Manfaat Mentimun Untuk Hipertensi

Discussion in 'Health & Medical' started by Ani Nuraeni, Nov 10, 2017.

  1. Ani Nuraeni

    Ani Nuraeni Member

    Joined:
    Jul 12, 2017
    Messages:
    137
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis dimana tekanan darah kita di pembuluh darah (dinding arteri) meningkat atau naik. Dari keadaan tekanan darah biasanya di kenal sebagai pembunuh diam-diam atau sillent killer, karena gejala tekanan darah tinggi kurang jelas. Jika Anda ingin mengetahui tekanan darah Anda, Anda bisa mengukur tekanan darah atau tensi.

    Sekilas Tentang Mentimun

    Mentimun atau tanaman yang memiliki nama latin Curcumin Sativus adalah salah satu jenis sayuran yang dapat di percaya mengatasi sumber masalah penyakit darah tinggi atau hipertensi oleh semua kalangan masyarakat. Mentimun ini sudah ada di wilayah Asia sekitar 300 tahun yang lalu, maka seluruh masyarakat wilayah Asia sudah tidak asing lagi dengan sayuran mentimun. Sayuran seperti ini dapat di konsumsi secara mentah dan dapat di sajikan sebagai bahan tambahan masakan seperti sayur lodeh dan mentimun juga dapat di jadikan sebagai bahan kecantikan seperti masker untuk perawatan wajah. Mentimun memiliki beberapa macam jenis seperti mentimun krai, mentimun suri, mentimun turus dan mentimun watang, dari beberapa jenis tersebut memilik bentuk atau karakter yang berbeda, namun dari bentuk yang berbeda tetapi banyak yang di kenal bahwa mentimun memiliki bentuk atau karakter yang lonjong dan berwarna hijau dan mentimun juga memiliki kandungan aktif seperti Asam Kafeat, Asam linoleat, vitamin C, dan vitamin E.

    Khasiat Mentimun Penurun Darah Tinggi

    Mentimun menjadi satu buah yang memiliki khasiat menurunkan darah tinggi, sehingga bisa mencegah dan mengatasi terjadinya tekanan darah tinggi. Kandungan yang terkandung dalam buah mentimun bisa berkurang karena kandungan potassium, magnesium dan seratnya tinggi. Ketiga kandungan ini dipercaya bisa menurunkan tekanan darah di tubuh. Kalium tinggi dalam mentimun dapat membantu menurunkan darah tinggi dengan baik. Salah satu jenis mineral ini memiliki peran yang sangat penting untuk mengontriol tekanan darah dalam tubuh. Antioksidan dalam mentimun yang dihasilkan dari vitamin C di dalamnya juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Mentimun juga mengandung kandungan sodium, namun kandungan sodium dalam mentimun sangat rendah. Jika tubuh memiliki banyak sodium, tubuh akan terserang tekanan darah tinggi, jika itu terjadi, akan sulit untuk disembuhkan. Dengan kadar sodium rendah, buah mentimun bisa mencegah dan mengatasi terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain kalium tinggi dan rendah sodium, mentimun juga memiliki manfaat untuk pengendalian berat badan. Mengkonsumsi mentimun secara teratur bisa menurunkan berat badan dan bisa terhindar dari masalah obesitas yang banyak terjadi. Dengan berat badan turun, atau memiliki berat badan normal maka itu mungkin, tekanan darah di tubuh juga akan turun dan bisa menjadi normal kembali.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan menjadi penambah wawasan pengetahuan Anda.
     
  2. Sifanurfadilah

    Sifanurfadilah Member

    Joined:
    Nov 4, 2017
    Messages:
    54
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    8
    Murah tapi manfaatnya sangat baik ya, bukan hanya akibat hipertensi, akibat pengaruh Alkohol juga bisa loh, dulu ada temen mabok miras dikasih mentimun pusingnya berkurang
     
  3. Yayan Casper

    Yayan Casper Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    612
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    banyak banget manfaat timun yak, selain untuk kecantikan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, mantap lah
     
  4. Ani Nuraeni

    Ani Nuraeni Member

    Joined:
    Jul 12, 2017
    Messages:
    137
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Iya betul sekali mba :)
     
  5. Ani Nuraeni

    Ani Nuraeni Member

    Joined:
    Jul 12, 2017
    Messages:
    137
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Mantap betul bro mentimun banyak sekali manfaatnya :D
     
  6. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    177
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    serbaguna emang timun, banyak manfaatnya dan murah pula :D
     
  7. tasjebret

    tasjebret New Member

    Joined:
    Oct 25, 2017
    Messages:
    24
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kalo nenek ane dulu buat darah tinggi pake air rebusan daun alpukat :)
     
  8. Ani Nuraeni

    Ani Nuraeni Member

    Joined:
    Jul 12, 2017
    Messages:
    137
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Betul sekali mas *bergaya*
     
  9. Ani Nuraeni

    Ani Nuraeni Member

    Joined:
    Jul 12, 2017
    Messages:
    137
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Memang betul rebusan air daun alpukat bisa untuk hipertensi *bagus*
     
  10. Kurniawati

    Kurniawati Member

    Joined:
    Nov 10, 2017
    Messages:
    49
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Bener tuh, daun alpukat dan daun sirsak juga bisa, hanya ribet perlu ngerebus dulu, kalau timun kan beli langsung tinggal cuci aja, bisa dimakan langsung tanpa di olah
     
Loading...

Share This Page