuta makna...
    Yang jelas membawa ketenangan hati... adem ..
     
  18. Dewalagu

    Dewalagu New Member

    Joined:
    Sunday
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  19. prinawidia

    prinawidia Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    120
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Terlepas dari berbagai pendapat, shalat tetaplah suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh umat muslim di dunia
     
  20. prinawidia

    prinawidia Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    120
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Terimakasih kembali semoga bermanfaat
     
Loading...

Share This Page