Manfaat membaca buku bagi kehidupan kita

Discussion in 'Education' started by Imam Fahrudin, Feb 9, 2018.

  1. Imam Fahrudin

    Imam Fahrudin New Member

    Joined:
    Sep 12, 2015
    Messages:
    17
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Manfaat membaca buku yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang. Membaca merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat. Selain dapat menambah wawasan, ternyata ada banyak manfaat membaca yang mungkin jarang diketahui orang. Apa saja manfaat membaca khususnya membaca buku bagi kehidupan anda? untuk mengetahui selengkapnya mari simak ulasannya berikut ini:

    1. Mencegah stres

    Ternyata membaca bukan hanya dapat menambah pengetahuan kita saja, akan tetapi aktivitas membaca ternyata dapat mencegah stres. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang menunjukkan bahwa ternyata kegiatan membaca dapat mengurangi perkembangan hormon kortisol yang merupakan hormon stres. Bahkan membaca telah dikaitkan dengan penurunan hingga stres 67%.

    2. Meningkatkan kinerja otak

    Seperti bagian tubuh yang lainnya, ternyata otak membutuhkan latihan agar kemampuannya bisa terasah, dan salah satu cara untuk meningkatkan kinerja otak adalah dengan membaca. Membaca akan membuat otak menjadi berpikir sehingga kemampuannya akan menjadi lebih baik. Pastikan anda memiliki waktu membaca setidaknya dua hari sekali untuk meningkatkan kemampuan otak.

    3. Tingkatkan daya ingat


    Membaca ternyata bukan hanya meningkatkan kinerja otak saja, akan tetapi memiliki banyak manfaat lainnya dan salah satu manfaatnya adalah meningkatkan kapasitas memori. Dengan membaca, maka ada banyak informasi yang akan kita Simpan di memori kita sehingga otak akan terbiasa mengingat sesuatu. Hal ini ternyata berefek sangat baik sekali untuk kesehatan otak, dan mungkin juga akan berpengaruh besar dalam mencegah penyakit alzheimer.

    4. Melatih berpikir dan menganalisa

    Terkadang saat membaca buku kita akan menemukan berbagai macam masalah yang menuntut kita untuk berpikir dan menganalisa. Hal ini akan meningkatkan kemampuan analisa kita dalam memecahkan masalah dalam dunia nyata. Jadi bisa dikatakan dengan membaca buku maka kemampuan kita memecahkan masalah dan kreativitas kita akan lebih baik dibandingkan tidak membaca buku.

    5. Meningkatkan ketrampilanmenulis

    Manfaat membaca yang selanjutnya adalah meningkatkan keterampilan menulis. Membaca buku akan membuat kita memiliki kemampuan dalam menulis yang lebih baik setidaknya dibandingkan mereka yang tidak. Hal ini dikarenakan saat membaca buku maka akan ada banyak kosakata yang akan kita hafal. Beberapa istilah dan juga gaya bahasa menulis juga bisa kita kuasai. Hal ini tentunya sangat penting sekali digunakan untuk menulis sesuatu.

    6. Meminimalisir waktu yang tidak bermanfaat

    Kadang saat kita menganggur maka akan ada banyak waktu yang kita buang begitu saja. Apalagi jika kita melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Dengan kita memiliki hobi membaca maka waktu waktu luang kita akan kita isi dengan membaca sehingga meminimalisir waktu tidak bermanfaat. Salah satu manfaat membaca yang satu ini dapat dirasakan terutama bagi mereka yang benar-benar hobi membaca.

    7. Membantu mewujudkan cita-cita


    Selain mendapatkan pengetahuan yang banyak dari buku yang kita baca yang itu sangat berguna dalam kehidupan kita di masa depan, dengan membaca maka kita akan menjadi lebih bersemangat. Hal ini tentunya akan berguna bagi kita dalam meraih cita-cita. Membaca berbagai macam biografi tokoh terkenal terkadang membuat kita termotivasi sehingga akan meningkatkan semangat dan juga Daya juang kita. Tentunya hal ini akan berdampak positif bagi kita dalam meraih cita-cita.

    Demikian tadi ulasan informasi mengenai manfaat membaca buku bagi kehidupan kita. Setelah anda mengetahui manfaat membaca buku di atas? Apakah anda masih malas membaca?

    Sumber: Cara Profesor
     
Loading...

Share This Page