Manfaat Nata De Coco Bagi Tubuh Manusia

Discussion in 'Health & Medical' started by tomikel56, Mar 22, 2017.

  1. tomikel56

    tomikel56 Member

    Joined:
    Mar 22, 2017
    Messages:
    31
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Nata de coco adalah produk dari fermentasi air kelapa dengan bantuan aktivitas bakteri acetobacter xylinum. Jenis makanan ini mirip dengan kolang-kaling, biasanya nata de coco digunakan sebagai makanan penutup. Makanan ini juga dapat digunakan sebagai manisan, pengisi es krim, yogurt, jelly, dan agar-agar.

    Proses pembuatan nata de coco melalui proses yang cukup panjang mulai dari pemasakan hingga fermentasi. Supaya lebih pratis anda dapa menggunakan mesin nata de coco dan mesin perajang nata de coco.

    Nata de coco adalah produk dari air kelapa yang mengandung kadar serat tinggi. Serat yang terkandung dalam nata meliputi selulosa, hemiselulosa, lignin, dan serat larut air. Maka dari itu nata de coco dapat mencegah dan meminimaalkan terjadinya beberapa penyakit.

    Manfaat dari nata de coco adalah sebagai penurun kolesterol, glukosa darah pada penderita diabetes mellitus, mencegah konstipasi, mengendalikan berat badan (mencegah obesitas), mencegah kanker kolon, dan bermanfaat pada mikroflora di usus besar.

    Nata de coco merupakan makanan kesehatan yang kaya serat, tetapi rendah kalori. Nata de coco mengandung air sekitar 98%, lemak 0.2%, kalsium 0.012%, fosfor 0.002%, dan vitamin B3 0.0017% (Nurheni et al., 1990).

    Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa serat dalam makanan ini dapat digunakan untuk penurunan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit kanker.
    Berikut ini adalah manfaat dari nata de coco bagi kesehatan tubuh manusia.

    1. Mengatasi Sembelit

    Salah satu manfaat manfaat nata de coco adalah untuk memperlancar buang air besar. Serat yang terkandung di dalam nata de coco akan mencegah dan mengurangi konstipasi karena serat yang terkandung dapat menyerap air ketika melewati saluran pencernaan sehingga meningkatkan ukuran feses.

    2. Mencegah Diabetes

    Serat yang ada di dalam nata de coco sangat dibutuhkan dalam proses fisiologi bahkan dapat membantu para penderita diabetes dan memperlancar penyerapan makanan di dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi akan memiliki pengaruh pada penurunan kolesterol, trigliserida, LDL, meningkatkan HDL. Serat memiliki kemampuan untuk mencegah kanker kolekteral dan menurunkan profil glukosa pada penderita diabetes mellitus.

    3. Mencegah Obesitas

    Serat nata de coco akan tinggal dalam saluran pencernaan dalam waktu relatif singkat sehingga absorpsi zat makanan berkurang. Makanan dengan kandungan serat kasar relatif tinggi biasanya mengandung kalori rendah, kadar gula dan lemak rendah yang dapat membantu mengurangi terjadinya obesitas.

    4. Mencegah Kanker Kolon

    Serat nata de coco akan meningkatkan ukuran feses dan menyelubungi komponen penyebab kanker di dalam feses. Serat akan mempersingkat waktu lewatnya sisa pencernaan pada saluran pencernaan sehingga mengurangi paparan dinding usus terhadap karsinogen (penyebab kanker).

    5. Menurunkan Kolestrol

    Mekanisme hipokolesterolemi nata de coco terjadi dalam beberapa cara, antara lain yaitu melalui mekanisme penundaan pengosongan lambung atau menjaga rasa kenyang dan asupan kalori berkurang serta sekresi insulin berkurang yang diikuti dengan penghambatan kerja enzim HMG-KoA reduktase sehingga sintesis kolesterol menurun.

    Serat larut air akan mengikat asam kenodeoksikolat yang akan menghambat kerja enzim HMG-KoA reduktase, hingga sintesis kolesterol menjadi berkurang. Lignin dan pektin akan mengikat asam empedu dan membentuk formasi misel yang selanjutnya akan diekskresikan bersama feses dan serat pangan di kolon akan difermentasikan menghasilkan asam lemak rantai pendek seperti asetat, propionat, dan butirat yang kemudian masuk sirkulasi darah menuju hati, kemudian propionat akan menghambat kerja enzim HMG-KoA reduktase yang menghambat sintesis kolesterol di hati (Izadi et al., 2012)

    Itu tadi beberapa manfaat dari nata de coco semoga dapat manambah informasi bagi kita semua sekian dan terimaksih.

    sumber
     
  2. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,726
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Banyak juga ya Manfaat dan khasiatnya.. sukurlah apalagi saya doyan juga tuh gan makan nata decoco..:D
     
  3. Dewalagu

    Dewalagu Member

    Joined:
    Mar 19, 2017
    Messages:
    63
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    rasanya enak see tapi disini jarang menemukannya
     
  4. tomikel56

    tomikel56 Member

    Joined:
    Mar 22, 2017
    Messages:
    31
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    siip manteb samaan dong:D:D
     
  5. tomikel56

    tomikel56 Member

    Joined:
    Mar 22, 2017
    Messages:
    31
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    nunggu bulan puasa gan heheh
     
  6. akhdi

    akhdi Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    36
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page